Hosting merupakan salah satu syarat wajib yang harus Anda miliki jika ingin mengelola website seperti WordPress. Biasanya beberapa penyedia hosting memberikan penawaran yang berbeda-beda tergantung kebutuhan kita.

Bagi yang baru memulai membuat website biasanya menggunakan jenis shared hosting. Namun, bagi yang situsnya sudah dimuat dan memiliki lalu lintas tinggi, lebih baik beralih ke layanan hosting VPS.

Nah, mungkin banyak dari Anda yang masih asing sama sekali ketika mendengar istilah VPS hosting. Layanan ini biasa digunakan oleh mereka yang menginginkan server dengan resource yang lebih baik daripada shared hosting.

Sehingga bisa menampung trafik lebih banyak tanpa takut gagal karena server lemah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan singkat berikut ini.

Memahami Hosting VPS

Memahami Hosting VPS

Virtual Private Server hanyalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual. Di mana setiap server virtual memiliki sumber dayanya sendiri dan OS-nya sendiri dapat diinstal.

Seperti namanya, penggunaan resource hosting VPS dapat dikelola secara private. Dengan demikian, akan lebih fleksibel dibandingkan dengan shared hosting, yang harus dibagikan dengan pengguna lain.

Manfaat hosting VPS

Manfaat hosting VPS

Pada penjelasan di atas, kami telah menyebutkan sedikit tentang perbedaan antara vPS dan shared hosting. Dimana tentunya VPS memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh shared hosting atau jenis layanan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan VPS hosting:

  • Kinerja server pasti lebih baik daripada jenis layanan lainnya. Karena dalam sebuah VPS, sumber daya server virtual digunakan secara pribadi, sehingga tidak perlu dibagikan dengan pengguna lain, seperti pada shared hosting.
  • Jika Anda menggunakan VPS, Anda akan mendapatkan hak penuh untuk mengelola server. Artinya kita bisa lebih leluasa menggunakannya bahkan mendapatkan akses root ke server.
  • Layanan VPS tentunya memberikan privasi yang lebih aman karena bersifat private.
  • Kualitas dan sumber daya server lebih baik dan tidak mudah dimatikan.
  • Kami bebas menginstal atau menghapus perangkat lunak di server.
Baca juga:   Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Cara Membuatnya

Pertimbangan Hosting VPS

Memahami Hosting VPS

Setelah membaca beberapa manfaat dari jenis layanan ini, Anda mungkin ingin mencobanya. Karena VPS sendiri bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti server website, file hosting, remote desktop server, backup server dan masih banyak lagi.

Namun tentunya kita juga perlu bijak dan berhati-hati dalam memilih layanan VPS. Kita harus bisa mencari tahu penyedia VPS mana yang bisa menyediakan apa yang kita butuhkan. Biasanya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat memilih VPS, antara lain:

1. HDD/SSD

Pertama tentunya dari segi storage yang akan digunakan untuk menyimpan file kita. Harus disesuaikan dengan kebutuhan, terutama bagi yang membutuhkan storage berkapasitas tinggi.

Namun saat ini juga banyak VPS yang menggunakan SSD yang tentunya memiliki performa yang lebih baik dan cepat dibandingkan yang menggunakan HDD.

2. Cadangan

Backup jelas merupakan salah satu poin terpenting saat memilih VPS. Karena kita harus waspada, jika suatu saat kita melakukan kesalahan, data akan tetap aman dan dapat dipulihkan.

3. Lokasi server

Bagi sebagian orang, lokasi server juga sering diperhitungkan. Karena ada penyedia layanan VPS yang juga menggunakan server di luar negeri. Ini dapat mempengaruhi koneksi antara klien dan server.

4. Sistem operasi

Saat ini banyak layanan VPS yang menggunakan sistem operasi Linux. Namun seringkali ada yang menggunakan OS Windows. Ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda.

Hosting VPS terbaik untuk Anda

Niagahoster Penyedia Layanan VPS Hosting Terbaik dan Termurah

Jadi bingung memilih hosting terbaik untuk Anda? Niagahoster adalah salah satu penyedia hosting terbaik di Indonesia yang Teknoinside rekomendasikan untuk Anda. Anda bisa mendapatkan sejumlah penawaran menarik di shared hosting, cloud hosting dan VPS hosting.

Baca juga:   Tips Optimalkan + Meningkatkan SEO

Jika Anda mencari penyedia VPS Indonesia murah dengan kualitas layanan terbaik, Anda bisa langsung ke Niagahoster. Mengapa? Ada beberapa hal yang bisa menjadi mengapa Niagahoster menjadi pilihan yang tepat, antara lain:

  • Menyediakan berbagai jenis layanan hosting mulai dari shared hosting, cloud hosting dan diakhiri dengan vps hosting.
  • Memiliki data center Tier 4 yang tentunya memiliki performa dan performa yang baik.
  • Menggunakan fitur Litespeed, yang dapat memberikan kecepatan akses yang lebih baik ke situs Anda.
  • Keamanan yang kuat dengan perlindungan kehilangan data dengan RAID-10.
  • Lebih dari 50 opsi OS, dari CentOS, Ubuntu, Debian hingga Fedora (hosting VPS).
  • VPS dengan koneksi jaringan 100Mbps dengan jaminan uptime 99,9%.
  • Harga hosting termurah di Indonesia mulai dari 10 ribu/bulan dan diskon hingga 75%.
  • Jaminan uang kembali 30 hari menjamin hosting terbaik.
  • Tim dukungan pelanggan 24/7 yang selalu tersedia untuk menjawab pertanyaan atau membantu memecahkan masalah yang mungkin Anda alami.

Demikian pembahasan singkat mengenai teknologi VPS hosting yang saat ini sedang populer dan banyak digunakan. Jika Anda sedang mencari penyedia hosting terbaik dan termurah di Indonesia, Anda bisa langsung melihat penawaran terbaik di Niagahoster. Anda bisa mendapatkan diskon hingga 75%, yang sayang untuk dilewatkan.


https://storyforgeproductions.com