File PDF memiliki kekurangan yaitu kurang praktis jika Anda perlu membagikan file melalui jejaring sosial. Oleh karena itu, kita perlu mencari cara lain untuk mengubah format file agar lebih praktis digunakan dalam segala hal, termasuk posting media sosial.

Ada alternatif untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan mengkonversi file PDF ke JPG. Sebenarnya ada banyak cara untuk mengkonversi file PDF ke file JPG baik secara offline maupun online.

Anda bahkan dapat mengkonversi pdf ke jpg tanpa menggunakan PC atau laptop, tetapi Anda juga dapat menggunakan smartphone.

Cara Mengonversi PDF ke JPG di Android

Ada beberapa cara untuk mengkonversi file PDF ke JPG yaitu offline atau online. Selain itu, perangkat yang Anda gunakan mungkin termasuk PC atau laptop, serta telepon seluler yang lebih sederhana. Berikut adalah cara mengubah pdf ke jpg di ponsel android.

1. Konverter PDF ke JPG

Nantinya, hasil konversi file PDF ke format JPG menggunakan aplikasi PDF to JPG Converter akan disimpan ke perangkat Anda sebagai file Zip. Mengonversi file PDF berukuran besar ke file JPG dengan aplikasi ini tidak memakan banyak waktu.

Dengan menggunakan konverter PDF ke JPG, Anda juga bisa mendapatkan hasil konversi gambar berkualitas tinggi.

Konverter PDF ke JPG

Bagi Anda yang masih belum mengerti bagaimana cara mengubah PDF ke JPG di ponsel Anda dengan aplikasi PDF converter, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi PDF to JPG Converter terlebih dahulu dari Google Play Store.
  2. Jika aplikasi sudah terinstal, buka dan klik tombol “Terima dan Lanjutkan” untuk memberikan izin aplikasi.
  3. Setelah itu, klik ikon “Tambah” untuk memasukkan file PDF yang ingin Anda konversi ke JPG.
  4. Setelah memilih file yang ingin Anda konversi, klik tombol “Konversikan ke Gambar”.
  5. Beri nama folder baru sebagai lokasi penyimpanan file JPG hasil konversi.
  6. Tunggu hingga proses konversi selesai dan file PDF akan diubah menjadi file JPG siap digunakan.

Baca juga: Cara Mengonversi JPG ke PDF.

2. Pengonversi PDF ke Gambar

Selain itu, Anda bisa mendapatkan dan menggunakan PDF to Image Converter secara gratis. Yang lebih menarik dari aplikasi ini adalah Anda dapat mengatur kualitas gambar hasil konversi, menempel pada kualitas gambar tinggi atau rendah, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:   10 Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis Drop

Selanjutnya, kami akan memandu Anda cara mengonversi PDF ke JPG di ponsel dengan aplikasi PDF to Image Converter:

Konverter PDF ke Gambar
  1. Pertama, Anda perlu mengunduh aplikasi PDF to Image, yang tersedia secara gratis dari Google Play store.
  2. Setelah unduhan aplikasi selesai, buka aplikasi dan pilih ikon “Tambah” di sudut kanan bawah untuk memasukkan file PDF yang ingin Anda konversi ke file JPG.
  3. Tunggu beberapa detik hingga file PDF selesai diunduh.
  4. Anda dapat memilih bagian mana yang ingin Anda konversi ke file berformat JPG dengan mencentang kotak di kolom.
  5. Jika Anda memilih, klik ikon simpan untuk mengekstrak file JPG yang diinginkan.
  6. Tunggu proses konversi selesai dan konversi file PDF ke file JPG di folder yang sama.

Cara Mengonversi PDF ke JPG di Laptop

Pada penjelasan sebelumnya, kita telah melihat bahwa ada dua metode yang dapat digunakan untuk mengkonversi PDF ke JPD, yaitu cara mengubah PDF ke JPG di ponsel dan cara mengubah PDF ke JPG di laptop.

Menggunakan PC atau laptop, Anda dapat mengonversi file PDF ke format JPG secara offline dan online.

Biasanya jika kita memiliki file penting atau data berukuran besar disimpan di laptop, jadi tidak sulit untuk mengkonversi PDF ke JPG di laptop.

Anda dapat menggunakan aplikasi atau layanan online untuk mengonversi PDF ke JPG di laptop, yang dapat digunakan secara gratis. Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi program yang dapat digunakan sebagai media untuk mengkonversi file PDF ke format JPG.

1. PDF ke JPG

Hampir sama dengan aplikasi converter PDF to JPG di mobile yaitu cara convert PDF ke JPG di laptop dengan PDF to JPG juga bisa dengan mudah dilakukan.

Dengan aplikasi PDF ke JPG, Anda tidak hanya dapat mengonversi format PDF ke JPG, Anda juga dapat mengonversinya ke format file PNG, GIF, BMP, dan TIF.

Penggunaannya juga sangat sederhana dan tentunya pengguna baru bisa langsung mengerti cara menggunakan fungsi-fungsi yang disediakan oleh konversi PDF ke JPG di laptop.

Bagi anda yang masih belum paham bagaimana cara convert PDF ke JPG di laptop dengan aplikasi PDF to JPG, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

PDF ke JPG
  1. Pertama, unduh aplikasi PDF ke JPG menggunakan laptop.
  2. Buka aplikasinya, lalu klik menu “Add PDF Files” untuk memilih file PDF yang akan diekstrak.
  3. Kemudian pilih format konversi ke JPG dan klik “Konversi Semua Sekarang!”.
  4. Setelah mengkonversi file PDF ke jpg, akan muncul peringatan, klik Yes disana.
Baca juga:   6+ Cara Cek Nomor Axis lewat SMS, Dial, Aplikasi (Terbaru 2022)

2. PDF ke JPG offline

File PDF yang akan dikonversi ke file JPG menggunakan aplikasi ini tidak akan mengubah format aslinya dan akan terlihat persis seperti dokumen PDF asli.

