Aplikasi Monitor Sistem Jaringan atau Network Monitoring System adalah sebuah alat atau perangkat yang dapat digunakan untuk memantau/memantau jaringan komputer pada setiap elemennya. Sistem pemantauan jaringan / NSM ini menjalankan fungsi utamanya sebagai alat untuk membantu kami memantau kualitas jaringan kami, serta alat untuk analisis dasar ketika ada gangguan pada sistem jaringan tertentu.

Nah kali ini Teknoinside ingin memberikan artikel tentang aplikasi monitoring jaringan NetMonk. NetMonk adalah salah satu aplikasi pemantauan jaringan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memantau status sistem jaringan Anda kapan saja. Berikut adalah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang NetMonk, aplikasi pemantauan sistem jaringan.

Apa itu NetMonk? Definisi NetMonk

NetMonk adalah aplikasi monitoring jaringan atau biasa disebut network monitoring yang dibuat oleh anak muda Indonesia. Pemantauan jaringan kami menggunakan analitik untuk membantu manajer dan tim operasi TI mengelola dan mengaudit jaringan, serta membantu membuat keputusan investasi infrastruktur jaringan yang lebih baik.

Manfaat Aplikasi Pemantauan Jaringan NetMonk

Mengapa NetMonk bisa menjadi salah satu aplikasi monitoring sistem jaringan terbaik tentunya karena NetMonk memiliki banyak fitur yang dapat membantu kita memonitor sistem jaringan yang kita kelola, yang tidak dimiliki oleh aplikasi monitoring jaringan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa fitur hebat dari aplikasi pemantauan jaringan NetMonk:

Notifikasi waktu nyata.

Aplikasi NetMonk memiliki fitur yang bagus yaitu kita bisa mendapatkan notifikasi secara real time atau langsung berdasarkan waktu yang terjadi pada sistem jaringan yang kita kelola, hal ini akan sangat membantu kita ketika terjadi masalah pada sistem jaringan yang kita kelola . , kita bisa langsung menganalisa masalah dan mencari solusi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Pengingat Alarm

Ketika Anda menggunakan NetMonk sebagai aplikasi untuk memantau sistem jaringan Anda, Anda dapat menerima alarm waktu yang dapat dikirim ke grup telegram atau siapa pun ketika ada masalah dengan sistem jaringan yang Anda kelola sehingga kami tidak perlu terus-menerus memantau sistem, jaringan yang dikelola sepanjang waktu. Dengan demikian, orang yang mengelola jaringan dapat selalu menjaga keadaan jaringan tanpa harus terus menerus melihat ke monitor.

Panel operasional

Aplikasi pemantauan sistem jaringan NetMonk juga menyediakan dasbor yang dapat digunakan oleh tim operasi jaringan untuk lebih mudah memantau perangkat pada sistem jaringan. Dengan panel kontrol operasi, orang yang mengelola bagian operasi jaringan dapat melihat dan memperhatikan perangkat jaringan, seperti status hidup/mati perangkat, penggunaan sumber data perangkat tertentu (penggunaan RAM/CPU/penyimpanan), persentase penggunaan jaringan yang terlalu tinggi, dan sebagainya.

laporan PDF

Ini adalah fitur yang sangat berguna yang memudahkan kita untuk melihat sistem jaringan selama periode tertentu. Di NetMonk, ini memberikan kemampuan untuk mencetak laporan ringkasan sebagai dokumen PDF. Laporan ini mungkin berisi ringkasan penggunaan jaringan pada sistem yang kami kelola selama periode waktu tertentu.

Dengan cara ini, kita dapat lebih mudah melihat status jaringan untuk waktu tertentu, tanpa harus melihatnya secara manual satu per satu dari waktu ke waktu, kita cukup mengunduhnya sebagai dokumen PDF untuk ringkasan laporan.

Bagan data untuk tahun sebelumnya

Kemudian aplikasi pemantauan sistem jaringan NetMonk juga menyediakan grafik data yang dapat menunjukkan riwayat data tertentu selama beberapa tahun terakhir, yang dapat diatur oleh pengguna untuk rentang waktu, tetapi secara default, grafik data historis adalah untuk yang terakhir. 2 tahun sejak itu.

Analitik prediktif

Menggunakan riwayat data jaringan yang ada, NetMonk juga dapat digunakan untuk memprediksi penggunaan jaringan di masa mendatang. Sehingga kita dapat dengan mudah meramalkan jika suatu saat akan terjadi masalah pada sistem jaringan.

Panel manajemen

Sistem Aplikasi Network Monitoring NetMonk menyediakan dashboard yang dapat berguna bagi IT manager dan juga dapat ditampilkan di ruangan NOC/Network Operation Center dengan menggunakan format yang telah dirangkum dan digeneralisasikan untuk keperluan sehingga dapat mengetahui kondisi terkini di sistem jaringan dikendalikan / dikendalikan.

Tren lalu lintas menggunakan tautan

NetMonk juga menyediakan lalu lintas sehubungan dengan tren penggunaan tautan tertentu, kami akan diberikan data lalu lintas dari jaringan yang dikumpulkan secara teratur dan dianalisis secara otomatis oleh aplikasi NetMonk untuk mengetahui tren penggunaan tautan, serta untuk mengetahui berapa lama penggunaan suatu link akan mencapai batas tertentu.

Protokol SNMPv3 yang didukung

Untuk mengutamakan aspek keamanan, NetMonk Network Monitor juga mendukung SNMPv3 sebagai protokol pemantauan dengan enkripsi dan autentikasi sehingga NetMonk dapat mematuhi peraturan perusahaan tertentu sekaligus meningkatkan aspek keamanan.

