Dan jika Anda adalah pengguna perangkat dengan fitur layar sentuh, Anda mungkin pernah menemukan sesuatu yang disebut layar sentuh yang bergerak sendiri.

Ini adalah salah satu kesalahan paling umum yang dihadapi penggunanya. Cara memperbaiki layar sentuh yang bermasalah dan respons yang buruk.

Masalah layar sentuh yang bergerak sendiri dan tidak merespon biasanya disebabkan oleh berbagai sebab. Ada bug akibat kesalahan pengguna seperti kemasukan air, dan ada juga yang mengalami ghost touch saat charging/pengisian.

Cara Mengatasi Layar Handphone Bergerak Sendiri

cara memperbaiki sendiri layar bergerak

Bisa dibilang error serupa pada layar terjadi di hampir semua jenis smartphone, baik itu iPhone, Samsung, Lenovo, Asus, dll.

Di bawah ini ada beberapa tips dan panduan yang bisa Anda coba terapkan untuk mengatasi error saat touch screen bergerak sendiri.

1. Kalibrasi layar

Cara menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration untuk mengkalibrasi layar sentuh pada perangkat Android sebagai berikut.

bagaimana menghadapi gerakan spontan layar sentuh
  1. Silakan unduh aplikasi kalibrasi layar sentuh dari Google Play Store terlebih dahulu.
  2. Selanjutnya, buka aplikasinya
  3. Tidak seperti aplikasi pada umumnya, dengan aplikasi ini pengguna tidak perlu mengatur preferensi atau izin apa pun.
  4. Saat terbuka, tekan tombol KALIBRASI untuk memulai kalibrasi layar sentuh.
  5. Jika sudah maka langkah selanjutnya sentuh sesuai perintah TEST PAD. Ada beberapa jenis perintah sentuh, antara lain gesek, ketuk dua kali, ketuk panjang, dan lainnya.
  6. Setiap kali Anda menguji jenis sentuhan, aplikasi akan menunjukkan keakuratan jenis sentuhan.
  7. Setelah itu akan muncul notifikasi Kalibrasi berhasilklik OK pada notifikasi
  8. Kemudian restart ponsel Android Anda untuk menerapkan hasil kalibrasi.

Catatan : Proses kalibrasi layar sentuh pada ponsel Android ini tidak memperbaiki kerusakan perangkat keras layar sentuh, sobat.

Aplikasi hanya membantu pengguna untuk menentukan jenis sentuh di area layar sentuh dan membantu untuk mengesampingkan jenis sentuh.

2. Muat ulang

Untuk tips pertama, semuanya sangat sederhana, Anda dapat mencoba me-restart perangkat yang mengalami error. Ini dilakukan untuk memberi perangkat istirahat setelah digunakan dalam waktu lama.

Mungkin ghost touch disebabkan karena smartphone bekerja melebihi kemampuannya, sehingga overheat atau semacamnya.

Baca juga:   4+ Cara Mengganti Tema Whatsapp di HP Android (Keren)

3. Ubah muatan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam beberapa kasus layar sentuh hanya bergerak sendiri saat mengisi daya. Jika ini terjadi, masalahnya mungkin ada pada charger dari smartphone.

Jika terjadi kesalahan pada layar sentuh saat mengisi daya ponsel, Anda dapat mencoba mengganti pengisi daya dengan yang asli. Menggunakan charger KW yang kualitasnya tidak terjamin bisa menimbulkan berbagai masalah bahkan merusak perangkat.

Lihat juga: Cara memperbaiki kesalahan layar sentuh.

4. Periksa jumlah RAM

Cara mengatasi ghost touch screen tidak berfungsi dengan baik adalah dengan mengecek jumlah RAM pada smartphone Anda.

Karena masalah tidak hanya terjadi pada hardware saja, tetapi juga bisa terjadi karena software. Cek jumlah RAM pada smartphone kamu, apakah masih ada atau tidak.

Jika layar sentuh pada smartphone Anda tidak berfungsi dengan baik atau tidak merespon saat digunakan. Ini mungkin karena jumlah RAM pada ponsel cerdas Anda terlalu besar.

Karena pada umumnya smartphone Android merupakan platform yang memakan banyak ruang memori.

Untuk mengatasi masalah ini, coba cek RAM ponsel android anda, jika terlalu penuh, uninstall aplikasi yang menurut anda tidak penting atau jarang digunakan.

Karena jika jumlah RAM pada ponsel cerdas Anda sedikit, layar sentuh akan berfungsi dengan baik dan juga merespons. Hal ini tentunya sangat efektif untuk menerapkan cara mengatasi ghost touch layar sentuh.

5. Gunakan penguji layar sentuh

Layar sentuh Anda mungkin rusak atau tidak berfungsi dengan baik karena Anda memiliki masalah dengan multi-sentuh.

Sehingga smartphone anda terlihat rusak walaupun touchscreen pada smartphone anda hanya mengalami lag atau kelesuan. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan aplikasi.

Aplikasi yang bisa anda buat adalah aplikasi Penguji multi-sentuh yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis di Google Play Store.

Jadi dengan aplikasi ini, anda dapat mengetahui apakah layar sentuh pada ponsel pintar android anda rusak atau tidak.

Untuk mengujinya, buka aplikasi MultiTouch Tester lalu geser dengan lima jari apakah sudah dihitung semua atau belum.

