Yang suka mengoleksi film, anime atau drama korea tentunya sering terkendala dengan ukuran file video yang terlalu besar. Dan pastinya Anda sedang mencari cara untuk mengecilkan ukuran video.

Meskipun kompresi video adalah salah satu solusi terbaik untuk masalah ini. Kita bisa mengurangi jumlah MB video tanpa harus khawatir mengurangi kualitas menjadi blur dan pecah.

Untungnya, saat ini sudah banyak layanan kompresi video online yang bisa kita gunakan secara gratis. Jadi kita tidak membutuhkan aplikasi tambahan apapun baik di PC, atau di komputer, atau di smartphone.

Dan yang akan kita bahas adalah bagaimana cara mengecilkan ukuran video online, disini kita bisa melakukannya di laptop, tanpa aplikasi tambahan. Jadi, yang kita butuhkan hanyalah browser dan koneksi internet.

Cara mengecilkan ukuran video online

Untuk layanan kompresi video online pertama, Videosmaller direkomendasikan.

Seperti namanya, layanan online ini akan sangat berguna untuk mengurangi koleksi video Anda yang banyak.

Bagi yang ingin tahu cara menggunakannya, ikuti panduan berikut ini:

Buka situs web kompresi video online

Cara mengecilkan ukuran video online

Pertama tentunya kita harus membuka website layanan kompresi video online ini. Silakan klik tautan berikut untuk masuk ke situs.

Unggah video untuk dikompres

Cara mengecilkan ukuran video online

Kemudian gulir ke bawah dan klik bagian “Jelajahi” untuk menemukan video yang ingin kita perkecil ukurannya. Silakan cari tahu di mana video itu disimpan di memori Anda. Untuk satu proses, ukuran video maksimum adalah 50 MB.

Setel opsi kualitas kompresi

Cara mengecilkan ukuran video online

Anda juga dapat menentukan kualitas kompresi dan video output yang akan dihasilkan. Centang kotak “Gunakan tingkat kompresi rendah”. Kemudian yang ingin mengubah resolusi video bisa memilih bagian Zoom.

Baca juga:   7 Cara Mengatasi Your Connection is Not Private di Laptop & Android

Ada juga fungsi untuk menghilangkan audio/suara dalam video. Namun bagi yang tidak membutuhkannya, hilangkan centang pada “Remove Audio”. Terakhir, cukup klik “Unggah” untuk mulai mengunduh file.

Baca juga: Cara mengompres video di ponsel Android.

Tunggu unduhan dan kompresi

Kita tinggal menunggu prosesnya selesai. Waktu yang diperlukan untuk melakukan ini tergantung pada ukuran setiap video Anda. Jadi harap bersabar untuk menunggu.

Kompresi Selesai Ukuran video dikurangi

Cara mengecilkan ukuran video online

Setelah selesai, Anda akan melihat hasil kompresi video. Bahkan ukuran video bisa diperkecil hampir 50% dari ukuran sebelumnya. Anda bisa langsung mendownload hasilnya untuk penyimpanan offline.

Cara mengompres video online

Selain itu, ada website dengan fitur yang begitu lengkap. Tidak hanya menyediakan layanan kompresi video, tetapi juga dapat digunakan untuk mengkompres berbagai jenis file lain seperti gambar, audio hingga pdf.

Situs ini juga mendukung berbagai format video. Dimulai dengan yang paling umum seperti MP$, AVI, MKV dan diakhiri dengan MPEG. Bagi yang ingin mencoba layanannya, ikuti panduan di bawah ini:

Kunjungi situs web Aconvert

Anda bisa mengakses website Aconvert ini baik dari browser di laptop atau smartphone. Silakan klik tautan berikut:

Pilih video untuk dikompres

Cara mengecilkan ukuran video online

Setelah memasuki situs web, klik “Pilih File” dan temukan file video yang ingin Anda kompres. Jangan salah pilih file.

