Anda menyimpan foto Anda dengan baik dan akhirnya menghapusnya secara tidak sengaja. Jika Anda menghapus foto di komputer atau laptop Anda, foto tersebut akan disimpan di Sampah dan Anda dapat dengan mudah mengembalikannya.

Kalo di android gimana? Dapat dikatakan bahwa memulihkan foto yang terhapus di Android cukup sederhana dan cukup sulit.

Faktanya, foto yang Anda hapus tidak hilang atau hilang begitu saja dari memori ponsel Anda. Karena sistem hanya menghapus file indeks dari memori ponsel Anda.

Data yang tidak lagi terindeks dapat ditimpa dengan data lain karena sistem tidak menganggap data tersebut masih ada. Maka Anda perlu segera melakukan restorasi, hingga foto tersebut tertimpa file lain.

Cara Memulihkan Foto yang Dihapus di Ponsel Android

Salah satu cara untuk memulihkan foto yang terhapus secara tidak sengaja adalah dengan menggunakan aplikasi. Pada artikel ini, Teknoinside akan menggunakan aplikasi Foto DiskDigger Pemulihan untuk membantu memulihkan foto yang dihapus.

Sebenarnya ada banyak aplikasi pemulihan lain yang dapat Anda gunakan, tetapi mereka mungkin memiliki metode yang berbeda. Tapi pada dasarnya prinsip operasinya sama. Mari kita lihat tutorial selanjutnya.

1. Unduh Pemulihan Foto DiskDigger

Unduh dan instal aplikasinya terlebih dahulu Pemulihan Foto DiskDigger melalui Google Play Store. Atau Anda dapat mengunduhnya dari tautan berikut.

2. Pilih Mulai Pemindaian Foto Normal.

Kemudian buka aplikasi DiskDigger Photo Recovery dan pilih Mulai pemindaian foto normal untuk mulai mencari foto yang dihapus. Namun perlu Anda ingat bahwa penggunaan opsi ini sangat terbatas, hanya beberapa foto yang dapat dipulihkan.

Lihat juga: Bagaimana memulihkan pesan yang dihapus

3. Atau pilih “Pindai Penuh” (lebih baik)

Nah, jika Anda ingin mencari foto yang sudah terhapus hingga ke root, Anda bisa menggunakan opsi Memindai keseluruhan.

Baca juga:   4+ Cara Menampilkan Download IDM di Youtube [Work 2022]

Namun opsi “Full Scan” hanya bisa dilakukan jika ponsel Android Anda sudah di root. Proses rooting ponsel juga tidak serumit yang Anda bayangkan.

Saat ini, teknoinside akan menggunakan opsi Memindai keseluruhan memulihkan foto yang dihapus. Dan tentunya HP Android yang digunakan oleh Teknoinside sudah di root. Jika Anda telah mencapai langkah ini, berarti Teknoinside menganggap ponsel Android Anda telah di-root.

4. Pilih partisi yang ingin Anda pulihkan

Kemudian pilih partisi yang ingin Anda pulihkan. Pilih opsi pertama jika Anda ingin memulihkan foto yang dihapus di penyimpanan eksternal. Dan pilih opsi kedua jika Anda ingin memulihkan foto yang telah dihapus di penyimpanan internal.

cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah dan cepat

5. Pilih format file yang ingin Anda pulihkan

Kemudian pilih format file yang ingin Anda pulihkan. Nah untuk format file foto, kamu bisa cek di bagian JPG dan PNG.

Jika Anda juga ingin memulihkan video yang dihapus, Anda juga dapat melihat bagian MP4.

Anda hanya dapat memilih 3 format file ini karena format file lainnya hanya tersedia dalam versi pro, yang berarti Anda harus membeli aplikasi ini. Jika Anda mengklik BAGUS.

cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah dan cepat

6. Proses pemindaian

Tunggu beberapa detik hingga proses pemindaian selesai. Anda dapat melakukan pemindaian filter (opsional, dapat dilewati) dengan mengklik ikon Pengaturan.

