Windows 10 memiliki fitur yang fungsinya untuk mengembalikan sistem operasi itu sendiri. Menurut yang akan kita bahas untuk mengetahui cara memperbaiki Windows 10.

Selain itu, recovery juga seringkali menjadi cara untuk mengatasi beberapa masalah booting lainnya, seperti proses yang lambat dan terlalu lama. Sehingga setelah melakukan restore, sistem akan dapat memulai proses booting lebih cepat.

Fitur ini sangat penting bagi pengguna PC dan laptop. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memperbaiki Windows 10 tanpa menginstal ulang, silakan merujuk ke panduan berikut.

Lihat juga: Cara menghilangkan layar hitam.

Cara Memperbaiki Windows 10 Menggunakan CMD

Command Prompt merupakan salah satu program bawaan di OS Windows yang memiliki banyak fitur.

Itu dapat digunakan untuk menjalankan berbagai perintah, salah satunya adalah fitur pemulihan sistem operasi. Berikut panduan cara reset Windows 10 menggunakan cmd.

1. Buka baris perintah

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Pertama-tama, mulailah dengan membuka software CMD di masing-masing perangkat Anda. Bagi yang belum tahu caranya, klik start menu, ketik CMD, lalu klik kanan command prompt dan pilih “Run as administrator”.

2. Jalankan perintah Pindai dan Perbaiki.

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Jika berhasil dibuka, kita hanya perlu memasukkan perintah yang diperlukan. Jenis sfc/scannow pastikan cocok lalu tekan Enter.

3. Tunggu proses scan

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Komputer sekarang akan segera melakukan proses pemindaian sistem. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada file atau program di perangkat yang mengalami kesalahan.

Durasi pemindaian yang diperlukan sangat bervariasi dan tergantung pada komputer atau laptop Anda. Semakin banyak file dan aplikasi, semakin lama waktu yang dibutuhkan.

4. Periksa hasil pemindaian

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Ketika proses selesai, Anda akan melihat hasilnya. Akan ada laporan jika ada kesalahan pada sistem. Kami dapat mengidentifikasi masalah dengan perangkat melalui log.

Selain itu, langkah-langkah di atas cocok diterapkan untuk cara restore Windows 10 tanpa kehilangan data agar data tetap aman.

Dalam beberapa kasus, sistem dapat segera pulih. Namun, ada juga kasus kesalahan yang tidak dapat diperbaiki oleh sistem, sehingga harus dilakukan secara manual.

Baca juga:   12 Aplikasi Keyboard Android Terbaik 2022: Ringan & Gratis

Cara mengembalikan Windows 10 tanpa CD

System Restore adalah salah satu fitur bawaan Windows untuk mengembalikan keadaan sistem ke waktu tertentu.

Jadi jika perangkat kami mulai mengalami kesalahan hari ini, kami dapat memperbaikinya dengan mengembalikan sistem ke keadaan kemarin sebelum kesalahan terjadi.

Bagi yang belum mengetahui cara melakukan System Restore, silahkan simak panduan berikut ini.

1. Buka properti sistem

Cara memulihkan Windows 10

Untuk membuka System Properties, tekan tombol Windows + R untuk membuka Run. Lalu ketik Administrator sistem dan tekan Enter.

Lihat juga: Cara aktivasi Windows 10.

2. Pilih Pemulihan Sistem.

Cara memulihkan Windows 10

Setelah terbuka, buka tab menu System Protection. Kemudian pilih opsi Pemulihan Sistem. Jika Anda telah membuat titik pemulihan sebelumnya, Anda dapat langsung melompat ke langkah berikutnya.

Cara memulihkan Windows 10

Namun bagi yang belum pernah membuat restore point, kita buat terlebih dahulu. Pertama, aktifkan perlindungan sistem dengan mengklik drive dan memilih “Konfigurasi”.

Cara memulihkan Windows 10

Kemudian pilih opsi “Aktifkan perlindungan sistem”, di bagian “Penggunaan ruang disk”, atur dalam kisaran dari 5% hingga 10%, baru kemudian klik “OK”.

Sekarang perlindungan sistem diaktifkan, buat titik pemulihan dengan mengklik “Buat”. Setelah selesai, lanjutkan dengan Pemulihan Sistem seperti sebelumnya.

