Saat kita membuka Microsoft Excel, sel dengan ukuran tertentu akan muncul di lembar Excel, biasanya lebar kolom sel adalah 8,43 unit dan tingginya 15 unit.

Terkadang ukuran ini tidak sesuai dengan keinginan kita. Bisakah kolom ini diubah ukurannya? Nah, kali ini Teknoinside akan memberikan panduan tentang cara mengubah/menyesuaikan lebar kolom sel dan tinggi baris di Excel.

Lihat juga: Cara membuat pintasan di Excel.

Cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris sel Excel

Ada 3 cara untuk mengubah lebar kolom dan tinggi baris di Microsoft Excel. Selanjutnya, Teknoinside akan menjelaskan tutorialnya satu per satu, silahkan dibaca baik-baik.

Cara pertama adalah dengan menggunakan menu formatting di Excel. Caranya tidak sulit, berikut langkah-langkahnya:

Buka MS Excel Anda.

Pilih kolom dan baris yang ingin Anda ubah ukurannya.

Saat dipilih dari menu Beranda > Sel Grup > Format.

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 1

Akan muncul beberapa pilihan yaitu:

  1. Tinggi baris: digunakan untuk mengatur tinggi baris sel secara manual, sehingga kita dapat menulis sendiri tinggi baris yang kita inginkan.
  2. Ketinggian garis pas otomatis: Digunakan untuk mengatur tinggi baris sel, yang secara otomatis menyesuaikan konten datanya.
  3. Lebar Kolom Pas Otomatis: digunakan untuk mengubah lebar kolom, yang secara otomatis menyesuaikan konten datanya.
  4. Lebar kolom: digunakan untuk mengatur lebar kolom secara manual sehingga kita dapat memasukkan lebar kolom yang diinginkan.
  5. Lebar Default: digunakan untuk mengubah lebar kolom utama semua tabel menjadi ukuran yang kita inginkan.

Di bawah ini adalah penjelasan lebih lanjut dari opsi-opsi tersebut.

Tinggi baris

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 2

Coba klik “Row Height”, ukuran defaultnya adalah 15 unit. Sekarang coba ubah menjadi 25 satuan, maka Anda akan melihat bahwa ketinggiannya akan berubah dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Baca juga:   5+ Cara Update Windows 10 Terbaru 2022: Lengkap

Ketinggian garis pas otomatis

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 3

Silahkan tulis seperti dibawah ini, pilih data pada kolom tersebut, lalu klik Format >> Ketinggian Garis Pas Otomatis sel kemudian akan secara otomatis menyesuaikan data yang ada.

Lebar Kolom Pas Otomatis

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 4

Silakan tulis seperti berikut, lalu pilih data di kolom dan klik Format > Lebar Kolom Paskan Otomatis. Lebar kolom kemudian akan otomatis menyesuaikan agar sesuai dengan data yang ada.

Lebar kolom

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 5

Silakan coba klik Lebar kolom, ukuran 8.43 unit. Coba ubah menjadi ukuran 20 unit, maka Anda akan melihat bahwa lebar kolom telah berubah.

Lebar Default

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 6

Lebar default terakhir, silakan coba klik Lebar Default lalu masukkan nomor lebar yang Anda inginkan / nomor yang Anda panggil.

Lihat juga: Cara menghitung rata-rata di Excel.

2. Gerakkan mouse

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 7

Menurut saya cara yang kedua ini lebih sederhana dari yang pertama, karena kita hanya perlu menggerakkan mouse saja. Namun kekurangannya adalah kurang akurat, jika ingin akurat kita harus men-tweak sesuai.

Caranya adalah dengan mengarahkan mouse ke baris atau kolom hingga membentuk karakter seperti gambar berikut. Setelah itu, yang harus Anda lakukan adalah menggesernya ke ukuran yang tepat.

Sekarang untuk auto-fit, arahkan mouse ke baris atau kolom, lalu klik dua kali/klik kiri 2 kali, maka lebar atau tinggi kolom akan otomatis menyesuaikan data yang ada.

Jika ada banyak data di kolom ini, maka akan ditampilkan tinggi atau lebar maksimum data.

3. Lebar kolom

cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel 8

Disini anda bisa mengatur lebar kolom excel sekaligus, cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk mengatur atau mengubah ukuran kolom dan baris pada ms excel adalah klik kanan.

Jadi kunci data dalam satu baris atau kolom terlebih dahulu dan kemudian klik kanan akan muncul menu beberapa pilihan, silahkan pilih Tinggi garis (untuk tinggi garis) dan pilih Lebar Kolom (untuk lebar kolom). Silahkan isi lebar atau tinggi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:   8+ Cara Screenshot Layar HP Android Vivo Semua

Kesimpulan

Nah, ini adalah panduan singkat yang Teknoinside dapat memandu Anda tentang cara mengubah atau menyesuaikan lebar kolom dan tinggi baris di MS Excel.

Semoga apa yang kami bagikan dapat bermanfaat dan membantu Anda menjadi lebih mahir dalam menggunakan program MS Excel. Jika masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar postingan ini, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com