Anda dapat menyesuaikan hasil pemindaian, misalnya dengan mengatur ukuran foto minimum menjadi 100.000 byte (800KB). Tetapi perlu diingat bahwa ini opsional. Klik berikutnya BAGUS.

cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah dan cepat

7. Foto yang dapat dipulihkan muncul

Jadi, proses pemindaian selesai. Pada ponsel yang digunakan oleh Teknoinside, aplikasi ini mampu menemukan 85 foto.

Tidak semua file foto yang ditemukan dapat dipulihkan karena file tersebut mungkin rusak atau rusak.

Baca juga:   10 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris: Semua Merk Printer

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu melakukan recovery dengan cepat agar file tersebut dapat dikembalikan dalam kondisi baik.

cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah dan cepat

8. Pilih foto

Kemudian periksa foto yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda ingin mengembalikan semua foto, Anda dapat mengklik ikon tiga titik lalu pilih Pilih semua.

Untuk menghapus tanda semua foto yang telah Anda pilih, Anda dapat memilih Hapus semua. Jika Anda ingin mengurutkan foto dari yang terkecil hingga terbesar, pilih Berukuran pendek.

cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah dan cepat

9. Pulihkan foto

Setelah itu tekan tombol Memulihkan kemudian tentukan lokasi file pemulihan. Jika memori internal sedang dipulihkan, maka simpan hasil pemulihan ke kartu SD dan sebaliknya.

cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah dan cepat

10. Berhasil memulihkan

Jika Recovery Complate muncul, maka proses recovery file berhasil.

cara mengembalikan foto yang terhapus di android dengan mudah dan cepat

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah mungkin untuk memulihkan semua foto yang dihapus?

Kemampuan untuk memulihkan foto yang dihapus tergantung pada seberapa cepat Anda memulihkan foto.

Jika Anda memulihkan foto secepat mungkin, kemungkinan besar Anda dapat memulihkan foto yang dihapus dengan tingkat keberhasilan 80-90%.

Agar proses pemulihan berjalan dengan optimal, sangat disarankan agar ponsel Android Anda di-root terlebih dahulu.

Bagaimana mencegah hal ini terjadi lagi?

Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan mem-backup foto Anda di hard drive Anda, baik di hard drive eksternal atau internal laptop atau komputer Anda.

Apakah foto lama bisa dikembalikan?

Tidak, itu hanya mengembalikan foto yang baru saja dihapus, bukan foto yang sudah lama dihapus.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya, Anda masih dapat memulihkan foto yang dihapus dengan metode di atas. Namun tidak semua foto bisa dikembalikan seperti semula. Ada juga beberapa foto yang tidak dapat dipulihkan karena hal-hal seperti korupsi data, dll.

Baca juga:   6 Cara Main Game Android di PC Laptop tanpa Emulator

Jika anda tidak memiliki hardisk eksternal atau anda tidak memiliki PC atau laptop, anda bisa menyimpan hasil backup anda ke penyimpanan cloud seperti Google Drive, karena Google Drive menyediakan penyimpanan sebesar 15 GB, mungkin 15 GB sudah cukup untuk kita. untuk menyimpan hasil backup.

Lihat juga: Memulihkan file yang dihapus di Android.

Demikian artikel tutorial dari Teknoinside tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di Android dengan mudah dan efektif. Namun teknoinside tidak menjamin foto yang terhapus dapat dikembalikan dalam keadaan baik.

Karena tentunya ada beberapa alasan mengapa sebuah foto bisa rusak atau tidak bisa dikembalikan dengan baik, seperti Anda terlambat melakukan restorasi.

Partisi telah ditimpa dengan data lain, dan seterusnya. Namun tak ada salahnya jika Anda mencoba. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.


https://storyforgeproductions.com