Pernahkah Anda menghadapi situasi ketika Anda mengisi daya laptop Anda tetapi tidak mengisi daya meskipun statusnya terhubung? Status plug-in ini berbeda dari biasanya.

Saat mengisi daya laptop biasanya menunjukkan status terhubung dan mengisi daya, tetapi dalam hal ini statusnya terhubung dan tidak mengisi daya, artinya laptop Anda terhubung ke pengisi daya, tetapi tidak mengisi daya.

Nah yang akan kita bahas adalah memahami cara mengatasi baterai laptop. terpasang, tidak mengisi daya.

Cara mengatasi baterai laptop terpasang tapi tidak bisa charging

Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan tindakan sebagai solusi pengambilan keputusan. Nah, di bawah ini adalah cara memperbaiki baterai laptop yang “pluged in but not charging” yang rusak.

1. Lepas driver baterai

Secara umum, akar masalah seperti yang terlihat pada gambar di atas adalah masalah pada driver yang mengalami masalah tertentu.

Anda kemudian dapat menghapus atau uninstall driver baterai yang bermasalah dan kemudian menginstal ulang driver tersebut. Nah, dibawah ini akan saya jelaskan langkah-langkahnya, simak baik-baik!

  1. Anda dapat langsung membuka awal.
  2. Kemudian pilih menu berlabel “Device Manager”.
  3. Kemudian kamu langsung klik kanan pada pilihan yang ada di menu baterai.
  4. Setelah itu, pilih hapus.
  5. Nah, selesai.

Mudah bukan caranya? Anda dapat mencoba jika Anda memiliki masalah ini. Anda dapat melihat apakah indikator baterai ditampilkan. terpasang, tidak mengisi daya atau tidak. Silakan coba untuk mengkonfirmasi rincian lebih lanjut.

2. Pemulihan sistem

Pemulihan Sistem adalah salah satu fitur bawaan Windows yang memiliki kemampuan untuk mengembalikan pengaturan ke tingkat normalnya, seolah-olah kerusakan mungkin pernah terjadi sebelumnya, dan tanpa menghapus semua file yang tersimpan di laptop Anda.

Mungkin jika laptop Anda belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya, tetapi tiba-tiba laptop Anda menunjukkan indikator seperti itu, maka Anda dapat mencoba menggunakan System Restore.

Jika Anda masih belum tahu cara menggunakannya, maka Anda harus menyimak penjelasannya di bawah ini. Cara mengatasi laptop yang tidak mau di charge adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, Anda harus menekan tombol start.
  2. Kemudian cari tombol yang bertuliskan System Restore.
  3. Setelah itu, Anda dapat memulainya dengan memilih “Restore Recommended File System”.
  4. Akhirnya selesai.

Mungkin cara-cara tersebut juga sangat baik untuk mengatasi kerusakan laptop anda yang bisa terjadi secara tiba-tiba. Namun proses pemulihannya juga sangat memakan waktu, yang bisa memakan waktu cukup lama.

Baca juga:   10 Cara Membuat Video Slow Motion di Android: Lengkap

Namun bagi anda yang sedang mengalami hal seperti ini tidak perlu khawatir, karena cara ini akan memberikan apa yang anda inginkan atau harapkan.

3. Pastikan kabel pengisi daya tersambung dengan benar ke laptop.

cara mengatasi laptop yang tidak termasuk charging

Anda perlu memastikan pengisi daya laptop terhubung dengan benar ke lubang pengisi daya laptop.

Karena beberapa pengisi daya laptop sangat sensitif, kita perlu memastikan pengisi daya terhubung dengan benar ke laptop. Jika dipasang dengan tidak benar, laptop tidak akan mengisi daya.

Ketika pengisi daya dipasang dengan benar dan terdeteksi oleh laptop, statistik yang terhubung akan muncul di layar, biasanya di bagian baterai.

Status “connected” ini menandakan bahwa laptop anda sudah terhubung dengan charger, namun meskipun sudah terhubung tetap tidak akan terisi daya karena tidak ada status charging.

