Berbeda dengan tulisan tangan, apalagi yang menggunakan alat tulis permanen, jika terjadi kesalahan, cukup sulit untuk memperbaikinya dengan rapi tanpa meninggalkan bekas.

Tapi bukan berarti mengetik tidak bisa berakhir buruk. Memang benar bahwa menulis dengan tangan memiliki banyak keuntungan, tetapi mengetik kadang-kadang bisa mengganggu.

Misalnya ketika kita diberi tugas di sekolah atau kampus, kemudian kita mencari link atau ide di internet. Kebanyakan orang langsung menyalin teks dari web ke Word.

Penyebab Ruangan Kotor

Di sinilah masalahnya, terkadang ketika Anda menempelkan teks menjadi berantakan dan salah.

Sebagian besar jarak antar kata diregangkan dan lebih lebar dari yang seharusnya. Tentu saja hal itu terlihat mengganggu dan membuatnya terlihat tidak rapi.

Tapi menyalin dan menempel dari web bukan satu-satunya alasan teks di Word bisa membingungkan. Terkadang masalah ini terjadi saat kita membuka file dokumen di versi Word yang berbeda.

Misalnya, dokumen yang kita buat dan cetak di Word 2007 kemudian dibuka di versi 2003. Ada kemungkinan akan terjadi kesalahan dan ejaan menjadi salah.

Lihat juga: Cara mengonversi PDF ke Word.

Lalu bagaimana cara mengatasi setiap kata dalam kata yang lepas akibat spasi yang terlalu banyak? Mungkin anda yang pernah mengalami hal ini frustasi karena tidak menemukan solusinya.

Jika mengoreksi satu per satu dan kata demi kata, tentu akan memakan waktu yang sangat lama.

Satu halaman saja akan sangat sulit, apalagi jika lebih dari 1 halaman bahkan puluhan. Dia mungkin yang pertama pingsan jika kami merapikannya dengan tangan, kata demi kata.

Cara Memperbaiki Spasi yang Berantakan di Word

Tapi jangan khawatir, teknoinside selalu punya cara untuk mengatasi spasi, ejaan yang berantakan di Word, spasi panjang yang terkadang hilang karena disalin dari web atau sejenisnya.

Baca juga:   3+ Cara Mematikan Smadav Sementara / Permanen: 2022

Dengan panduan ini, Anda akan dapat menyesuaikan dan menghapus spasi yang tidak rata antar kata untuk memperbaiki spasi dengan lebih mudah dan lebih cepat.

1. Gunakan fitur Temukan dan Ganti.

Padahal, cara ini sangat sederhana dan tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun.

Kami hanya akan menggunakan fitur Find and Replace yang sudah ada di Microsoft Word. Silakan ikuti panduan berikut untuk memperbaiki kesalahan pemformatan teks kata dengan terlalu banyak spasi.

1. Langkah pertama adalah memilih atau mengunci semua teks yang berantakan dengan menekan CTRL+A. Kemudian Anda pergi ke menu rumah lalu di tab gaya pilih Hapus pemformatan.

Bagaimana menyingkirkan kekacauan dan spasi di Microsoft Word

2. Selanjutnya, kita akan menyesuaikan dan memperbaiki jarak antar kata yang terlalu banyak. Kami memanfaatkan peluang Temukan dan ganti, akses melalui CTRL+H. Kolom pertama diisi 2 spasi, kolom kedua diisi 1 spasi, lalu pilih Menggantikan semua.

Bagaimana menyingkirkan kekacauan dan spasi di Microsoft Word
Bagaimana menyingkirkan kekacauan dan spasi di Microsoft Word

3. Ulangi cara di atas sampai semua yang menunjukkan angka 0 diganti.

4. Selamat, sekarang Anda sudah mengetik di Microsoft Word dengan rapi dan tanpa bingung.

2. Ubah jenis file penyimpanan

Anda mungkin pernah membuka file dokumen Microsoft Word 2007 menggunakan Word 2003. Akibatnya tampilan akan terlihat berantakan, tidak seperti saat dibuat.

Ini karena versi Ms Word yang digunakan berbeda, jadi fiturnya tidak sama. Solusi terbaik adalah dengan terlebih dahulu mengubah jenis penyimpanan agar sesuai:

1. Pertama buka file dokumen yang disamarkan.

2. Kemudian klik tab menu file dan pilih Simpan sebagai.

menangani dokumen teks yang berantakan

3. Selanjutnya klik pada opsi Simpan sebagai tipe.

menangani dokumen teks yang berantakan
menangani dokumen teks yang berantakan

4. Ubah ke Dokumen Word 97-2003.

menangani dokumen teks yang berantakan

5. Terakhir, klik saja Menyimpan untuk menyimpannya.

6. Sekarang coba buka file baru lagi, harus rapi.

Baca juga:   2 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Google Drive

3. Ubah pengaturan di versi 2010 ke atas.

Tips berikut ini tidak kalah mudah dan sederhana. Karena kita hanya perlu melakukan sedikit penyesuaian pada pengaturan file.

Fungsinya agar dokumen bisa dibuka secara normal walaupun ada fitur yang tidak didukung oleh Word 2007 ke bawah. Untuk tutorialnya silahkan lihat dibawah ini :

1. Buka file dokumen di Microsoft Word 2010 ke atas.

2. Kemudian klik tab menu fileuntuk memilih Informasi dan tekan Periksa masalah, Periksa Kompatibilitas.

menangani dokumen teks yang berantakan

3. Pastikan kedua opsi untuk versi 2003-2007 dan 2010 dicentang, lalu BAGUS.

menangani dokumen teks yang berantakan

4. Dengan cara ini, file tidak lagi kotor meskipun dibuka di versi Word yang berbeda.

4. Paket Layanan 3 (SP3) untuk Microsoft Office Suite

Ada cara lain yang dapat Anda gunakan untuk menangani kata-kata dengan ruang kotor karena versi perangkat lunak yang berbeda. Anda dapat langsung mencoba menginstal 2007 Microsoft Office Suite Service Pack 3.

Fungsinya untuk membuat fitur Word versi 2010 ke atas tersedia melalui Word versi 2007. Download filenya terlebih dahulu lalu instal seperti biasa.

Kesimpulan

Saat kita membuka Word, doc, dokumen docx, terkadang muncul tempat-tempat kotor. Ruang yang ceroboh dan jarang, dan ruang yang hilang, dan ruang yang panjang, dan hal-hal lain yang tidak enak dipandang. Maka lima langkah di atas cukup efektif untuk memperbaiki ruang yang berantakan di Word.

Bagi anda yang ingin mengconvert word ke pdf. Anda juga bisa mencobanya karena terkadang malah membuat berantakan.

Berikut cara mengatasi tulisan berantakan di Word karena wspacing terlalu besar. Tutorial diatas bisa menjadi solusi untuk kata kata yang terlalu longgar sehingga salah.

Baca juga:   15 Cara Edit Foto di Fotor: Gratis, Terbaik, Fitur Keren

Semoga tips kali ini dapat membantu Anda membersihkan teks yang diketik dengan kesalahan, karena disalin dari Internet. Jika ada yang ingin ditanyakan, lihat saja di komentar.


https://storyforgeproductions.com