Saat kita menggunakan komputer, terkadang kita menemui berbagai pelanggaran dan masalah tertentu.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu masalah yang muncul saat menggunakan komputer atau laptop.

Contoh masalah yang akan saya bahas kali ini adalah komputer tidak bisa masuk ke BIOS, atau bisa juga disebut gagal booting.

Ketika komputer Anda tidak dapat masuk ke BIOS, maka komputer Anda tidak dapat digunakan sama sekali karena tidak dapat masuk ke beranda Windows.

Saat komputer tidak bisa masuk ke menu BIOS, muncul tampilan biru di layar disertai error, hal ini sering disebut dengan istilah Layar biru. Layar biru inilah saatnya komputer anda akan otomatis restart dan layar komputer anda akan terisi warna biru dengan tulisan.

Karena saya tidak bisa masuk ke BIOS

Ada berbagai alasan dan kondisi yang menyebabkan kesalahan terjadi pada komputer kita. layar biru dan saya tidak bisa masuk ke bios.

Anda tidak perlu khawatir, karena selain faktor penyebab komputer tidak masuk ke BIOS, ada juga cara untuk mengatasi masalah ini.

Menggunakan metode tertentu, Anda dapat memulihkan komputer Anda seperti sebelumnya.

1. Masalah BIOS

Faktor pertama yang menyebabkan komputer Anda tidak dapat masuk ke BIOS adalah masalah pada BIOS komputer Anda.

Masalah BIOS ini menyebabkan komputer Anda tidak dapat masuk ke BIOS.

2. Perangkat lunak tidak kompatibel

Perangkat lunak yang tidak kompatibel yang Anda instal juga dapat menyebabkan masalah dalam bentuk komputer. Perangkat lunak yang tidak kompatibel dapat mencegah komputer Anda memasuki BIOS.

Bisa jadi software yang baru saja Anda instal, atau bisa juga software yang sudah lama Anda instal dan kemudian terjadi error.

3. Hard drive tidak terdeteksi

Selain BIOS, perangkat keras yang tidak terdeteksi oleh komputer juga dapat menyebabkan komputer Anda tidak dapat masuk ke BIOS. Hard drive adalah bagian yang sangat penting yang mempengaruhi komputer Anda.

Baca juga:   8 Cara Mengirim Email Gmail di HP dan Laptop PC

Hard drive juga mempengaruhi boot komputer kita. Jika Anda tidak bisa masuk ke BIOS karena harddisk, maka saat Anda menyalakannya akan muncul pesan “Disk Boot Failure”.

4. Masalah dengan memori dan VGA

Selain masalah hardisk, memory dan VGA pada komputer juga dapat menyebabkan komputer tidak masuk ke BIOS dan tidak menyala.

Jika memang benar masalahnya ada di memory, maka saat menyalakan komputer akan berbunyi bip berulang kali, simak arti dari bunyi bip tersebut. Dan jika VGA yang menyebabkan masalah ini, maka akan muncul di layar komputer Anda yang tidak ingin menampilkan tampilan tersebut.

5. Penggunaan komputer yang berlebihan

Penggunaan komputer yang berlebihan dapat menyebabkan komputer menjadi terlalu panas. Overheating pada komputer ini dapat menyebabkan kesalahan komputer dan bahkan kerusakan.

Tanda-tanda komputer Anda rusak karena penggunaan terus menerus adalah komputer Anda tidak bisa lagi masuk ke Windows, atau ini juga bisa disebut boot failure.

6. Hard disk atau sistem Windows rusak

Jika salah satu file sistem Windows hilang, komputer Anda akan mengalami masalah dan tidak dapat melakukan booting secara normal.

Selain file system windows yang corrupt, hardisk yang corrupt juga dapat berdampak buruk pada komputer kita, hardisk yang mulai melengkung dapat menyebabkan komputer gagal booting.

7. Komputer terinfeksi virus

Ada berbagai jenis virus, dan ada juga virus yang mencegah komputer melakukan booting. Komputer yang diserang virus akan rusak. Solusinya mungkin menggunakan aplikasi antivirus di PC terbaik.

Virus dapat menyebabkan komputer yang rusak tidak dapat masuk ke BIOS secara normal. Hal inilah yang membuat komputer kita tidak bisa booting dan tidak bisa masuk Windows.

Cara mengatasi masalah laptop yang tidak bisa masuk ke BIOS

cara mengatasi tidak bisa masuk bios

Untuk mengatasi masalah pertama, yang menyebabkan komputer tidak dapat masuk ke BIOS, Anda perlu menggunakan metode untuk mengatasi masalah ketidakmampuan untuk masuk ke BIOS.

