Aplikasi adalah program yang harus ada di komputer, terlepas dari sistem operasi yang digunakan. Namun terkadang ada aplikasi yang tidak dibutuhkan.

Saat aplikasi sudah tidak dibutuhkan lagi, tentunya kami akan menghapus aplikasi tersebut. Namun, ada kalanya aplikasi bawaan tidak bisa di-uninstall, atau bahkan aplikasi yang mengandung virus tidak bisa di-uninstall.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir. Bukannya tidak bisa dihilangkan, tapi sulit untuk menghilangkannya dengan cara biasa. Nah, dalam hal ini, Teknoinside akan memberikan cara untuk meng-uninstall aplikasi yang sulit untuk di-uninstall.

Cara uninstall aplikasi di laptop yang tidak bisa di uninstall

Disini saya bagikan tutorialnya dalam dua cara sekaligus, anda tinggal menentukan mana yang lebih baik menggunakan cara #1, karena mudah dan cepat.

Baca juga: Cara uninstall aplikasi dan game di laptop.

1. Penghapusan paksa dengan aplikasi

Untuk mencopot pemasangan aplikasi atau game yang tidak dapat dicopot menggunakan panel kontrol, Anda perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Tentang cara menghapus aplikasi dengan mudah dan menyeluruh tanpa menginap. Jadi silakan baca dan ikuti langkah demi langkah sepenuhnya.

1. Unduh dan instal aplikasi

unduh dan instal Revo Uninstaller

Langkah pertama silahkan download aplikasi revo removal versi gratis.

Kemudian buka dan instal aplikasi revo uninstaller.

Jika sudah terinstal, jalankan saja aplikasi revo uninstaller.

2. Pemilihan aplikasi

Kemudian Anda tinggal memilih aplikasi mana yang ingin Anda uninstall, jika ada maka akan muncul menu Uninstall.

cara menghapus aplikasi dari revo

Cukup klik “Hapus” dan tab baru akan muncul.

3. Pemilihan mode lanjutan

Kemudian pilih mode “Advanced” > Klik “Scan”, tunggu proses penghapusan selesai (klik “Next”).

hapus instalan aplikasi sepenuhnya

Selesai, jadi aplikasi yang sulit di-uninstall akan di-wipe sampai ke root, meng-uninstall sepenuhnya aplikasi yang sulit di-uninstall di laptop PC Windows.

2. Penghapusan paksa tanpa aplikasi

Sekarang kamu butuh bantuan aplikasi ringan, tapi jangan salah, meskipun ringan, kamu bisa uninstall/copot paksa aplikasi yang tidak bisa di-uninstall.

Cara ini bekerja di laptop atau PC yang menjalankan sistem operasi Windows 7, 8, dan 10 terbaru. Nah, untuk lebih jelasnya simak Cara Uninstall Program Aplikasi di Windows yang Sulit Di-uninstall.

1. Unduh Microsoft Fixit

Langkah pertama, silahkan buka untuk mendownload aplikasinya.

Setelah membuka halaman (tautan di atas), lalu klik tulisan “Unduh” dan tunggu sampai selesai.

2. Berlari ke depan

Kemudian jalankan aplikasi, klik “Advanced” dan klik “Check”, lalu klik “Next”.

cara mudah uninstall aplikasi di pc

Tunggu hingga proses penemuan selesai (30 detik).

mendeteksi masalah dengan aplikasi pc

Lalu tekan “Menghapus“, dan tunggu loading (20 detik).

hapus instalan aplikasi game pc

3. Pemilihan aplikasi

Kemudian Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini, Anda tinggal memilih aplikasi mana yang ingin Anda uninstall, uninstall, hapus dari PC Anda. Kemudian klik Berikutnya. Disini saya akan menghapus AVG ZEN (Ada file yang belum terhapus).

mudah untuk mencopot pemasangan aplikasi

4. Konfirmasi penghapusan

Kemudian akan muncul peringatan yang menanyakan “Apakah Anda yakin ingin mencopot pemasangan aplikasi ini?” Klik “Ya” untuk melanjutkan.

cara mudah yang aman untuk mencopot pemasangan aplikasi

Cara menghapus aplikasi yang dihapus

cara menghapus aplikasi di laptop pc

Namun masih ada yang bingung bagaimana cara uninstall aplikasi di komputer, dalam hal ini saya akan menjelaskan cara menghapus aplikasi paling sederhana dari komputer.

