Beberapa orang mungkin memperhatikan saat melihat foto digital di komputer mengapa foto terlihat terlalu gelap, terlalu terang, terlalu hitam, atau terlalu putih.

Lalu apa solusi dan cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah foto yang terlalu gelap menjadi lebih cerah, atau sebaliknya?

Nah, pada artikel kali ini Teknoinside akan membahas tentang cara mudah mengatur foto gelap dan terang di Photoshop. Setidaknya ada tiga cara untuk mengubah foto gelap menjadi terang dan sebaliknya.

Setiap metode memiliki efeknya sendiri, dan kita dapat melihatnya dengan mempraktikkannya.

Untuk mengetahuinya silahkan anda bisa memilih salah satu atau mencoba semuanya, mana yang paling mudah dan paling cocok untuk anda.

Dengan menyesuaikan kecerahan

Berikut ini menjelaskan cara menyesuaikan area gelap dan terang menggunakan kecerahan atau kontras:

1. Pilih Foto

Pertama, buka foto yang ingin Anda sesuaikan kecerahannya dengan mengklik menu File > Buka > Pilih Foto.

2. Tekan ALT > I > A > C.

Untuk menyesuaikan kecerahan atau kontras, tekan tombol Alt > I > A > C pada keyboard atau melalui menu Gambar > Sesuaikan > Kecerahan/Kontras. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini.

3 Cara Menyesuaikan Foto Gelap dan Terang di Photoshop

3. Atur gelap terang

Anda dapat menyesuaikan terang dan gelap dengan menggerakkan penggeser ke kanan dan kiri agar sesuai dengan foto yang ingin Anda edit. Dengan menggeser tanda panah pada bagian kecerahan ke kanan, maka akan meningkatkan kecerahan foto di semua bagian, dan sebaliknya.

Jika Anda memindahkan penggeser Kontras ke kanan, ini akan menyebabkan foto Anda lebih kontras, dan perbedaan antara foto gelap dan terang akan lebih besar, dan sebaliknya jika penggeser dipindahkan ke kiri.

Anda dapat menyesuaikan foto yang Anda edit sehingga memiliki tingkat kontras standar, artinya ada bagian yang sangat gelap pada foto, ada yang agak gelap, ada yang sedang, dan ada yang sangat terang sehingga terlihat sangat putih. .

Baca juga:   6 Cara Cek Nomor HP Sendiri Semua Operator 2022

Tapi itu semua tergantung kebutuhan. Jika Anda mengatur gelap dan terang menggunakan metode ini, Anda dapat langsung melihat hasilnya.

4. Klik OK

Oleh karena itu, cara ini dapat kita lakukan dengan cepat dan mudah. Jika foto yang Anda edit cocok, silakan klik tombol BAGUS.

Menggunakan Kurva

Anda juga dapat mengatur kecerahan foto di Photoshop menggunakan Curves. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih Foto

Pertama, buka foto yang ingin Anda sesuaikan kecerahannya dengan mengklik menu File > Buka > Pilih Foto.

2. Tekan ALT > I > V.

Untuk mengatur kurva, tekan tombol Alt > I > V pada keyboard Anda, atau ketik dengan mengklik menu Gambar > Sesuaikan > Kurva. Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini.

3 Cara Menyesuaikan Foto Gelap dan Terang di Photoshop

3. Klik Otomatis

Pertama kamu bisa coba klik tombolnya dulu Mobil. Dengan cara ini, foto yang diedit akan secara otomatis disesuaikan dengan tingkat kecerahan.

4. Klik OK

Tentunya setiap foto yang dihasilkan akan memiliki tingkat gelap dan terang yang berbeda-beda yang terdapat pada komposisi foto yang Anda edit. Jika hasilnya sesuai dengan keinginan Anda, maka klik saja BAGUS.

Namun, jika Anda tidak puas dengan hasilnya, Anda dapat membatalkan perintah dengan mengklik tombol ctrl+z atau klik menu Sunting > Batalkan. Maka Anda bisa langsung menggunakan cara berikut ini.

Tekan dan tahan kurva diagonal, lalu gerakkan kurva diagonal ke kanan, kiri, atas atau bawah dan sesuaikan dengan keadaan foto yang sedang diedit.

Untuk mencerahkan foto yang kurang terang, Anda dapat memindahkan garis lengkung diagonal ke atas atau ke kiri. Sebaliknya, jika kita ingin menggelapkan foto, gerakkan kurva ke kanan atau ke bawah. Jika berlaku, klik BAGUS.

Baca juga:   7 Cara Mengatasi Your Connection is Not Private di Laptop & Android

Menggunakan pengaturan level

Menggunakan penyesuaian Level di Photoshop, Anda juga dapat menyesuaikan kecerahan foto. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih Foto

Pertama, buka foto yang ingin Anda sesuaikan kecerahannya dengan mengklik menu File > Buka > Pilih Foto.

2. Tekan ALT > I > A > L.

Untuk mengatur level, tekan tombol Alt > I > A > L pada keyboard, atau Anda dapat masuk dengan menekan menu Gambar > Sesuaikan > Level atau dengan hotkey Ctrl+L. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini.

3 Cara Menyesuaikan Foto Gelap dan Terang di Photoshop

3. Klik Otomatis

Seperti cara sebelumnya, kita coba dulu dengan mengklik tombol Mobil. Jika hasilnya benar, klik saja BAGUS. Namun, jika hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan foto, batalkan dengan menekan tombol ctrl+z. Kemudian ikuti langkah selanjutnya.

Pindahkan tiga panah di bagian Level Input ke kanan atau kiri, lalu lihat hasilnya. Jika itu tidak berhasil, gerakkan lagi tiga panah hingga Anda mendapatkan foto dengan tingkat kecerahan dan kontras yang Anda inginkan.

Ada dua bagian slider: slider atas “Input Level” (memiliki 3 ikon panah) dan “Output Level” (memiliki 2 ikon panah).

Agar anda bisa melihat efek setting foto gelap terang atau tingkat kecerahan foto, anda bisa langsung mencobanya sendiri. Ini bisa dilakukan dengan sangat mudah karena Anda bisa melihat langsung hasilnya.

Untuk membuat foto gelap lebih cerah, Anda dapat memindahkan slider Input Level (panah tengah) ke kiri atau geser Output Level (panah kiri) ke kanan.

Anda dapat menambahkan kontras foto dengan menggerakkan slider Input Level (ikon panah paling kanan) ke kiri.

4. Klik OK

Anda juga dapat mengubah angka di bidang “Keluaran” dan “Masukan”, tetapi jika tidak, tidak apa-apa. Jika menurut Anda foto tersebut cocok, silakan klik BAGUS.

Baca juga:   6+ Cara Mengatasi Windows Boot Manager Error: Termudah!

Kesimpulan

Anda dapat mengatur kecerahan atau kegelapan foto menggunakan perangkat lunak Photoshop. Anda bisa menggunakan salah satu cara yang saya jelaskan di atas untuk mengatur warna gelap dan terang dari foto yang Anda inginkan.

Jadi, artikel dari teknoinside tentang 3 Cara Menyesuaikan Foto Gelap dan Terang di Photoshop dengan mudah. Manakah dari ketiga cara di atas yang menurut Anda paling mudah dan menghasilkan foto yang tepat?

Sekian dari teknoinside, semoga dapat membantu, membantu dan menambah pemahaman anda. Semoga berhasil dan semoga berhasil.


https://storyforgeproductions.com