Hidup lebih nyaman di usia 30-an dengan 8 tips keuangan ini – Hanya sedikit orang yang berpikir bahwa pada usia 20 kita membuat keputusan keuangan, apakah itu menyenangkan atau tidak, yang mempengaruhi masa depan.

Setelah itu, di usia 30-an, kita hanya perlu merawatnya dengan baik agar dia bisa terus bekerja seperti yang diharapkan.

Selain itu, di usia 30-an, banyak orang memutuskan untuk memasuki fase kehidupan baru, seperti menikah dan memulai keluarga sendiri.

Tujuan Anda untuk mencapai tahap kehidupan baru ini tentu saja dapat dengan mudah dicapai dan hidup Anda bisa jauh lebih nyaman jika Anda memiliki fondasi keuangan yang kokoh.

Jadi mulailah memahami 8 tips keuangan berikut ini dan kemudian coba terapkan dalam kehidupan Anda.


Hidup lebih nyaman di usia 30-an dengan 8 tips keuangan ini

Lebih baik sewa atau beli rumah

Pada usia 30 tahun, nasihat keuangan untuk menentukan tempat tinggal harus segera dilakukan. Mana yang lebih baik untuk membeli rumah atau menyewa?

Jawaban atas pertanyaan ini sangat kompleks, dan tidak ada jawaban yang tepat, karena sebenarnya keduanya bisa menjadi solusi yang tepat tergantung situasi dan kondisi ekonomi.

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah

Sebelumnya, Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek, seperti situasi gelembung perumahan (naik atau turunnya harga rumah karena permintaan yang sedikit banyak) dan rencana jangka panjang dari lokasi yang dipilih, apakah Anda akan pindah dari lokasi ini atau tidak?

Jika Anda memutuskan untuk membeli rumah, Anda bukan hanya pemiliknya, tetapi Anda juga harus menyediakan biaya asuransi tambahan, biaya perbaikan, biaya rekonstruksi dan pajak properti.

Ingatlah untuk selalu menyiapkan dana darurat untuk pengeluaran tak terduga seperti jendela pecah atau kerusakan akibat bencana alam.

Jika Anda memutuskan untuk menyewa rumah

Nasihat keuangan bagi Anda yang memutuskan untuk menyewa rumah, pastikan sewa bukan 30% dari penghasilan anda. Ini adalah aturan maksimum mutlak untuk menyewa rumah.

Ketika Anda menyewa murah, Anda sebenarnya dapat memotong biaya daripada membeli akomodasi yang lebih mahal. Namun, Anda tidak akan mendapatkan aset apa pun nantinya, karena rumah yang Anda bayar sewa bulanannya adalah milik orang lain.

Sudahkah Anda menentukan pilihan? Kalau masih bingung bisa lihat bagaimana mempertimbangkan untuk menyewa atau membeli rumah di sini.


Hidup dari gaji ke gaji

nasihat keuangan - gaji hidup ke gaji - kebingungan - dompet

Pernahkah Anda mendapati diri Anda hanya hidup dari gaji ke gaji? Waktu ketika Anda dulu hidup dengan gaji.

Bahkan, tidak jarang Anda kehabisan uang di akhir bulan, sehingga Anda harus meminjam dari teman dan keluarga, mengandalkan kartu kredit, atau mengambil tabungan.

Baca juga:   10 Negara Dengan Utang Terbanyak 2022, Indonesia Termasuk?

Jika Anda merasa familiar dengan kondisi di atas, di usia 30 tahun ini harus segera teratasi.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

  • Jika sejak awal Anda merasa penghasilan Anda kecil, mulailah dengan menganalisa kemana uang Anda digunakan.
  • Bersiaplah untuk mengurangi hal-hal yang tidak penting.
  • Jika Anda telah mencoba mengelola pengeluaran dengan cara ini dan masih belum memiliki cukup uang pada akhir bulan, pertimbangkan untuk beralih ke pekerjaan dengan gaji lebih baik atau mencari pekerjaan sampingan.

Masih punya masalah? Jam tangan Ikuti langkah-langkah untuk menghentikan kebiasaan tinggal di sini untuk membayar.


Punya uang darurat

nasihat keuangan - dana darurat - celengan

Hidup tidak dapat diprediksi dan tidak dapat diprediksi. Terkadang Anda mungkin telah merencanakan bahwa semuanya akan berjalan dengan baik, tetapi ada kemungkinan bahwa hal-hal dapat sangat menyimpang dari apa yang seharusnya.

