Microsoft Word merupakan salah satu software pengolah kata yang saat ini sangat populer dan digunakan oleh banyak orang. Biasanya kita menggunakan aplikasi yang satu ini untuk membuat dan memasukkan berbagai dokumen. Misalnya surat, proposal, undangan disertasi.

Nah, saat membuat dokumen menggunakan Microsoft Word, tentunya kita harus memperhatikan formatnya. Memformat di sini berarti proporsi dokumen yang dibuat. Ini termasuk ukuran dan jenis font, spasi baris dan spasi paragraf.

Semua ini sangat penting untuk kita ketahui. Terutama saat menulis dokumen resmi seperti surat resmi atau abstrak dan proposal. Oleh karena itu, kita harus sangat berhati-hati dengan pengaturan format dokumen.

Nah pada kesempatan kali ini Teknoinside akan membahas tentang cara mengatur spasi baris di Microsoft Word. Karena akan sangat mempengaruhi keakuratan dokumen yang kita buat. Sehingga juga menentukan apakah dokumen tersebut mudah dibaca atau tidak.

Lihat juga: Cara mengatur margin di Word.

Cara Mengubah Spasi Baris di Microsoft Word untuk PC/Laptop

Terkadang ketika kita mengetik di MS Word, kita merasa bahwa garis-garisnya terlalu dekat atau terlalu berjauhan. Sehingga saat dilihat, Anda merasa tidak nyaman dan tentunya kurang rapi. Apalagi jika dokumen tersebut untuk keperluan resmi, maka hal ini tidak dapat dimaafkan.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara mengatur spasi baris agar terlihat benar. Mari kita pelajari bersama dengan tutorial Teknoinside yang dikompilasi di bawah ini.

1. Blok teks

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Pertama-tama, kita harus mengunci area teks tempat kita ingin mengubah spasi baris. Anda hanya dapat memilih area tertentu dengan menempatkan kursor di titik awal, lalu menekan dan menahan MENGGESER dan klik pada titik akhir yang diinginkan. Atau, jika Anda ingin memilih semua teks dalam dokumen, klik saja CTRL+A

Baca juga:   6+ Cara Bayar Pakai OVO Belanja, Olshop (Terbaru 2022)

2. Pilih Penspasian Baris dan Paragraf.

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Karena Microsoft Word sendiri memiliki banyak alat yang tersedia, Anda pasti bingung harus menggunakan yang mana untuk mengubah spasi baris. Nah lihatlah Paragraf “Instrumen kelompok”ada ikon dengan nama Jarak antar baris dan paragraf. Silakan klik opsi ini.

3. Pilih spasi baris

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Sekarang beberapa opsi jarak default akan segera muncul. Anda bisa mencoba satu per satu mana yang cocok dan cocok untuk digunakan dalam dokumen Anda. Jika Anda merasa opsinya tidak sesuai, tekan menu Opsi spasi baris untuk pengaturan lebih lanjut.

4. Atur spasi baris Anda sendiri

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Opsi akan tersedia di sini, yang dengannya Anda dapat menentukan jarak antar garis. Anda dapat menyesuaikan jumlah jarak antar garis di bagian PADA. Juga, untuk mengubah spasi sebelum dan sesudah antar paragraf, Anda dapat mengaturnya di bagian Sebelum setelah.

Lihat juga: Pintasan Microsoft Word.

Cara mengatur spasi kata di ponsel Android

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui bahwa aplikasi Microsoft Word sudah hadir di versi Android. Dengan demikian, Anda dapat menginstal aplikasi di smartphone Anda. Dengan demikian, sangat mudah untuk mencetak di mana saja dan kapan saja dengan ponsel Android.

Sekarang kembali ke pembahasan utama kita tentang cara menambah atau mengurangi spasi baris di MS Word. Namun sebelumnya bagi yang belum memiliki aplikasinya bisa mendownload terlebih dahulu melalui Playstore.

1. Blokir teks Anda

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Seperti sebelumnya, kita harus terlebih dahulu memblokir teks yang ingin kita format. Caranya sedikit berbeda dengan di PC/laptop. Silakan tekan dan tahan area yang ingin Anda sorot, lalu gerakkan kursor hingga teks yang diinginkan terhalang. Jika Anda ingin menyorot semua teks, Anda dapat langsung mengklik Pilih Semua.

Baca juga:   17 Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop PC: Windows 7/8/10

2. Ketuk ikon Tampilkan Perintah.

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Selanjutnya untuk menampilkan tools yang ada, anda tap icon yang ada di bagian atas berupa pensil dan huruf A. Setelah itu akan muncul list tools yang bisa kita gunakan untuk mengedit dokumen.

3. Pilih format paragraf

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Untuk menyesuaikan spasi baris, gulir ke bawah dan pilih dari menu Pemformatan paragraf. Pilihan yang kita butuhkan akan ada di sana.

4. Klik Spasi Baris

Cara Menyesuaikan Spasi Baris di Microsoft Word

Sekarang salah satu tools yang ada adalah line spacing, yang tidak lain adalah mengatur jarak antar baris di MS Word. Anda bisa langsung memilih ukuran yang tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengatur spasi baris pada Microsoft Word dan HP PC/Laptop. Dengan metode di atas, kita dapat menentukan lebar spasi baris agar dokumen lebih rapi dan mudah dibaca. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang artikel di atas, silakan tinggalkan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com