Pengaturan kualitas keluaran video

Cara mengecilkan ukuran video online

Layanan ini memiliki fitur yang sangat lengkap. Kami dapat menyesuaikan output video sesuai keinginan. Berikut adalah penjelasan dari beberapa pilihan:

  • Target Format: Tentukan format video output yang ingin Anda buat.
  • Pilihan: Pilih Resize, Bitrate, atau Frame Rate.
  • Ukuran Video: Tentukan resolusi video keluaran.
  • Video Bitrate: Anda juga dapat menyesuaikan bitrate video.
  • Frame Rate: Untuk frame rate, coba setidaknya 25 fps.
  • Aspek Video: Perbandingan ukuran antara panjang dan lebar video.
Baca juga:   Cara Menambah dan Menghapus Admin Grup WhatsApp

Mulai proses konversi

Setelah Anda selesai mengatur parameter yang diperlukan. Cukup klik “Konversi Sekarang” dan tunggu prosesnya selesai.

Simpan hasil konversi

Cara mengecilkan ukuran video online

Ketika proses selesai, Anda akan melihat hasilnya di bagian bawah. Klik ikon unduh untuk menyimpan hasilnya ke komputer atau ponsel Anda.

Cara kompres video online di HP dan laptop

Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar tentang situs ini. Karena cukup populer sebagai layanan kompresi video online dengan kualitas yang sangat baik.

Pada output, kami akan mendapatkan video yang lebih kecil, tetapi kualitasnya tidak akan banyak menurun. Untuk mempelajari cara menggunakannya, Anda dapat langsung memeriksa tutorial berikut:

Login ke layanan Ezgif Layanan

Pertama, Anda masuk dulu ke situs dari layanan kompresi video online ini. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tautan berikut:

Unggah video untuk mengubah ukuran

Cara mengecilkan ukuran video online

Salah satu kelebihan layanan ini adalah kita tidak hanya bisa mendownload file video dari penyimpanan offline saja. Tetapi Anda juga dapat menggunakan URL secara langsung jika file tersebut diunggah di tempat lain.

Silakan sesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda. Pilih “Pilih File” untuk mengunggah file video dari komputer atau ponsel Anda. Atau tempel tautan video yang diinginkan di formulir yang disediakan.

Ini juga mendukung berbagai format video mulai dari MP4, AVI, MPEG, 3GP, FLV dan banyak lagi. Setelah itu, klik saja Unggah Video.

Fitur Ezgif

Anda akan dibawa ke halaman yang berisi fitur-fitur situs ini. Mereka menyediakan begitu banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk mengedit video.

Contohnya termasuk mengonversi video ke format lain, memotong video, menambahkan subtitle, menghapus audio dari video. Namun bagi yang ingin mengompresnya, Anda bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Baca juga:   Cara Membaut Grup Facebook di HP & Laptop PC

Pengaturan kualitas keluaran video

Cara mengecilkan ukuran video online

Di bagian ini, Anda dapat menentukan panjang dan lebar video yang diubah ukurannya nanti. Anda dapat mengatur ini dalam piksel. Bagi yang belum tahu total ukuran resolusi video, bisa cek daftar berikut ini:

  • 2160p: 3840 x 2160
  • 1440p: 2560 x 1440
  • 1080p: 1920×1080
  • 720p: 1280 x 720
  • 480p: 854 x 480
  • 360p: 640 x 360
  • 240p: 426 x 240

Selain itu, ada juga opsi untuk mengatur ukuran perubahan sebagai persentase. Misalnya, jika Anda memiliki video 480p dan mengatur persentase pengubahan ukuran menjadi 75%, hasilnya akan menjadi video 360p.

Kemudian tinggal klik “Resize Video” dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Unduh hasil pengubahan ukuran

Cara mengecilkan ukuran video online

Ketika hasilnya muncul, yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol Simpan untuk menyimpannya. Secara otomatis file video output akan dimuat langsung ke memori yang sesuai.

Kesimpulan

Beberapa langkah di atas bisa digunakan untuk mengompres video tanpa mengurangi kualitas video yang ada. Di sini bisa diterapkan untuk pengguna handphone atau laptop, karena sistem online sangat praktis.

Ini adalah tutorial cara mengecilkan ukuran file video online tanpa mengurangi kualitasnya. Tips di atas sangat cocok untuk Anda yang suka mengoleksi banyak film tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan.


https://storyforgeproductions.com