Terakhir, Anda juga akan membutuhkan sejumlah dana mendadak untuk memperbaiki masalah tersebut.

Jadi, membangun dana darurat sebelumnya adalah nasihat keuangan yang harus Anda lakukan di usia 30-an.

Tentu Anda tidak ingin keperluan mendadak seperti sakit, harus membeli ponsel karena rusak, atau hal lain yang memaksa Anda untuk berutang atau bahkan menggunakan tabungan.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Mulailah menabung untuk dana darurat setiap bulan. Setidaknya kamu harus memiliki dana cadangan 6 bulan biaya hidup. Lihat cara lengkap menyiapkan dana cadangan di sini.


Bayar hutangnya

nasihat keuangan - hutang - bingung

Terlilit hutang sekarang sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi dengan kemudahan akses pinjaman konsumtif seperti kartu kredit dan pinjaman konsumer online dengan fitur bayar nanti.

Padahal, apapun utang yang dimiliki instrumen tersebut, seperti yang sudah disebutkan di atas, jika dihitung-hitung memiliki persentase yang lumayan lho. Tak heran, di setiap akhir bulan, uang kerap langsung habis akibat tagihan kartu kredit.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

mencoba melunasi hutang Bola salju hutang dipopulerkan oleh perencana keuangan Amerika Dave Ramsey.

Bola salju hutang itu adalah metode pengurangan hutang di mana Anda mulai melunasi jumlah hutang terkecil di atas denominasi minimum hingga Anda akhirnya mendapatkan pembayaran tertinggi atas hutang dengan denominasi minimum.

Menurut penelitian dari ulasan Bisnis HarvardCara ini cukup ampuh lho untuk membebaskan Anda dari jeratan utang dan cicilan. Ayo, mari kita mulai,Nah terapkan metode debt snowball dalam pembahasan ini.


Punya penghasilan tambahan

konsultasi keuangan - freelancer - desain - freelance

Jika Anda serius ingin membuka rekening tabungan aktif dan terbebas dari utang, pertimbangkan untuk memiliki lebih dari satu sumber pendapatan.

Baca juga:   Kepoin, Yuk! Harga BBM Hari Ini 23 Juni 2022 Pertamina & Shell

Tenang saja dengan popularitas ekonomi pertunjukan (tren bisnis di mana perusahaan lebih suka mempekerjakan pekerja lepas daripada anggota staff atau karyawan penuh waktu), tentu saja, Anda memiliki banyak pilihan untuk ini.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Mulailah dengan menawarkan layanan Anda kepada semua orang yang Anda kenal. Setelah itu, lakukan beberapa analisis dan pilih satu atau dua hal yang dapat Anda fokuskan yang benar-benar membuahkan hasil.

Lakukan yang terbaik untuk menjadi lebih baik di industri ini sehingga Anda dapat menawarkan harga yang lebih tinggi untuk kemampuan Anda.


Masak makanan sendiri atau beli

nasihat keuangan - koki

Tidak diragukan lagi, makanan adalah pengeluaran wajib yang tidak bisa dihindari. Semua orang membutuhkannya untuk bertahan hidup.

Memang, banyak tips keuangan merekomendasikan untuk memasak makanan Anda sendiri, tetapi di satu sisi, membeli bahan makanan juga dapat membuatnya lebih hemat biaya.

Jika Anda memiliki ini, Anda dapat melakukan analisis biaya untuk menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

Misalnya, jika tarif per jam Anda lebih dari jumlah uang yang Anda keluarkan untuk memasak, maka bekerja dan membeli makanan akan lebih menguntungkan secara ekonomi.

Katakanlah pekerjaan paruh waktu Anda menghasilkan Rp 1 juta per jam dan memasak membutuhkan waktu 2 jam, maka akan lebih masuk akal untuk menggunakan waktu itu untuk bekerja daripada memasak.

Namun, bagi sebagian besar dari Anda, mungkin lebih baik memasak makanan sendiri.

Dari sudut pandang ekonomi, kebanyakan dari kita tidak mampu membeli makanan sehat yang dimasak sebelumnya secara eksklusif.

Tak hanya itu, makanan murah yang dimasak biasanya memiliki faktor kesehatan yang meragukan.

Terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes tipe II. Selain itu, daging olahan juga berpotensi mendekatkan Anda dengan penyakit kardiovaskular.

Tentu saja, ketika hal-hal seperti di atas diketahui, biaya yang dikeluarkan jauh lebih tinggi.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Belajar memasak ekonomis strategis atau cara memasak ekonomis. Cara ini biasanya mudah diikuti dan bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi di era digital ini, Anda bisa menemukan jalan di mana saja.

Untuk menghemat waktu, masaklah dalam porsi besar, jika Anda bisa memasak 10 kali dalam 2 jam, lakukanlah.

Simpan sisanya di lemari es untuk dicerna selama minggu depan.

Pastikan makanan yang Anda siapkan dapat disimpan di lemari es minimal selama 1 minggu.


Memilih pasangan hidup

nasihat keuangan - pasangan - obrolan

Kamu tahu? Pasangan hidup Anda benar-benar dapat membimbing Anda dalam keputusan keuangan Anda.

Keuangan menjadi hal yang sangat sering menyebabkan pasangan bertengkar, bahkan menurut penelitian Kementerian Agama (2014) sebanyak 24% perceraian disebabkan oleh masalah ekonomi.

Baca juga:   Saham & Kripto Anjlok, Pilih Alternatif Investasi Apa?

Memang, ini bukan sesuatu yang harus Anda abaikan karena dapat memengaruhi tingkat stabilitas keuangan Anda untuk memulai sebuah keluarga, membeli rumah, dan membuat keputusan lain yang akan mengubah hidup Anda.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Jika Anda memiliki pasangan dan ingin membawa hal-hal ke tingkat berikutnya, bicarakan secara terbuka dan jujur ‚Äč‚Äčtentang keuangan bersama. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan.

  1. Bagaimana mereka mengelola keuangan?
  2. Apakah pola pengeluaran Anda sinkron dengan pola pengeluaran pasangan Anda?
  3. Apakah pasangan Anda memiliki kebiasaan belanja yang tidak terkendali yang tidak dapat membantunya?
  4. Bagaimana kesehatan pasangan Anda? Apakah Anda perlu memiliki rencana perawatan kesehatan di masa depan. Jika ya, kapan Anda mulai?

Pembayaran Pajak

nasihat keuangan - pajak - bayar

Setiap masyarakat harus membayar pajak. Penggelapan pajak bukan hanya pelanggaran serius, tetapi juga salah secara moral.

Pajak yang Anda bayar terkait erat dengan pembangunan jangka panjang negara.

Anda mungkin mengalami beberapa sikap apatis pajak, terutama dengan pemahaman yang buruk tentang sistem pajak.

Tetapi cobalah untuk mempelajarinya lebih detail jika kehidupan yang Anda jalani hari ini akan mendapat manfaat besar dari kontribusi generasi sebelumnya.

Tidak akan ada jalan, jalan layang atau fasilitas lain yang memudahkan aktivitas Anda jika tidak ada potongan dari dana pajak.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan?

Bayar pajak Anda tepat waktu. Hasilnya mungkin tidak langsung terlihat, tetapi ini mungkin salah satu kontribusi Anda untuk menjadikan negara ini tempat yang lebih baik bagi generasi mendatang.


Ini dia nasehat keuangan untuk kamu yang sekarang di usia 30-an, kamu bisa mulai menerapkannya satu persatu, kemungkinan di usia kepalamu nanti kamu akan bebas finansial atau pensiun dini.

Jangan lupa untuk berinvestasi juga, karena tabungan saja tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan masa depan yang beresiko inflasi.

Pendanaan di CoinWorks, Aplikasi keuangan super mungkin investasi alternatif melakukan.

Melalui CoinWorkskamu bisa top up KoinP2P atau CoinRobomulai dari Rp100.000 dan dapatkan hasil efektif 18% per tahun.

CoinWorks dengan sendirinya adalah Platform yang memungkinkan Anda untuk membiayai dan meminjam dana pada saat yang sama dalam satu aplikasi.

Semua berarti yang Anda buat aman karena KoinWorks dilisensikan dan dikendalikan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)..

Kami menunggu dana Anda di CoinWorks, Ya. Semoga berhasil dan semoga berhasil!


Artikel lainnya:


https://storyforgeproductions.com