Tidak hanya program ini dapat digunakan untuk mengkonversi file PDF ke JPG, tetapi aplikasi PDF ke JPG offline ini juga dapat mengkonversi file PDF ke berbagai format lainnya.

Kamera lain yang dimiliki aplikasi PDF ke JPG mandiri juga dapat mendukung berbagai format batch dan pasti sangat mudah digunakan.

Cara convert PDF to JPG di laptop dengan aplikasi standalone PDF to JPG adalah sebagai berikut:

PDF ke JPG Offline
  1. Pertama-tama, unduh aplikasi konverter PDF ke JPG Offline di laptop Anda.
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan pilih menu PDF to JPG.
  3. Pada halaman berikutnya, klik ikon “Tambah” yang terletak di sudut kiri atas.
  4. Kemudian klik tombol “Mulai Konversi Sekarang” di sudut kanan bawah. Tunggu hingga proses konversi selesai.
  5. Kemudian file PDF hasil konversi ke JPG akan otomatis tersimpan di folder perangkat.

Cara Mengonversi PDF ke JPG Online

Menggunakan layanan konversi online sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin khawatir dengan konversi PDF ke JPG dengan menginstal softwarenya terlebih dahulu.

Namun, Anda memerlukan koneksi Internet untuk mengonversi PDF ke JPG secara online menggunakan layanan konversi.

Berkaitan dengan hal tersebut, kami akan memberikan rekomendasi layanan konversi online yang dapat Anda gunakan untuk mengkonversi file PDF ke JPG secara gratis.

1. PDF kecil

Situs smallpdf sebagai layanan konversi PDF online sudah sangat populer dan mungkin banyak dari Anda yang pernah menggunakannya. Situs web layanan bahkan dapat bekerja di semua platform, karena dapat dibuka di browser.

Tidak perlu khawatir jika PDF Anda tersebar dan disalahgunakan. Hal ini tidak akan terjadi karena smallpdf termasuk dalam game konversi online yang aman, karena PDF hasil konversi nantinya akan terhapus di server smallpdf satu jam setelah konversi selesai.

Jadi file dan privasi Anda akan aman. Selain itu, smallpdf juga memberikan hasil konversi yang berkualitas baik.

Cara convert PDF ke JPG dengan konversi online smallpdf adalah sebagai berikut:

Baca juga:   10 Cara Mengatasi Laptop PC Tidak Bisa Shutdown [Work 2022 ]
PDF kecil
  1. Langkah pertama buka browser dan tuliskan alamat smallpdf.com.
  2. Setelah masuk ke halaman awal, pilih menu PDF to JPG untuk mengekstrak gambar dari PDF.
  3. Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan file PDF, yang akan diubah menjadi file JPG dengan mengklik “Pilih File”.
  4. Anda dapat memilih dari dua opsi menu: mengekstrak satu gambar atau mengonversi seluruh halaman. Kali ini Anda dapat mengklik “Konversi Seluruh Halaman” dan kemudian klik “Pilih Opsi”.
  5. Tunggu proses ekstraksi selesai dan Anda dapat mengunduh file JPG yang dihasilkan.

2.iLovePDF

Konversi file PDF ke JPG menggunakan situs layanan konversi online dapat dilakukan dengan iLovePDF. Layanan konversi online ini tidak hanya menyediakan layanan konversi PDF ke JPG, tetapi juga menyediakan fungsi untuk menggabungkan file PDF dalam urutan yang diinginkan.

Pisahkan file PDF menjadi file terpisah, konversi PDF ke Word, PDF ke PowerPoint, PDF ke Excel, kompres file PDF, dan banyak fitur lain yang dapat Anda gunakan.

Ada juga pengaturan untuk mengubah bahasa tampilan yang bisa dipilih. iLovePDF juga memiliki antarmuka pengguna yang ringan.

Jadi sangat mudah bagi pengguna, bukan. Cara convert file PDF ke JPG online dengan layanan konversi iLovePDF adalah sebagai berikut:

iLovePDF
  1. Langkah pertama adalah membuka browser dan masuk ke ilovepdf.com.
  2. Setelah itu, Anda akan dibawa ke layar beranda, yang menyediakan berbagai fungsi untuk mengonversi PDF ke format lain. Di sana Anda memilih menu PDF to JPG.
  3. Pada halaman berikutnya, klik tombol “Pilih File PDF” untuk memilih file PDF yang akan dikonversi ke file JPG.
  4. Jika file PDF dipilih, klik tombol HALAMAN KE JPG. Setelah itu, klik lagi tombol “Convert to JPG” di bagian bawah untuk memulai proses konversi dari file PDF ke file JPG.
  5. Tunggu proses konversi selesai dan jika Anda mengklik tombol “Unduh Gambar JPG” untuk mengunduh file jpg yang dihasilkan. Hasil file JPG yang disimpan dalam format Zip.

Kesimpulan

Berikut ini beberapa cara convert PDF ke JPG yang bisa Anda lakukan dengan mudah di laptop atau ponsel Anda. Tujuan mengonversi file PDF menjadi gambar adalah agar file PDF tidak perlu di-scan ulang.

Dengan menggunakan format file yang ada, dapat dikonversi ke format file yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Cara yang digunakan juga cukup sederhana.


https://storyforgeproductions.com