Jika charger yang anda gunakan tidak stabil atau tidak stabil, maka anda harus menyesuaikan dengan baik kabel colokan, sambungan atau kabel pada adaptor charger hingga laptop anda mulai melakukan pengisian.

Hal ini dikarenakan terkadang ada charger laptop yang kabel jacknya tidak pas atau tidak terpasang dengan baik, sehingga perlu diperhatikan cara pemasangannya.

4. Adaptor panas, coba diamkan sejenak

cara menang Dicolokkan, bukan mengisi daya

Charger yang sering digunakan atau digunakan terlalu lama untuk mengisi daya laptop akan membuat adaptor charger Anda menjadi panas, jadi jika Anda sudah merasa adaptor Anda panas, mungkin ada baiknya Anda melepasnya dari laptop dan membiarkannya dingin selama beberapa saat. sementara .

Hal ini untuk menghindari kerusakan pada charger atau laptop, karena charger yang biasanya terlalu panas atau overheat dapat merusak charger atau bahkan laptop.

Untuk melakukan hal ini, sedapat mungkin anda harus mengisi daya laptop anda dalam keadaan charger yang dingin dan tidak terlalu panas.

Baca juga : Mengatasi ketidakmampuan mematikan laptop.

5. Pastikan kabel charger tidak kusut.

memperbaiki laptop tidak mengisi baterai

Kabel terpilin sepertinya merupakan masalah yang sepele, padahal kabel charger yang sering terbelit atau terbelit saat mengisi daya laptop dapat merusak charger laptop. Anda harus segera menghentikan kebiasaan buruk ini.

Apalagi jika Anda melilitkan kabel charger saat charger masih panas karena baru digunakan. Ini akan menyebabkan kerusakan yang lebih serius, salah satunya adalah kurangnya pengisian daya.

Jika pengisi daya yang Anda gunakan tidak dapat mengisi daya atau tidak dapat berkomunikasi meskipun sudah dicolokkan, Anda dapat meregangkan kabel laptop dan menunggu hingga dingin.

Baca juga:   5+ Cara Mengganti Tema Line Gratis: Tanpa Koin

6. Periksa konektor, tegangan, dan arus pengisi daya.

memperbaiki baterai tidak mengisi

Jika Anda mengalami menghubungkan ke listrik tetapi tidak mengisi daya, alasannya mungkin konektor pengisi daya, voltase dan arus Anda tidak sama dengan laptop Anda.

Jika Anda menggunakan charger universal atau bisa digunakan di semua laptop, Anda harus memastikan bahwa konektor, voltase, dan arus listriknya sama atau lebih besar dari laptop Anda.

Masalah pada laptop yang tidak mau mengisi daya meskipun sudah dicolokkan biasanya disebabkan oleh charger yang berbeda atau tidak cocok dengan laptopnya. Walaupun charger dan laptop beda merk, tidak masalah jika konektor, voltase, arus, dan daya laptop dan baterainya sama.

7. Masih belum mengisi daya? coba ganti charger

cara menang Dicolokkan, bukan mengisi daya

Jika Anda sudah mengikuti langkah di atas dan masih belum mengisi daya, maka Anda tinggal meminjam charger ke tetangga, kerabat, teman, atau siapapun. Kemudian colokkan charger ke laptop, lihat apakah bisa mengisi daya atau tidak.

Jika charger terdeteksi dan berhasil diisi, maka masalahnya adalah charger laptop anda yang rusak, charger laptop anda tersebut meminta anda untuk menggantinya dengan yang baru karena sudah rusak. Namun jika menggunakan charger pinjaman tetap tidak bisa mengisi daya, kemungkinan besar baterai laptop anda rusak.

8. Periksa status baterai laptop

cara mengatasi laptop yang tidak mau mengisi daya baterai data

Jika Anda sudah mencoba menggunakan charger pinjaman dan masih tidak berfungsi, sebaiknya periksa baterai laptop Anda, mungkin masalahnya ada pada baterai. Matikan laptop, lalu cabut baterai laptop dan biarkan selama beberapa jam, lalu pasang kembali baterai dan coba isi ulang laptop.

