Virus adalah malware yang sangat berbahaya, skrip yang menyerang perangkat, baik itu komputer atau smartphone seperti Android. Tindakan virus berbeda tergantung pada jenis virus.

Namun pada dasarnya virus berfungsi untuk merusak perangkat sehingga program dan sistem operasi pada perangkat tidak berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, kita harus selalu waspada dan memahami betapa mudahnya mencegah dan menghilangkan virus agar selanjutnya perangkat dapat bekerja seperti semula.

Cara menghilangkan dan menghilangkan virus di Android sebenarnya sangat mudah untuk dihilangkan dibandingkan dengan menghapus virus atau malware di komputer, baik itu laptop atau komputer biasa.

Karena tidak menutup kemungkinan sebuah file yang telah terkena virus dapat menyebarkan virus lain yang tentunya akan berdampak buruk pada komputer.

Kita harus jeli dalam menangani hal ini, karena tidak baik jika dibiarkan terlalu lama, apa lagi jika tidak ditangani dengan baik.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui cara mengalahkan virus di Android agar dapat menggunakan Android yang kita gunakan dengan nyaman dan aman seperti biasa.

Cara Menghapus Virus di Ponsel Android Menggunakan Aplikasi

Sebelum mengambil langkah lebih lanjut, disarankan untuk membersihkan virus dengan antivirus. Selain itu banyak antivirus untuk Android yang cukup ampuh untuk menghilangkan virus, berikut penjelasannya.

1. Avast

Avast adalah aplikasi antivirus terbaik yang dapat menghapus virus dan cukup populer dan terbukti berfungsi.

aplikasi antivirus android
  1. Langkah pertama adalah menginstal aplikasi avast.
  2. Kemudian buka aplikasi dan tekan tombol mulai
  3. Kemudian akan masuk ke menu scan untuk scan virus, kemudian klik tombol scan.
  4. Tunggu proses hingga selesai, jika ada virus klik atau selesai

2. Perangkat lunak perusak

cara membersihkan android dari virus

Aplikasi ini sangat ampuh untuk dapat menghapus malware android yang dapat menyerang handphone anda. Selain itu, ada juga dua opsi gratis dan berbayar.

  • Langkah pertama buka aplikasi malwarebytes.
  • Lakukan pemindaian dan tunggu prosesnya selesai.
  • Jika muncul hasil ketika ada virus, tinggal klik “Clean”.
Baca juga:   4 Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan: Teman, Pacar

Menggunakan aplikasi di atas sudah cukup, tetapi tidak semua virus dapat dideteksi. Jadi jika masih terjadi, Anda dapat mengambil langkah berikutnya.

Cara Menghapus Virus di Ponsel Android Tanpa Aplikasi

Pada dasarnya tips menghilangkan virus bisa digunakan dengan mudah, kita bisa menyimak tutorialnya di bawah ini agar kita bisa mengatasi serangan virus yang menyerang smartphone kita.

1. Menggunakan Mode Aman Android

Langkah utama yang perlu kita lakukan adalah meng-uninstall program aplikasi jika rusak atau tidak bisa dibuka, atau mungkin ada aplikasi yang ketika dibuka menyebabkan crash atau macet di Android.

Lihat juga: Cara mengaktifkan mode aman.

Hal inilah yang perlu kita periksa dengan cara menguninstall aplikasi yang mungkin terkena virus.

  • Masuk ke Mode Aman.
  • Periksa aplikasi dalam mode aman.
  • Hapus aplikasi yang mencurigakan.
  • Hapus akses administrator aplikasi pihak ketiga.
  • Keluar dari mode aman.

2. Hapus virus dengan antivirus

Nah langkah kedua yang bisa kita lakukan untuk mengalahkan virus yang menginfeksi android kita adalah dengan menghapus virus android yang ada.

Misalnya, Anda dapat menggunakan antivirus yang andal dan sangat andal.

  • Avast Seluler
  • AVG Seluler
  • Malwarebytes

Menggunakan antivirus akan memudahkan Anda untuk menghapus virus atau bahkan melindungi Anda dari malware yang dikenal dengan virus, sehingga smartphone Android Anda akan selalu terlindungi oleh antivirus.

Baca Juga: Aplikasi Antivirus Terbaik.

3. Setel ulang Android

Ini adalah langkah terakhir untuk mengatasi serangan virus ketika virus tersebut sudah sangat berbahaya dan tidak bisa dihilangkan dengan cara menghapus virus baik secara otomatis maupun dengan bantuan antivirus.

