percakapan antara Presiden Jokowi dan pengusaha terkaya di dunia Elon Musktentu menarik untuk disimak.

Apa yang mereka bicarakan? Akankah ada kabar baik untuk Indonesia?

mari kitasimak artikel Finansialku selanjutnya untuk informasi lebih lanjut!

Bertemu Jokowi dan Elon Musk, Apa yang Dibahas?

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo bertolak ke Negeri Paman Sam, AS, untuk menghadiri KTT AS-ASEAN 2022.

Menariknya, di sela-sela pertemuan, Presiden Jokowi kesempatan bertemu dengan pengusaha terkaya di dunia, Elon Musk.

Diketahui, Presiden Jokowi mengunjungi dan meninjau langsung lokasi produksi roket Space-X pada Sabtu, 14 Mei 2022 pukul 10.30 waktu setempat.

Tentu saja, momen pertemuan keduanya menarik banyak perhatian publik. Bahkan menjadi salah satu topik hangat yang diperbincangkan di media sosial.

Namun, perhatian utamanya adalah Topik diskusi apa yang mereka diskusikan? Apakah ada kaitan dengan investasi Tesla di Indonesia?

[Baca Juga: Indonesia Teken Perjanjian Kerahasiaan Dengan Tesla]

Potensi Investasi Tesla di Indonesia

Informasi tentang riset investasi yang akan dilakukan Elon Musk sebagai pendiri Space X dan Tesla muncul lebih dari satu kali.

Sebelumnya, Musk diketahui tertarik untuk berinvestasi di Indonesia pada akhir tahun 2020.

Kemudian Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga melakukan penilaian awal terhadap potensi investasi ini pada bulan lalu.

Tak jauh berbeda dengan sebelumnya, perbincangan antara Presiden Jokowi dan Elon Musk juga turut dibahas potensi investasi yang akan dilakukan Musk di Indonesia melalui perusahaannya, yaitu Tesla.

“Atas perintah saya untuk berbicara dengan Elon tentang investasi, teknologi, inovasi, dan sekarang saya di sini dan bertemu dengan Elon secara langsung untuk membahas kerja sama di masa depan,” kata Presiden Joko Widodo, mulai dari situs Detik.com (16/05).

Presiden Jokowi menambahkan, Elon Musk sangat tertarik untuk segera berkunjung ke Indonesia dalam rangka menjajaki investasi ini.

“Saya rasa dia (Elon Musk) sangat tertarik untuk segera datang ke Indonesia, dan dia mengatakan sebelumnya bahwa dia bisa datang ke Indonesia,” dia menambahkan.

Tesla berencana berinvestasi di Indonesia tahun ini

Investasi Tesla di Indonesia fokus pada sektor pengembangan industri nikelmemasok baterai sebagai sumber daya utama untuk kendaraan listrik.

Pekan lalu, perwakilan Tesla Inc berkunjung ke Indonesia, lebih tepatnya pusat produksi nikel di Morwali, Sulawesi Tengah.

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk mengenal langsung lokasi produksi nikel.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan perwakilan Tesla Inc puas dengan data yang mereka kumpulkan.

“Mereka akan mengunjungi Morovali. Mereka sangat senang dengan data yang mereka terima.” Hal itu diungkapkan Luhut dalam keterangan persnya.

Tidak hanya itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia melaporkan bahwa: implementasi investasi dari Tesla akan dilakukan tahun ini.

Tesla juga tertarik untuk berinvestasi di ekosistem baterai mobil dan kendaraan listrik di Indonesia, katanya.

Sebagian investasi akan ditempatkan di Batang, Jawa Tengah.

“Kalau ditanya kapan diperkenalkan, insya Allah 2022, tapi saya belum bisa sebutkan bulannya. Tunggu dulu, karena kami belum menandatangani perjanjian. Besaran investasinya masih dirahasiakan, masih menunggu. Tapi ini adalah hal-hal yang baik, hal-hal besar.” kata Bahlil, dilansir dari situs Tempo.co (18/5).

Sementara itu, di sisi lain, Indonesia mendapat angin segar setelah perusahaan tambang Brazil Vale berhasil mendapatkan kesepakatan kerja sama dengan Tesla untuk memasok nikel dari operasinya di Kanada.

Pasalnya, Vale juga memiliki operasi nikel di Indonesia.

[Baca Juga: Prospek Mobil Listrik Dan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. (INCO)]

Indonesia ingin mengembangkan industri nikel

Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara negara penghasil nikel.

Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk lebih mengembangkan industri ini.

Pengembangan tersebut dilakukan dalam kerangka rantai pasok nikel dalam negeri secara penuh.

Terutama untuk ekstraksi bahan kimia baterai, produksi baterai, dan akhirnya pembangunan pabrik untuk produksi kendaraan listrik (mobil listrik/EV).

Sebelumnya, Indonesia telah menandatangani perjanjian bernilai miliaran dolar dengan perusahaan dari Korea Selatan dan China untuk menggunakan sumber daya nikel ini.

Sektor potensial jika Tesla berinvestasi di Indonesia

Dengan adanya berita investasi ini, tentu menarik untuk mengetahui sektor mana saja yang berpotensi untuk tumbuh.

Menanggapi ini perencana keuangan oleh Financialcu, Mariadi Santana, CFP®,. QWP juga memberikan pendapatnya.

Menurutnya, tentu saja sektor produk khususnya nikel memiliki potensi yang cukup besar karena merupakan bahan utama pembuatan baterai.

Tak hanya itu, material pendukung lainnya seperti aluminium juga akan terpengaruh.

Namun, Maryadi menegaskan tidak ada penambahan atau penurunan karena baru pertemuan awal.

“Akankah sektor ini naik saat ini, mungkin karena ada euforia. Tapi ini baru pertemuan awal, belum ada kesepakatan kerja sama, jadi belum diketahui apakah industri ini benar-benar akan meningkat atau tidak,” kata Mariadi.

Ia juga menambahkan, selama informasi ini tetap dalam bentuk “berita”, fluktuasi akan terus berlanjut.

Sekarang, dengan berita ini Apakah Anda tertarik untuk berinvestasi saham dari beberapa komoditas tersebut?? Tapi biarlah alasan investasi bukan sekadar euforia. Ya!

Anda juga perlu tahu caranya investasi saham untuk keuntungan maksimal.

Jangan khawatir, Anda bisa mengetahui semua tipsnya dengan membaca buku Elektronik keuangan saya Panduan pemula untuk berinvestasi di saham.

Nantinya, Anda akan belajar bagaimana memulai dan mendapat untung dari berinvestasi saham. Jadi tunggu apa lagi unduh e-book itu gratis dengan klik spanduk di bawahnya!

Spanduk Promosi E-book Petunjuk Cara Dapat Menguntungkan Saham - PC

Demikian informasi mengenai Bocoran Obrolan Presiden Jokowi dan Elon Musk. Apa pendapat Anda tentang informasi ini?

Jangan takut untuk menulis di komentar! terima kasih

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber tautan:

  • Anisa Indraini. 16 Mei 2022 Bosan Ngobrol Jokowi dan Elon Musk? Berikut bocoran kontennya. Detik.com – https://bit.ly/3Mp0sDY
  • Di antara. 18 Mei 2022 Hasil Jokowi Temui Elon Musk, Investasi Tesla 2022 di Batang, Jawa Tengah. Tempo.co – https://bit.ly/3lmATHF




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Viral Curhatan Fahri! Gagal Jadi Bintara Polri Karena Buta Warna Parsial