Sebagai pengingat, jika Anda menggunakan charger pinjaman, Anda harus memastikan bahwa charger tersebut berfungsi, jangan sampai charger yang Anda pinjam tidak berfungsi.

Oke kembali ke topik, jika laptop anda sudah di charge dan lampu di laptop masih tidak menyala berarti baterai anda bermasalah. Kalau sudah begini, Anda wajib membeli baterai laptop baru.

Baca juga : Cara Mematikan Laptop.

9. Beli pengisi daya baru

Dicolokkan, tidak mengisi daya, masalah diperbaiki

Solusi pamungkas apa yang harus dilakukan dengan laptop yang tidak mau mengisi daya, bagi Anda yang masih tidak berfungsi setelah menggunakan cara-cara di atas, adalah dengan membeli charger baru atau baterai laptop baru jika baterainya yang bermasalah.

Ini lebih baik daripada mencoba membongkar, memperbaiki atau memperbaiki laptop Anda sendiri, apalagi jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam hal ini justru akan berakibat buruk, apalagi jika laptop Anda berisi data yang sangat penting.

Baca juga:   8+ Cara Mengganti Keyboard HP Android: Tema Keren

Daripada mengambil resiko yang berbahaya tersebut, lebih baik anda membeli charger baru atau baterai laptop baru, lebih aman.

Jika Anda berpikir untuk membawa laptop Anda ke bengkel, maka sebaiknya pikirkan lagi, karena hasil perbaikan tidak selalu sempurna, lebih baik beli charger atau baterai yang baru dan asli.

10. Periksa kabel pengisi daya

Pastikan charger adapter sudah terhubung dengan baik ke laptop, jika muncul notifikasi koneksi di laptop, ini tandanya berhasil.

Namun jika charger menunjukkan notifikasi bahwa tidak sedang mengisi maka perlu dilakukan perbaikan dengan cara mengecek sambungan capel pastikan tidak kendor atau bermasalah.

Baca juga : Mengatasi ketidakmampuan mematikan laptop.

11. Baterai senyap

Jika kondisi baterai terlalu panas, kita perlu mendinginkannya terlebih dahulu, jika tidak maka tidak akan panas.

Caranya adalah dengan melepas baterai laptop, jika laptop menggunakan baterai built-in maka kipas pada laptop saja yang dimatikan. Atau letakkan di ruangan ber-AC dengan suhu rendah.

12. Membeli baterai baru

Jika Anda putus asa dengan cara-cara di atas dan hasilnya mungkin tidak sesuai atau melebihi harapan Anda, Anda dapat mengganti baterai dengan yang baru atau membeli yang baru.

Jadi mungkin ini adalah alternatif yang sangat cocok bagi anda yang sedang putus asa, atau mungkin baterai memang tidak bisa diperbaiki dengan cara-cara diatas.

Dengan membeli baterai baru untuk laptop Anda, masalah baterai laptop Anda yang rusak akan lebih cepat teratasi.

Baca juga : Cara Mematikan Laptop.

Kesimpulan

Gampang sob, kamu bisa memilih cara yang menurut kamu paling mudah.

Anda bisa mencobanya satu per satu, jika cara ini berhasil, Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli baterai baru, tetapi jika Anda ingin cara yang lebih mudah, Anda bisa membeli yang baru. Jika tidak, maka baterai cepat habis, dan ini tidak baik.

Itu saja yang bisa saya jelaskan cara memperbaiki baterai laptop yang terpasang tidak mau mengisi daya, semoga ini bisa membantu anda. Silahkan dicoba sobat, semoga berhasil! dan jika ada yang kurang jelas, maka kalian bisa menuliskan pertanyaan kalian di kolom komentar yang sudah tersedia sob.


https://storyforgeproductions.com