PDF atau Protable Document Format adalah format yang dibuat oleh Adobe Systems, PDF dibuat untuk kebutuhan format digital yang lebih mudah untuk dikirim.

PDF digunakan dalam presentasi 2D yang hanya menampilkan teks dan gambar.

Dan sekarang banyak digunakan untuk format wajib, seperti di e-book. Karena pdf dianggap lebih efisien dan portable untuk digunakan di perangkat yang berbeda.

Nah, untuk bisa membuka file PDF, Anda memerlukan nama aplikasi pendukungnya. Aplikasi harus diinstal pada PC Anda untuk dapat membuka dan membaca file pdf.

Lihat juga: Aplikasi Android untuk membaca file PDF.

Aplikasi Pembaca PDF PC Laptop

aplikasi gratis untuk membuka file pdf

Kami juga akan menjelaskan cara membuka file tersebut, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membuka PDF di laptop Anda jika Anda mengikuti tips kami.

1.Google Chrome

kromium

Manfaat Google Chrome tidak akan ada habisnya.

Selain sebagai browser pada umumnya, ada fitur lain yang Google sediakan yaitu kemampuan untuk membuka PDF (termasuk beberapa dokumen lainnya).

Selain itu, kita dapat menggunakan Google Chrome untuk membuka video sambil memutar video dari berbagai format file video.

Cara membuka file PDF di laptop melalui Google Chrome sangat sederhana, Anda hanya perlu drag and drop file PDF ke Google Chrome.

Atau cukup klik kanan pada file PDF dan pilih “Open With” > “Google Chrome”.

Simple banget kan sobat tentunya bisa dengan mudah dan praktis, apalagi Google Chrome adalah browser yang wajib dimiliki karena kelebihannya dibanding browser lainnya.

2.Adobe Pembaca

Pembaca Adobe

Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari pembuat file pdf yaitu Adobe Reader.

Software ini juga merupakan software pembuka file PDF yang paling banyak digunakan pada umumnya, juga dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file PDF langsung di pc anda.

Baca juga:   7 Cara Mengatasi Your Connection is Not Private di Laptop & Android

Bagaimana cara membuka file pdf? Caranya sama seperti membuka di google chrome yaitu sobat install terlebih dahulu aplikasinya, kemudian jika sudah terinstall sobat bisa langsung membukanya.

Klik kanan file PDF > lalu klik Buka Dengan > Adobe Reader. File PDF tersebut kemudian terbuka langsung di PC Windows atau laptop sobat.

3. LibreOffice

kantor gratis

Selain pilihan di atas, aplikasi Libreoffice ini juga bisa menjadi pilihan lainnya.

Karena software ini tidak hanya mendukung file PDF, tetapi juga file lain seperti ePub, XPS, MOBI, CHM, DjVu, CBR dan CBZ.

Dengan LibreOffice Anda juga dapat mengedit file, alangkah baiknya menggunakan alternatif seperti Libre Office daripada pembajakan.

4. Pembaca Foxit

Pembaca Foxit

Ya, yang keempat adalah Foxit Reader, hampir sama dengan Adobe Reader. Namun banyak yang tidak tahu karena Adobe Reader lebih dikenal dengan aplikasi pembaca PDF.

Jadi maksudnya sama gan, tinggal pakai adobe reader dengan cara klik kanan file > open with foxit reader. Kemudian file PDF akan terbaca dan muncul di aplikasi foxit reader.

5. Pembaca Nitro

pembaca nitro

Nitro Reader adalah aplikasi pembaca PDF yang dapat Anda gunakan secara gratis. Apa yang membuat aplikasi ini berbeda dari aplikasi lain adalah mode layar sentuh untuk perangkat tablet.

Berbeda dengan Foxit reader, Nitro ini tidak memiliki fitur fill and sign. Namun dengan nitro ini, Anda dapat mengonversi file PDF ke dokumen lain atau sebaliknya.

Lihat juga: Cara menggabungkan file PDF.

6. Pembaca PDF Pakar

ahli membaca pdf

Expert PDF Reader merupakan aplikasi pembaca PDF yang sangat ringan namun cukup lengkap fiturnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengisi dan menandatangani dokumen.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melampirkan dokumen tambahan pada file PDF. Namun sayangnya aplikasi ini tidak dapat digunakan untuk mengonversi file seperti Nitro Reader.

Baca juga:   4+ Cara Membeli Diamond Mobile Legends: Murah 2022

7. Sumatera PDF

pembaca pdf sumatera

Sumatra PDF adalah aplikasi pembaca PDF yang ukurannya kecil, hanya sekitar 5MB. Aplikasi ini dapat Anda unduh secara gratis dan digunakan di hampir semua versi Windows.

Sumatra PDF dilisensikan di bawah GPLv3 dan mendukung banyak format file seperti EPUB, FB2, MOBI, DjVU, XPS dan tentu saja PDF. Aplikasi ini akan memberikan pengalaman membaca ebook yang luar biasa.

8. Pembaca PDF Javelin

lembing pembaca pdf

Javelin PDF Reader adalah pembaca PDF yang sangat sederhana dengan ukuran sangat kecil yaitu 2MB. Itu sebabnya aplikasi ini tidak memiliki banyak fitur seperti pembaca PDF lainnya.

Tetapi aplikasi ini menawarkan antarmuka pengguna yang sangat bersih dan membuat pembacaan PDF menjadi lebih baik. Anda dapat menggunakan Javelin PDF Reader untuk melihat file PDF yang dilindungi DRM.

9. PDF Tipis

pembaca pdf tipis

Slim PDF adalah aplikasi pembaca PDF yang ramping, seperti namanya, aplikasi ini hanya berukuran 1,43MB.

Selain kecepatan saat membuka dokumen, aplikasi ini juga dilengkapi dengan banyak fitur.

Namun sayangnya tidak ada fitur seperti mengisi, menandatangani, mengomentari atau membaca. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengonversi dokumen menjadi file PDF.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak alternatif lain sob, tapi ini yang paling banyak digunakan dan paling mudah digunakan. Nah pembahasan kali ini tentang Aplikasi untuk membuka file PDF di laptop, mungkin bisa membantu.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau dikomentari, silahkan tinggalkan komentar dan pertanyaan anda pada kolom komentar dibawah, selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat dan bermanfaat.


https://storyforgeproductions.com