Baca juga:   12+ Cara Membeli Starlight Member Mobile Legends

Secara umum, aplikasi MultiTouch Tester akan mendeteksi 5 hingga 10 jari bahkan lebih, tergantung smartphone yang Anda gunakan. Sekarang kamu sudah tahu apakah layar sentuh smartphone kamu rusak atau tidak.

6. Pemulihan firmware

Dalam sistem Android, atau yang disebut firmware, dapat terjadi masalah tertentu yang akan mempengaruhi kinerja Android.

Terjadi baik pada layar, file yang disimpan, kamera, aplikasi yang digunakan, atau lainnya. Untuk mengatasinya, saya akan menjelaskan solusinya.

Salah satu solusinya adalah Anda dapat memperbarui sistem android Anda ke versi terbaru atau versi baru. Jadi jika Anda mengupdate semua sistem, maka semua bug dan masalah pada sistem akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga : Cara Cek Spesifikasi HP.

7. Atur ulang ke pengaturan pabrik

Cara terakhir ini juga bisa kamu lakukan dengan merestart smartphone kamu. Mungkin cara ini bisa memaksa smartphone Anda kembali ke tampilan default.

Sebelum memperbarui sistem ponsel cerdas Anda, Anda juga harus memastikan bahwa Anda telah membuat cadangan semua file di ponsel cerdas Anda.

Lihat juga: Cara mem-flash ponsel Android.

Untuk anda yang akan mencobanya, anda bisa langsung melihat langkah-langkah yang akan anda ikuti dibawah ini:

  • Pertama, kamu buka menu setting atau pengaturan.
  • Kemudian Anda pilih Pengaturan Lanjutan.
  • Selanjutnya, pilih “Cadangkan dan Atur Ulang”.
  • Kemudian pilih “Hapus data aplikasi dan aplikasi yang tidak diunduh”.
  • menyelesaikan.
bagaimana menangani sendiri layar yang bergerak

8. Perbaikan LCD

Dalam proses menggunakan smartphone tentunya terkadang kita menunjukkan kecerobohan dan melakukan kesalahan seperti menjatuhkannya. Selain itu terkadang ada yang terkena air atau debu yang menempel di layar.

Sekarang ini dapat menyebabkan layar sentuh tidak merespons dengan baik dan melompat-lompat.

Jika situasinya tidak serius, Anda mungkin masih dapat memperbaikinya, tetapi jika tidak memungkinkan, Anda harus mengganti layar LCD dengan yang baru.

9. Bersihkan pelindung goresan

Penggunaan anti gores pada layar smartphone dirancang untuk melindunginya dari berbagai ancaman seperti debu atau air. Selain itu juga dapat meminimalisir kerusakan seperti goresan dan benturan dengan benda keras.

Baca juga:   6 Cara Cek Nomor HP Sendiri Semua Operator 2022

Namun, karena sudah lama digunakan, tentunya banyak debu dan kotoran yang menempel. Dan ini akan mengarah pada fakta bahwa pengoperasian layar sentuh tidak akan optimal. Silakan ganti antigores Anda dengan yang baru pada saat yang tepat.

10. Kalibrasi baterai

Ternyata hal sepele seperti itu juga bisa menimbulkan masalah seperti touchscreen error dan jump. Terkadang saat baterai lemah, kinerja perangkat lain tidak maksimal.

Namun, jika daya baterai masih banyak dan layar sentuh masih bergerak sendiri, mungkin sudah waktunya mengganti sel baterai. Daya tahan baterai yang sudah mencapai batasnya juga akan mempengaruhi kinerja smartphone.

11. Layar keren

Setiap perangkat, baik itu smartphone atau laptop, memiliki keterbatasan. Dalam hal ini, penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan panas berlebih. Jika suhu perangkat mencapai batas yang wajar, tentunya akan menimbulkan banyak masalah.

Temperatur yang tinggi ini juga akan mempengaruhi layar atau LCD dan akhirnya akan terjadi phantom touch.

Cobalah untuk menggunakan perangkat untuk tujuan yang dimaksudkan, jangan memaksanya bekerja melebihi kemampuannya dan akhirnya menjadi terlalu panas.

12. Perbarui OS Android

Sama seperti sistem operasi pada komputer, ROM pada smartphone biasanya diupdate. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan fitur dan memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya.

Namun, tidak semua proses pembaruan ROM ke versi terbaru dapat berakhir dengan sukses. Terkadang perangkat keras dan ROM tidak dapat disinkronkan, yang akhirnya menyebabkan kesalahan.

Juga, tidak peduli seberapa bagus ROM dibuat, pasti ada bug. Jika Anda benar-benar mengalami masalah setelah mengganti ROM, itu mungkin tidak cocok untuk perangkat Anda.

Kesimpulan

Beberapa langkah juga dapat digunakan untuk memperbaiki layar sentuh hantu ponsel, jika masalahnya lebih serius, sebaiknya diperbaiki di pusat perbaikan resmi. Atau Anda bisa memperbaikinya di pusat layanan tepercaya.

Berikut adalah cara mengatasi layar sentuh android bergerak sendiri. Semoga tips di atas dapat membantu Anda memperbaiki layar sentuh yang mengalami ghost touch, tidak responsif, melompat, atau masalah lainnya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com