Baca juga:   10 Aplikasi Pelacak HP yang Hilang & Dicuri: Terbukti 2022

Dan tentunya caranya tidak ribet, berikut 7 langkah seperti yang saya jelaskan, silahkan simak penjelasannya ya.

1. Panel kontrol

Menghapus instalasi aplikasi Microsoft di komputer Windows secara efektif menyediakan fitur Program dan Fitur.

Bagi anda yang ingin menggunakan fitur ini, anda harus login terlebih dahulu ke control panel, disini saya akan menjelaskan caranya, karena ada berbagai macam cara untuk login ke control panel.

Langkah pertama :

Klik Mulai, lalu cukup pilih Panel Kontrol. Perhatikan bahwa metode ini hanya berlaku untuk Windows 7, Windows 10, dan Windows XP.

Cara kedua:

Ini untuk pengguna windows 8 dan 8.1, caranya gerakkan kursor ke pojok kanan atas hingga muncul kotak pencarian untuk mencari, lalu ketik Control Panel, jika ada hasil pencarian klik saja hasil pencarian tersebut. Siap

Cara ketiga:

Cara yang terakhir adalah cara cepat untuk membuka Control Panel dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard anda, lalu ketik “control panel” atau “control”, lalu tekan enter. Selesai, cara ini berlaku untuk semua versi Windows.

Lihat juga: Cara menghapus registri di Windows.

2. Program dan fungsi

Setelah berhasil login ke control panel maka akan muncul beberapa tampilan, untuk menguninstall aplikasi komputer perhatikan dulu cara berikut ini.

Langkah pertama :

Jika Control Panel menampilkan pilihan sebagai ikon, untuk mengetahui cara melakukannya, lihat tulisan “View” lalu lihat teks di sebelahnya, cara ini berlaku jika tertulis “Ikon besar” atau “Ikon kecil” ” . Jika ya, maka pilihan Anda adalah Program dan Fitur.

Cara kedua:

Jika di Control Panel parameter ditampilkan sebagai kategori, maka untuk mengetahui metodenya, Anda harus memperhatikan kata “View”, lalu lihat teks di sebelahnya, maka metode ini diterapkan jika tertulis “Kategori “. Jika ya, maka pilihan Anda adalah menghapus instalan program.

Baca juga:   10 Cara Memilih Printer Bagus dan Berkualitas: Lengkap

3. Pemilihan aplikasi

Pada langkah selanjutnya akan ada beberapa deretan aplikasi yang terinstall di komputer anda pada fitur Programs and Features, tinggal pilih aplikasi yang ingin anda uninstall sesuai keinginan anda.

Cara memilihnya mudah, yaitu pilih aplikasi yang ingin di-uninstall kemudian klik Uninstall/Change atau bisa juga dengan mengklik dua kali aplikasi yang ingin di-uninstall.

4. Ikuti langkah selanjutnya

Jika Anda memilih “Uninstall” pada langkah sebelumnya, maka langkah selanjutnya adalah melakukan prosedur uninstall saja.

Karena setiap aplikasi memiliki konfigurasi atau aturan penghapusannya sendiri, berikut ini saya akan menjelaskan beberapa konfigurasi yang tersedia di aplikasi komputer.

Konfigurasi pertama:

Ini adalah konfigurasi uninstall paling sederhana dan juga tidak rumit karena Anda tinggal klik next.

Konfigurasi kedua:

Ini adalah konfigurasi yang meminta terlebih dahulu untuk beberapa file default yang tersedia di aplikasi yang didukung, dan kemudian, jika aplikasi telah ditambal dan dihapus dan Anda ingin menginstalnya lagi, Anda dapat memilih file ini sebagai default.

Konfigurasi ketiga:

Konfigurasi terakhir adalah konfigurasi yang menyediakan 2 pilihan, ada pilihan bagi anda yang ingin mengembalikan aplikasi (Ubah/Perbaikan) dan pilihan kedua adalah menghapus program aplikasi sepenuhnya. Jika Anda memang ingin memperbaikinya saja, pilih Change/Repair, tetapi jika Anda ingin menghapusnya, pilih saja Hapus.