1. Buka “Pengaturan” lalu buka “Sistem”.

cara mereset ponsel android

2. Kemudian gulir dan pilih : Opsi reset.

setel ulang perangkat

3. Kemudian pilih factory reset dan tunggu prosesnya sampai selesai.

cara menghapus virus di hp

Oleh karena itu, kita dapat mengatur ulang android ke pengaturan pabrik asli. Hal ini mempengaruhi bahwa data yang tersimpan di memori internal akan terhapus dan hilang saat melakukan reset pengaturan Android.

Baca juga:   10+ Cara Mengatasi Disk Usage 100% Laptop PC

4. Flash HP

cara flash hp android

Ketika ponsel Android rusak parah karena virus, kita dapat mem-flash ponsel Android. Berikut langkah-langkahnya.

Kode Masuk Flash Seluler:

  • HP Samsung: daya + volume atas + rumah. (Berdiri)
  • Ponsel Xiaomi: daya + volume naik (tahan).
  • HP Oppo: volume bawah + daya (bersama-sama)
  • HP Asus: daya + volume naik (bersama-sama)
  • HP VIVO: daya + volume naik

1. Jika berhasil login, setel wipe factory/factory reset.

  • Tombol volume atas (untuk memperbesar)
  • Tombol volume bawah (untuk mengecilkan)
  • Tombol Power atau Home (Pilih/Enter).

2. Jika sudah memilih, Anda bisa klik yes dengan menekan tombol power.

Tunggu hingga proses selesai dengan sukses, jika sudah, klik “Restart now” dan klik “Power”.

Cara menemukan virus di ponsel Android

Kita bisa menganalisa apakah Android yang kita gunakan terinfeksi virus atau tidak dengan mengetahui ciri-ciri smartphone yang terkena virus.

Penyalahgunaan Internet

Tentang akibat dan ciri-ciri virus yang menginfeksi android akan mengakibatkan penggunaan data internet yang berlebihan dan tidak wajar,

Ini adalah ciri khas dari jenis malware yang sengaja dirancang untuk mencuri informasi di ponsel Android. Yang akan mencuri informasi tentang daftar kontak telepon, nomor kartu kredit, password, dan sebagainya.

Setelah pengumpulan data berhasil, malware secara otomatis akan mengirimkan informasi ke pembuat malware melalui akses Internet.

Dan itu akan membuat Anda rugi dengan pencurian informasi dan pengurangan kuota internet.

Sering crash/kesalahan

Selain itu, di Android, Anda akan menemukan masalah yang sering menyebabkan crash dan mengurangi kinerja Android.

Hal ini dikarenakan adanya tindakan yang dilakukan oleh malware tanpa sepengetahuan Anda, serta banyaknya tindakan yang dapat tergolong sangat memberatkan proses saat bekerja dengan Android.

Jadi baterai Android cepat habis meski tidak digunakan untuk hal lain, terkadang orang bertanya-tanya mengapa Android yang digunakan cepat habis padahal tidak digunakan untuk apa pun.

Baca juga:   6 Cara Sederhana untuk Raih Uang 100 Juta Pertama

Ya jangan heran, karena sifat malware yang sangat mengganggu tentunya kita harus menghapus malware tersebut agar tidak menimbulkan akibat fatal lainnya.

Gangguan program

Hal lain yang biasa terlihat pada android yang terkena virus adalah ketika ingin panggilan tiba-tiba terputus, jika putuskan karena sinyal jaringan yang buruk, ini adalah hal yang biasa.

Namun, jika Anda memiliki jaringan yang baik dan pulsa yang cukup pada saat melakukan panggilan, maka Anda perlu mencari tahu alasannya, hal ini biasanya disebabkan oleh malware yang sengaja bertujuan untuk menonaktifkan ponsel dengan sendirinya.

Terkadang masalah tidak hanya pada telepon, beberapa aplikasi juga dapat disabotase dengan mencuri dan menghancurkan program atau aplikasi yang ada.

Jika masih berlanjut dan membuat hp lemot, maka kita perlu mengetahui cara mengatasi hp lemot untuk semua merk hp.

Kesimpulan

Pada dasarnya, virus dapat menyelinap ke dalam aplikasi dan merusak program.

Kita harus menanggapi masalah yang sangat penting ini dengan serius karena virus ini sangat berbahaya dan sangat berbahaya.

Nah, itulah tips dan trik cara mudah menghilangkan virus di android yang bisa saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk mencegah serangan virus di smartphone Android Anda.


https://storyforgeproductions.com