Banyak orang sekarang sudah bisa memiliki blog, biasanya ada dua platform blogging yang sering digunakan yaitu wordpress dan blogger. Kedua platform blogging memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, kita perlu tahu WordPress dari segi fitur mana yang jauh lebih baik. Pada dasarnya WordPress dengan bahasa php dan kebebasan kita untuk mengelola website/blog kita sendiri.

teknoinside juga menggunakan wordpress sebagai media karena kami telah melakukan berbagai penelitian dan wordpress adalah salah satu yang dapat memenuhi kebutuhan kami dan menurut kami fiturnya jauh lebih lengkap. Tidak seperti blogger yang memiliki sedikit fitur dan pengaturan, WordPress dapat diinstal dengan beberapa plugin yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu wordpress, wordpress adalah sebuah sistem manajemen konten atau biasa disebut dengan CMS, script cms wordpress bisa anda dapatkan langsung dari wordpress.org. Di sini Anda dapat langsung mengunduh CMS WordPress dan menanamkannya di mitra hosting mandiri Anda. Jadi sangat mudah untuk menginstal dan membuat blog dengan WordPress karena kami benar-benar menggunakannya dan kami pikir manfaatnya jauh lebih besar daripada Blogger.

Perlu diingat bahwa wordpress.com dan wordpress.org (self hosting). Keduanya berbeda, jadi yang akan kita bahas adalah self-hosted.

Alasan memilih WordPress dan pindah dari Blogger

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memilih WordPress daripada Blogger, serta alasan untuk pindah ke WordPress dengan banyak fiturnya.

1. Baik untuk SEO (Halaman Pertama)

Seringkali bahkan situs web dan blog yang dominan menggunakan WordPress lebih baik karena ada banyak plugin yang membantu untuk SEO off-page. Karena kita bisa menggunakan beberapa plugin seperti yoast seo, plugin ini adalah plugin yang biasa digunakan untuk mengelola website kita, memudahkan mesin pencari untuk mengenalinya, dan memberikan lebih banyak kesempatan untuk menjadi halaman pertama.

Baca juga:   8 Cara Download Game di Laptop PC: Windows 7,8,10

Plugin tersebut memiliki pedoman dan syarat yang harus Anda penuhi jika ingin peringkat nomor satu di pencarian Google, hal ini tentu saja bukan milik blogger. Jadi, apakah Anda baru atau baru mengenal SEO, Yoast SEO sangat berguna dan hanya tersedia di WordPress. Meskipun pembaruan algoritma Google juga tersedia, sekali lagi WordPress memiliki manfaat ini. Jadi jangan ragu untuk memilih wordpress.

2. Atur situs web/blog Anda secara gratis

Tidak seperti wordpress.com atau blogspot.com, wordpress yang dihosting sendiri memerlukan domain dan hosting karena keterbatasan fitur gratis, dan wordpress itu sendiri gratis. Tetapi kita tahu bahwa kita memerlukan domain dan hosting untuk menginstalnya, karena dengan cara ini kita dapat dengan mudah meng-host situs kita dan datanya.

Selain itu, kami dapat mengganggu pengoperasian situs web kami, seperti memodifikasi skrip, menambahkan file, dan sebagainya. Berbeda dengan fitur blogger gratis. Ini membutuhkan hosting yang bagus, saya merekomendasikan hosting dari Hostinger.

3. Dukungan untuk banyak plugin dan alat

Kita tahu bahwa WordPress adalah CMS terbaik, dan bukan tanpa alasan dukungan WordPress tidak tanggung-tanggung, ada banyak plugin yang bisa kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna kita. Dari berbayar hingga gratis, Anda dapat menginstal di wordpress kami. Dengan WordPress, Anda juga dapat mengubah WordPress (awalnya blog) menjadi situs web e-niaga, situs web sekolah, dan banyak lagi.

Hanya membutuhkan setup yang sederhana, apa yang kita butuhkan dapat segera dilakukan tanpa harus mempekerjakan orang lain untuk mengelola atau menambahkan fitur pada website atau blog Anda.

4. Terlihat lebih profesional

Alasan saya mengatakan ini adalah karena WordPress self hosting gratis dari shared dan subdomain gratis. Karena pada awalnya kita membutuhkan domain sendiri, maka sekarang bukan saatnya menggunakan domain blogspot atau wordpress jika ingin terlihat lebih profesional. Misalnya memiliki website atau portfolio perusahaan juga bisa berupa blog, jadi kurang meyakinkan jika masih menggunakan blogspot.

Baca juga:   Melambung Tinggi, Ini Alasan Harga Tiket Pesawat Makin Mahal!

Apalagi banyak kasus scam di Indonesia yang menggunakan blogspot sebagai sarana utamanya, karena scammer pada umumnya tidak memiliki modal untuk tindakannya. Menurut mereka, tampilan dan domain seperti itu sudah cukup untuk meningkatkan kredibilitas komunitas atau pengunjung. Kami membutuhkan domain dan hosting agar lebih profesional.

Peningkatan rasa profesionalisme akan berpengaruh positif terhadap promosi blog atau website Anda karena pengunjung akan tertarik ke website yang lebih jelas. Anda juga dapat mengubah permalink atau URL situs web dan kebutuhan lainnya untuk mendukung profesional di mata pengunjung dan mesin pencari.

5. Proses Instalasi WordPress yang Mudah

Semuanya serba instan sekarang, memiliki website yang siap dikelola juga bisa instan. Dengan Softaculous, instal WordPress hanya dalam beberapa klik. Atau Anda dapat melakukannya secara manual dengan mengunduh skrip dari wordpress.org. Kemudian hanya terhubung ke database.

Selain itu, rekomendasi hosting yang cocok adalah penyedia hosting karena terdapat fitur softaculous dimana Anda dapat membuat situs sesuai keinginan Anda hanya dalam 1 menit dan siap digunakan.

Hal di atas yang perlu Anda perhatikan sebagai alasan untuk beralih ke WordPress, ini adalah faktor utama dalam membangun niat Anda untuk menggunakan WordPress self hosting.

Cara Membuat Blog WordPress di Hostinger

Disini Teknoinside memberikan panduan untuk membuat website blog SEO dengan WordPress, nantinya anda harus melakukan registrasi hosting dan domain sebagai berikut.

1. Anda pergi ke situs web Hostinger.

2. Setelah itu kita pilih paket hosting yang ingin anda miliki, anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan anda.

Paket Hosting Web Hostinger

3. Anda tinggal memilih waktu sewa hosting, kalau saya sarankan memilih di atas setahun, karena cukup bonus domain gratis com, net, info dan lain-lain.

Baca juga:   7 Tips Memilih Domain yang Tepat: untuk Pemula

hosting wordpress hosting terbaik

4. Kemudian ikuti proses pemesanan, lakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran.

Nah, bagaimana Anda menyukai artikel itu? kenapa ngeblog di wordpressJika Anda menyukai artikel ini, silakan bagikan dan rekomendasikan ke teman Anda. Jika ada pertanyaan seputar artikel di atas, bisa ditanyakan di kolom komentar ya sob.


https://storyforgeproductions.com