5. Hapus file aplikasi sisa.

Saat Anda menghapus instalasi aplikasi komputer, biasanya ada file yang tertinggal atau tidak dihapus bersama aplikasi tersebut. Atau ada juga file bawaan yang sengaja disimpan oleh aplikasi dan tidak bisa dihapus.

Hal ini justru akan mengisi memori komputer Anda karena file tersebut tidak berguna dan memori tersebut tidak dapat digunakan kembali, jadi lebih baik hapus saja file tersebut.

Cara menghilangkannya juga mudah dan tidak sulit, berikut akan saya jelaskan caranya, silahkan simak penjelasannya berikut ini ya.

  1. Yang pertama buka Windows Explorer dan bisa dibuka dengan menekan Windows + E, bisa juga tekan Windows + R untuk menjalankan, lalu pada kolom tipe Explorer tekan Enter.
  2. Langkah selanjutnya adalah memilih partisi C karena C adalah partisi sistem di Windows.
  3. Kemudian pilih folder Program Files atau Program Files (x64).
  4. Jika Anda mencari nama folder aplikasi dengan nama perusahaan, atau nama aplikasi yang baru saja dihapus sebelumnya
  5. Jika ada, maka hapus saja folder tersebut kemudian hapus di Recycle Bin. Jika tidak ada nama folder yang sesuai dengan aplikasi yang sebelumnya dihapus, Anda dapat yakin bahwa folder tersebut telah dihapus bersama dengan aplikasi yang sebelumnya dihapus.
Baca juga:   5+ Paket Internet XL 4G Murah 2022: Cepat & Stabil

6. Penggunaan aplikasi pihak ketiga

Aplikasi pihak ketiga adalah alternatif lain untuk mencopot pemasangan aplikasi yang ada di komputer Anda tanpa menggunakan layanan atau fitur Windows apa pun.

Aplikasi pihak ketiga biasanya menawarkan fitur yang bagus dan juga memungkinkan Anda untuk menghapus aplikasi selama folder yang tersisa biasanya tidak segera dihapus dan kami tidak perlu menghapusnya secara manual.

Tapi sebagai catatan: jangan pernah menggunakan aplikasi bajakan, karena aplikasi bajakan tidak baik digunakan. Di sini saya akan menjelaskan beberapa contoh aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk menghapus aplikasi berikut.

1. Penghapus Instalasi iObit

Aplikasi ini memiliki fitur force uninstall, artinya Anda dapat menghapus paksa aplikasi dari komputer Anda, juga jika Anda telah menginstal Advanced System Care di komputer Anda, aplikasi ini juga akan diinstal secara otomatis di komputer Anda.

2. Penghapus Instalasi Revo

Aplikasi ini memiliki 2 jenis versi, gratis dan berbayar, untuk mendapatkan fitur lengkapnya, jadi tentu saja Anda perlu membeli aplikasi versi berbayar, kecuali fitur aplikasi yang sama seperti sebelumnya, yaitu kemampuan untuk melakukan Paksa Uninstall.

Namun aplikasi ini memiliki kekurangan yaitu tidak semua file sisa otomatis terhapus, jadi jika anda menggunakan aplikasi ini anda harus rajin mengecek sisa file dari aplikasi yang terhapus tersebut.

Saran saya, jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga, periksa juga titik pemulihan sistem, ini digunakan untuk menandai status sistem terakhir di komputer Anda sebelum meng-uninstall aplikasi di komputer.

Jadi, jika sistem komputer mengalami masalah atau masalah sewaktu-waktu, Anda tidak perlu lagi panik karena cara ini bisa dianggap sebagai cara untuk mem-backup aplikasi komputer yang mengalami masalah.

Kesimpulan

Dari cara-cara di atas, mungkin salah satunya bisa membantu Anda meng-uninstall aplikasi laptop yang tidak bisa di-uninstall. Tetapi jika ada virus, Anda memerlukan aplikasi antivirus komputer. Untuk menjaganya lebih baik.

Dengan demikian, Anda bisa meng-uninstall aplikasi di laptop yang tidak bisa di-uninstall.

Mungkin cukup sekian tutorial kali ini sobat, jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan. Silahkan berikan komentar Anda di kolom komentar dan jangan lupa untuk share dan terus kunjungi website favorit Anda.


https://storyforgeproductions.com