Template SNMP sudah disiapkan

Salah satu fitur unggulan NetMonk adalah penyediaan template SNMP, yang berguna untuk mengidentifikasi objek/OID tertentu untuk mendapatkan data tentang perangkat di jaringan yang dipantau. NetMonk menyediakan ini secara default, sehingga tim IT yang bekerja di manajemen jaringan tidak perlu mencari template khusus di setiap perangkat yang ada.

Manfaat Manajemen Jaringan dengan NetMonk

Dengan menggunakan aplikasi monitoring sistem jaringan NetMonk, kita bisa menikmati berbagai keuntungan, salah satunya adalah proses manajemen jaringan. Berikut adalah beberapa manfaat manajemen jaringan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan perangkat lunak sistem pemantauan jaringan NetMonk:

  1. Dapat meningkatkan kinerja operasi pada perangkat jaringan di sistem yang sudah ada dengan menggunakan notifikasi aktif beserta laporan ringkasan status jaringan di sistem yang sudah ada.
  2. Dapat memaksimalkan operasional IT di perusahaan dengan budget terbatas untuk mengatasi masalah jaringan yang ada.
  3. Aplikasi NetMonk dapat memberikan data tentang perangkat jaringan yang ada untuk membantu perusahaan membuat keputusan investasi infrastruktur dalam perusahaan.
  4. Memastikan efisiensi yang lebih besar dalam penggunaan anggaran TI perusahaan, karena NetMonk tidak memerlukan banyak sumber daya dalam penggunaan dan pengoperasiannya.
  5. Terakhir, aplikasi NetMonk ini dapat didaftarkan untuk beberapa vendor, sehingga kita dapat menggunakan alat pemantauan jaringan secara lebih efektif dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Manfaat Operasional Jaringan Menggunakan NetMonk

Selain manfaat manajemen, menggunakan NetMonk untuk memantau sistem jaringan juga dapat memberikan manfaat operasional pada sistem jaringan. Nah, di bawah ini adalah beberapa manfaat jaringan yang bisa kita dapatkan jika kita menggunakan perangkat lunak sistem pemantauan jaringan NetMonk:

  1. Dapat memberikan keuntungan yaitu mempercepat dan mempermudah tim IT untuk mendapatkan informasi real-time yang kritis mengenai kondisi pada sistem jaringan yang mereka kelola.
  2. Membantu IT Operations dalam melakukan audit/penilaian/assessment terhadap sistem jaringan dan perangkat dalam sistem jaringan yang dikelola.
  3. Dengan adanya aplikasi NetMonk juga dapat membantu tim IT yang bertugas dalam operasional jaringan memaksimalkan kinerja jaringan sekaligus memonitor sistem tanpa harus melihat layar monitor selama 24 jam penuh.

Alasan menggunakan aplikasi pemantauan jaringan

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di awal artikel, aplikasi monitoring sistem jaringan adalah aplikasi yang membantu kita memonitor sistem jaringan tertentu serta memonitor perangkat-perangkat yang ada di jaringan tersebut. Ini akan sangat membantu bagi kita yang mengelola sistem jaringan, terutama sistem jaringan besar.

Kita tidak bisa secara terus menerus memantau setiap perangkat jaringan dalam sistem satu per satu, akan lebih baik jika kita menggunakan aplikasi pemantauan sistem jaringan NetMonk untuk memudahkan pengelolaan pelaksanaan pemeliharaan jaringan.

Selain itu, dengan menggunakan sistem monitoring jaringan ini dapat membantu kita memantau sistem jaringan yang dikelola dari mana saja, terutama dengan bantuan fungsi notifikasi dan alarm real-time yang akan mengirimkan pesan ke akun/grup telegram kita yang telah ditentukan. Jadi dengan aplikasi sistem monitoring jaringan NetMonk ini akan sangat memudahkan kita.

Cara Mendapatkan Aplikasi NetMonk Network Monitoring

Aplikasi network monitoring terbaik ini bisa Anda dapatkan melalui website resmi NetMonk di https://netmonk.id/. Berbagai penjelasan lengkap mengenai apa itu NetMonk, manfaat NetMonk, dan informasi lengkap lainnya yang Anda butuhkan juga tersedia di situs resmi NetMonk.

Anda juga dapat menghubungi support NetMonk yang selalu siap membantu Anda kapan saja melalui telepon atau whatsapp yang sudah ada di bagian Kontak untuk bertanya seputar aplikasi monitoring sistem jaringan NetMonk terbaik.

NetMonk juga menyediakan blog yang berisi berbagai informasi pemantauan sistem jaringan, yang dapat Anda baca di bagian Blog NetMonk, atau Anda juga dapat mengklik Blog NetMonk untuk mengunjungi dan membaca artikel di Blog NetMonk. Software monitoring jaringan NetMonk juga telah digunakan oleh berbagai klien besar seperti Telkom Indonesia, True Money, Atron dan perusahaan besar lainnya. Silakan klik di sini untuk mengunjungi situs web resmi NetMonk.

Nah, berikut cara artikel dari Teknoinside mengenai pembahasan aplikasi sistem monitoring jaringan NetMonk dalam artikel berjudul NetMonk: aplikasi monitoring jaringan terbaik, software untuk memonitor jaringan ini. Semoga bermanfaat dan bermanfaat untuk membantu sobat semua yang sedang mencari software monitoring sistem jaringan terbaik.

Mohon maaf jika ada salah kata/kalimat dalam artikel ini, jika ada yang ingin ditanyakan bisa dituliskan pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini. Terima kasih sudah berkunjung ke Teknoinside, jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Teknoinside dan blog NetMonk.


https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   15 Merk HP Terbaik dan Terlaris di Indonesia 2022