Kemajuan teknologi sangat kita rasakan terutama di ranah digital. Banyak sekali teknologi yang bermunculan, sehingga kita harus bisa beradaptasi dengan keberadaan teknologi tersebut. Memungkinkan Anda untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan Anda sendiri dalam penggunaannya.

Bukti kemajuan tersebut adalah munculnya smartphone dan PC/laptop modern yang kini menawarkan fitur-fitur menarik. Satu komputer atau laptop biasanya dapat menampung banyak data yang tersimpan di hard drive.

Nah, agar bisa menyimpan banyak data, alangkah baiknya jika kita perlu mengompres file-file yang ada.

Kita bisa menggunakan aplikasi winrar, Winrar adalah aplikasi kompresi file untuk memperkecil ukuran file dan hasil kompresi dari aplikasi ini adalah .rar dan ada juga pilihan lain yaitu .zip, .bin dan lain-lain.

Baca juga: Cara membongkar file RAR ZIP di Android.

File terkompresi juga biasanya file penting dan bisa dirahasiakan, selain lebih kecil dan lebih bersih. Winrar juga dapat memproteksi dan memproteksi file dengan dapat menambahkan password/password sesuai yang anda inginkan.

Cara memasukkan kata sandi pada file RAR ZIP di laptop

Saya rasa penjelasan diatas sudah cukup jelas, jadi anda tinggal mempraktekan panduan setting password laptop winrar seperti gambar dibawah ini.

Unduh aplikasi Winrar

Untuk dapat memasang password pada file rar, zip di laptop atau komputer, Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi winrar. Berikut ini tautan unduhannya.

Mengompresi folder dan file

Jika Anda tidak memiliki file rar baru sebagai file atau folder, Anda dapat membuat file rar atau zip terlebih dahulu.

Pilih dokumen yang ingin Anda kompres, di sini saya akan mengompres folder bernama “Blog”., setelah itu, klik kanan/klik kanan dan klik “Tambahkan ke arsip”.

kata sandi dokumen winrar 1

Mengatur format dan kata sandi

Jika Anda dapat memilih format arsip, maka itu bisa rar atau zip.

Baca juga:   Alasan untuk mengkonversi file PDF ke Word dan format lain dengan DupliChecker

Kemudian pilih formatnya .rar lalu tekan Mengatur kata sandi.

kata sandi dokumen winrar 2

Memasukkan kata sandi baru

Jika sudah maka masukkan password sesuai dengan yang anda inginkan, jika sudah selesai centang kotak yang ada di teks tersebut. Enkripsi nama file lalu klik OK.

Kata sandi dokumen WinRAR 3

Jika password sudah di set, password berwarna biru ini menandakan bahwa proteksi berhasil, tinggal klik OK dan tunggu prosesnya sampai selesai.

kata sandi dokumen winrar 4

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya, Anda dapat mengunci file zip atau rar yang dibuat dengan aplikasi Winrar. Dengan file password, tidak semua orang bisa mengekstrak file tersebut karena harus menggunakan password.

Demikian cara memproteksi password file winrar zip rar, semoga bermanfaat. Jika dokumen Anda benar-benar terlindungi, saya yakin privasi Anda akan tetap aman. Jika ada hal lain yang kurang dipahami/ingin ditanyakan, silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah ada.


https://storyforgeproductions.com