Pernahkah Anda menghadapi masalah tidak dapat mengunduh aplikasi dari PlayStore karena kelebihan memori? Ada pesan”Ruang tidak cukup pada perangkat“walaupun memori internalnya masih banyak?

Memiliki handphone dengan sistem operasi memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi yang memilikinya, hampir semua jenis aplikasi dapat kita download dan install secara gratis langsung dari Google PlayStore.

Sebenarnya masalah yang saya tanyakan di atas tidak berkaitan dengan kesalahan sistem atau kerusakan pada ponsel android anda.

Namun hal ini bisa saja terjadi karena sisa memori internal yang digunakan untuk sistem sudah mencapai batas kapasitas minimal yang ditentukan oleh produsen smartphone.

Atau memang anda loading lebih dari ruang memori yang tersisa, sangat wajar jika muncul pesan error seperti di atas.

Hal ini bisa terjadi pada semua perangkat Android mulai dari Samsung, Oppo, Asus Zenfone, Sony Xperia, Smartfren Andromax, Lenovo dan lainnya.

Ini tidak berarti Anda perlu membeli Android baru dengan lebih banyak memori internal, ada cara lain untuk menginstalnya secara normal dan masalah yang dijelaskan di atas tidak akan terjadi.

Penyebab dari masalah di atas mungkin karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal di ponsel Android Anda sehingga menyebabkan memori internal penuh.

Atau bahkan mungkin Anda tidak pernah menghapus cache Android di ponsel Anda sehingga menimbulkan begitu banyak penumpukan data yang tidak perlu sehingga menguras memori internal ponsel Android Anda.

Beberapa masalah yang sering dihadapi pengguna ponsel Android antara lain:

  • Penyimpanan internal sangat penuh karena banyak aplikasi yang telah diinstal, sehingga tidak mungkin berhasil menginstal aplikasi baru.
  • Cache yang terakumulasi dan tidak pernah dibersihkan. Bagi yang belum tahu, cache adalah file sementara yang membantu sistem mempersingkat proses pengunduhan baik ratusan foto di galeri Anda atau melalui aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter dan yang sekarang populer yaitu Instagram. Cache juga bisa rusak, jadi apa yang seharusnya membantu mempercepat menjadi sumber kesalahan pada ponsel Android Anda.
Baca juga:   8 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris di Android: Terbaik 2022

Jika kamu ingin tahu keputusan adalah menghapus memori internal ponsel Anda jika Anda tidak ingin menghapus aplikasi yang diinstal.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mengosongkan memori internal ponsel Anda dengan menghapus file log, tetapi sayangnya cara ini tidak 100% efektif untuk mengatasi masalah kehabisan ruang.

Bagaimana mengatasi kekurangan ruang

Oleh karena itu, saya di sini menawarkan beberapa solusi untuk masalah “tidak cukup ruang pada perangkat android”.

Baca Juga : Cara Mengatasi Android Cepat Full RAM.

1. Pindahkan Aplikasi ke Micro SD

Anda dapat memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD/Micro SD/penyimpanan eksternal.

Sebelum menggunakan metode ini, pastikan Anda memiliki cukup memori eksternal bawaan (Micro SD berkapasitas lebih besar akan lebih baik) dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Buka Pengaturan >> Pengaturan Lanjutan >> Manajemen Aplikasi >> Terpasang >> temukan Nama Aplikasi >> lalu klik Pindahkan ke Kartu SD.

2. Pindahkan foto, musik dan video ke Micro SD

Selain memindahkan aplikasi, Anda juga dapat memindahkan file atau dokumen penting lainnya seperti foto, gambar, musik, video, dan lainnya.

Dengan memindahkan file ke Micro SD, setidaknya memori internal tidak terlalu berat untuk penyimpanan data.

3. Hapus SMS

Ini yang paling sederhana, meskipun tidak terlalu berpengaruh pada penanggulangannya, namun cukup membantu yaitu membersihkan pesan masuk / masuk.

Anda melakukannya tidak hanya di aplikasi perpesanan seperti aplikasi lain yaitu BBM, WA, LINE dan lainnya. Jadi setidaknya memori internal bisa jauh lebih baik.

4. Hapus aplikasi yang tidak perlu / bekas.

Jika Anda menyimpan banyak data game yang belum pernah Anda mainkan, maka sebaiknya hapus saja aplikasi atau game tersebut.

Baca juga:   4 Cara Berhenti Berlangganan NSP Telkomsel: Terbaru 2022

Biasanya game Android memakan banyak memori internal, terutama game 3D. Untuk menghapusnya, Anda dapat mendengarkan tutorial di bawah ini

Buka Pengaturan >> Preferensi >> Manajemen Aplikasi >> Nama Aplikasi >> Klik Uninstall.

menghapus aplikasi yang tidak perlu

5. Hapus File Cache Android

Selanjutnya, Anda dapat menghapus cache di sistem dan Android.

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan file sampah dengan cepat hanya dalam 1 klik, semuanya akan langsung terhapus.

Jika Anda ingin melakukannya secara manual, lihat langkah-langkah di bawah ini.

Pengaturan >> Pengaturan >> Kelola Aplikasi >> Semua >> Temukan Aplikasi Nama Aplikasi >> Ketuk Hapus Cache.

menghapus aplikasi yang tidak perlu

Baca juga : Cara Mengatasi Tidak Bisa Download WhatsApp.

Kesimpulan

Ikuti panduan di atas dengan baik, masalah yang dijelaskan di atas adalah umum untuk masyarakat umum dan sebenarnya sangat mudah untuk dipecahkan asalkan Anda sering merawat ponsel.

Demikian tadi langkah-langkah untuk mengatasi kekurangan space pada perangkat android anda, semoga cara diatas dapat membantu anda semua yang kesulitan mencari panduannya.

Semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat. Selamat mencoba, jika ada yang belum kamu ketahui, tanyakan saja di kolom komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com