Seiring dengan penggunaan laptop setiap hari, tentunya kesehatan baterai ini akan terus menurun. Jadi tentunya daya tahan baterai juga tidak akan bertahan lama dan akan cepat habis. Ini biasanya disebut sebagai kebocoran atau penurunan baterai.

Nah, kalau sudah mencapai batas, biasanya ada tanda silang merah di indikator baterai. Saya yakin banyak dari Anda yang mengalami masalah serupa, dan beberapa bahkan menampilkan pemberitahuan “Pertimbangkan untuk mengganti baterai”.

Perbaikan Baterai Laptop Palang Merah

Nah, mungkin laptop Anda saat ini sedang mengalami hal tersebut. Dimana tiba-tiba ada tanda silang pada indikator baterai dan menunjukkan notifikasi”pertimbangkan untuk mengganti bateraiArtinya tanda tersebut menyarankan kita untuk segera mengganti komponen baterai laptop.

Namun tentu ada di antara Anda yang tidak ingin mengganti baterai. Entah karena tidak terisi daya, atau karena notifikasi dianggap salah karena baterai masih dalam kondisi baik. Lalu bagaimana cara menghilangkan tanda silang dan notifikasi”pertimbangkan untuk mengganti baterai“.

1. Kalibrasi baterai laptop

Tips pertama adalah mengkalibrasi baterai laptop. Jadi apa yang dimaksud dengan kalibrasi baterai? Ini adalah upaya untuk menormalkan kembali baterai sehingga sistem membaca kapasitas sebenarnya dengan benar.

Jadi yang ditampilkan di status baterai sama dengan status baterai sebenarnya.

Karena seringkali munculnya tanda silang pada ikon baterai disebabkan oleh sistem yang salah membaca status baterai. Mereka menyarankan bahwa komponen tersebut rusak dan perlu diganti.

Meskipun mungkin masih dalam kondisi baik. Sekarang dengan bantuan kalibrasi kita dapat memperbaiki status kesalahan.

Cara melepas baterai laptop silang
  1. Langkah pertama silahkan isi baterai laptop anda sampai terisi penuh.
  2. Setelah itu, hidupkan laptop dan masuk ke safe mode. Caranya tekan dan tahan tombol F8 saat booting hingga muncul opsi dan masuk ke menu. mode aman.
  3. Sekarang setelah Anda masuk ke safe mode, Anda dapat menggunakan atau meninggalkan laptop Anda sampai baterai habis dan akhirnya mati.
  4. Setelah langkah terakhir ini, Anda mencoba mengisi daya lagi dalam keadaan mati hingga daya terisi penuh.
  5. Kemudian coba hidupkan laptop dan lihat apakah tanda X merah pada baterai sudah hilang atau belum.

Baca juga: Cara Memperbaiki Baterai Laptop.

2. Instal Paket Layanan 1.

Cara kedua adalah menginstal Service Pack 1 yang merupakan update dari Microsoft untuk Windows 7. Ini memperbaiki fitur-fitur yang mungkin rusak di sistem operasi Windows 7.

Baca juga:   16+ Cara Mengatasi HP Android Lemot: Semua Merk
Cara melepas baterai laptop silang
  1. Pertama-tama, Anda perlu mengunduh Service Pack 1 dari tautan di bawah ini.
  2. Setelah proses download selesai, tinggal install saja.
  3. Ketika proses instalasi selesai, laptop akan reboot.
  4. Tunggu proses download hingga selesai, lalu klik indikator baterai di taskbar, lalu hapus centang pada opsi “Peringatkan saya jika baterai saya perlu diganti“.
  5. Dengan demikian, tanda silang merah tidak akan muncul lagi di ikon baterai laptop Anda.

3. Ganti ikon baterai

Bagi kalian yang tidak terlalu ingin repot dengan notifikasi”pertimbangkan untuk mengganti baterai“, maka Anda bisa menggunakan cara sederhana ini. Yaitu dengan mengubah ikon baterai di taskbar. Dengan cara ini, sistem tidak akan lagi menampilkan status cross-battery.

  • Disini kita akan menggunakan aplikasi bernama BatteryBar, yang berfungsi untuk menampilkan status icon baterai. Download dulu softwarenya.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung menginstalnya di laptop Anda. Jika sudah, klik kanan bilah tugasMemilih bilah alat di menu dan tekan batang baterai.
Cara melepas baterai laptop silang
  • Jadi ikon perangkat lunak akan muncul di bilah tugas alih-alih ikon sistem.
  • Sekarang hapus saja ikon baterai dari sistem dengan mengklik kanan pada jam dan tanggal, lalu pilih Sesuaikan ikon notifikasi.
Cara melepas baterai laptop silang
  • Setelah itu di KekuatanAnda mengubah pengaturan menjadi Sembunyikan ikon dan pemberitahuan.
Cara melepas baterai laptop silang

Dengan demikian, ikon baterai bawaan yang ditandai dengan tanda silang akan hilang dari bilah tugas.

4. Ganti baterai baru

Nasihat terakhir, dan tentu saja yang paling kuat dari semuanya. Jika Anda benar-benar ingin menghilangkan notifikasi pertimbangkan untuk mengganti bateraicara termudah adalah dengan mengganti sel baterai itu sendiri.

Karena memang pemberitahuan tersebut menyatakan bahwa baterai dalam kondisi tidak baik. Dia biasanya ditandai dengan kekuatan yang cepat habis atau jatuh karena kesehatan dan siklus hidupnya telah berakhir.

Baca juga:   12 Rekomendasi HP Gaming Terbaik Untuk Main Game Anti Macet 2022

Jadi tidak ada cara lain jika ingin performa baterai bagus selain menggantinya dengan komponen baru. Selain hilangnya salib, kita juga akan mendapatkan daya tahan baterai yang lebih lama.

Baca juga: Cara Memperbaiki Laptop yang Terkoneksi Jaringan Tidak Bisa Dicas.

Demikian tutorial dan cara menghilangkan palang merah pada baterai laptop untuk windows 7, 8 atau 10. Semoga tips di atas bisa menjadi solusi khususnya untuk baterai yang mengeluarkan notifikasi, pertimbangkan untuk mengganti baterainya. Jika Anda memiliki saran atau pengalaman sendiri, silakan bagikan tips lainnya di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com