Baca juga:   10+ Cara Menghapus Semua Status FB di HP & Laptop

1. Perbaiki masalah hard drive

Harddisk yang tidak terbaca menyebabkan komputer tidak bisa masuk ke BIOS. Anda dapat menggunakan metode berikut untuk mengatasi masalah ini:

  • Pastikan kabel SATA atau IDE yang ada di CPU terhubung dengan benar.
  • Pastikan pengaturan antara Slaver dan Mastern di bagian Jumper tidak tercampur.
  • Verifikasi bahwa hard drive telah terdeteksi oleh BIOS.
  • Pastikan hard drive berfungsi dengan baik. Jika hard drive berfungsi dengan baik, maka akan bergetar saat disentuh.

2. Kami mencari tombol untuk masuk ke BIOS

Mungkin ketika Anda tidak bisa masuk ke bios karena Anda menekan tombol yang salah. Karena jika salah tidak akan masuk bios dan beralih ke tampilan lain, bahkan mungkin masuk Windows.

Berikut cara masuk bios semua merk laptop yang bisa kamu coba sekarang juga.

masuk bios
masuk bios laptop

3. Mengatasi download karena masalah software

  1. Masuk ke Mode Aman
  2. Saat komputer menyala, tekan tombol
  3. Periksa perangkat lunak yang menurut Anda menyebabkan komputer Anda gagal untuk boot.
  4. Hapus perangkat lunak yang Anda anggap berbahaya dan mencurigakan.
  5. Buka Panel kendali di komputer Anda.
  6. Hapus program yang mencurigakan.
  7. Kemudian restart komputer Anda.

4. Memecahkan masalah memori dan VGA

  1. Pertama, lepaskan kartu VGA dan memori di komputer Anda.
  2. Bersihkan kartu VGA dan memori dengan kain bersih dan lembut.
  3. Setelah itu, pasang kembali memori dan VGA.
  4. Jika cara di atas tidak berhasil, coba pasang memori di slot yang berbeda.
  5. Jika komputer Anda memiliki lebih dari satu memori, maka Anda harus terlebih dahulu menghapusnya satu per satu, lalu menginstalnya satu per satu.
  6. Jika cara di atas masih tidak berhasil dan Anda masih mendengar bunyi beep CPU, maka Anda harus mengganti VGA dan memori dengan yang lain terlebih dahulu.
  7. Jika status CPU komputer Anda terlihat bagus dan berfungsi dengan baik, tetapi monitor tidak menampilkannya, Anda perlu mengganti VGA pada monitor.
Baca juga:   6 Cara Tukar Poin Telkomsel dan Cara Cek Poin (Terbaru 2022)

5. Cara Mengatasi Komputer Overheat

  1. Buka CPU, lalu cek kondisi heatsink dan kipas prosesor pada CPU apakah berfungsi dengan baik atau tidak.
  2. Jika kipas masih berputar, berarti kipas prosesor masih berfungsi dengan baik, artinya kipas prosesor tidak bermasalah.
  3. Jika kipas tidak berputar, coba bersihkan prosesor kipas. Karena kipas yang kotor dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.

6. Cara menang karena file rusak

  1. Periksa status memori dengan melepaskan hard drive yang terhubung ke CPU.
  2. Setelah Anda memeriksa kondisi hard drive, kembalikan ke posisi semula.
  3. Coba masuk ke menu BIOS.
  4. Kemudian ganti boot pertama pada DVD-ROM atau Flashdisk,
  5. Selanjutnya, restart komputer Anda.
  6. Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, jika yang Anda lakukan sudah benar, maka akan muncul perintah “pres any key to boot…”. Anda dapat menekan tombol apapun yang Anda inginkan.
  7. Kemudian klik “Perbaiki komputer Anda”.
  8. Lanjutkan proses restore, lalu tunggu hingga selesai.
  9. Jika ini tidak berhasil setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda perlu menginstal ulang sistem operasi komputer Anda.

7. Cara mengatasi karena virus

  1. Masuk ke Windows menggunakan Safe Mode (mode aman).
  2. Buka dan jalankan antivirus Anda.
  3. Kemudian scan komputer Anda dengan antivirus, tunggu prosesnya sampai selesai.
  4. Setelah itu, jika terdeteksi virus berupa malware dan virus lainnya, Anda harus segera menghapus program atau file yang terkena virus tersebut.
  5. Setelah itu, restart komputer Anda.

Kesimpulan

Beberapa penyebab umum adalah karena informasi yang salah saat mencoba masuk ke BIOS. Misalnya, Anda harus menekan tombol f6, tetapi menekan tombol lain. Maka Anda perlu memastikan bahwa tombolnya benar dan benar.

Mungkin cukup sekian dari yang saya tulis cara mengatasi komputer tidak masuk BIOS. Selain tujuh alasan di atas, mungkin ada alasan lain yang belum diketahui. Jika Anda adalah alasan selain di atas, silakan tulis di komentar.


https://storyforgeproductions.com