3. Ikuti prosedur pemulihan

Cara memulihkan Windows 10

Kami akan memulai proses pemulihan sistem ke keadaan sebelumnya. Di bagian ini, Anda cukup mengklik tombol “Berikutnya”.

4. Pilih titik pemulihan

Cara memulihkan Windows-10

Akan ada beberapa opsi pemulihan data yang akan digunakan di sini. Pilih waktu saat perangkat Anda masih dalam keadaan normal agar sistem pulih seperti semula. Kemudian klik saja berikutnya.

Catatan. Jika Anda tidak menemukan titik pemulihan di bagian ini, pastikan Anda membuatnya seperti di langkah 2.

5. Konfirmasi Pemulihan Sistem

Cara memulihkan Windows 10

Terakhir, kita hanya perlu mengonfirmasi Pemulihan Sistem dengan mengklik Selesai. Perangkat kemudian akan segera reboot dan memulai proses pemulihan. Waktu yang diperlukan berbeda-beda, jadi harap tunggu dengan sabar.

Lihat juga: Cara menginstal Windows 10.

Cara mengembalikan Windows 10 tanpa menginstal ulang

Untuk memudahkan pengguna, Windows juga menyediakan fitur perbaikan otomatis. Dimana perangkat akan secara otomatis mendeteksi masalah, serta bagaimana cara memperbaikinya. Apakah Anda ingin tahu caranya? Silahkan simak tips berikut ini.

Baca juga:   10 Cara Membuat Video Slow Motion di Android: Lengkap

1. Buka pengaturan

Langkah pertama kita harus masuk terlebih dahulu di Advanced Startup Options. Caranya buka pengaturan di komputer atau laptop dengan cara klik menu start lalu pilih opsi Setting atau ikon roda gigi.

2. Pilih Perbarui & Keamanan.

Cara memperbaiki saat mem-boot Windows 10

Sekarang akan ada beberapa menu di pengaturan. Pilih menu Perbarui & Keamanan dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pilih Startup Tingkat Lanjut.

Cara memperbaiki saat mem-boot Windows 10

Jika Anda sudah login, klik pada tab menu Recovery. Kemudian di sebelah kanan, di bawah Advanced Startup, pilih Restart Now. Perangkat kemudian akan reboot hingga memasuki opsi pengaktifan lanjutan.

3. Klik Pemecahan masalah.

Cara memperbaiki saat mem-boot Windows 10

Tunggu proses download hingga muncul beberapa pilihan. Klik pada opsi Troubleshoot untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Pilih opsi lanjutan

Cara memperbaiki saat mem-boot Windows 10

Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah memilih opsi “Opsi Lanjutan”.

5. Jalankan Perbaikan Startup

Cara memulai-perbaikan-windows-10

Jadi, di sini kita klik opsi “Startup Repair” yang untuk memulihkan sistem komputer.

6. Tunggu proses pemulihan

Cara memperbaiki saat mem-boot Windows 10

Terakhir, kita tinggal menunggu proses pemulihan sistem operasi. Prosesnya cukup lama, jadi kita harus sabar menunggu sampai selesai.

Cara mengembalikan Windows 10 menggunakan System Restore

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk restore Windows adalah dengan menggunakan fitur bawaan yang sudah ada di Windows yaitu fitur System Restore. Fitur ini dapat mengembalikan keadaan komputer pada waktu tertentu.

Misal bulan januari anda membuat restore point, artinya bulan maret komputer bermasalah, anda bisa restore seperti di bulan januari, saat komputer tidak ada masalah. Jadi, inilah cara menggunakan Pemulihan Sistem Windows.

1. Cari Dulu Properti dari sistematau Anda dapat mengklik tombol MENANG + R lalu ketik kopral dan memasuki.

cara restore windows 10 dengan system restore

2. Lalu pergi ke tab Sistem keamanan dan pilih Pemulihan Sistem.

cara restore windows 10 dengan system restore 2

3. Pilih Lanjut untuk melanjutkan proses.

cara restore windows 10 dengan system restore 3

4. Lalu pada wizard “Restore your computer to a state…”, silahkan pilih Pindai program yang rentan untuk melihat file mana yang akan dipulihkan dan mana yang akan dihapus nanti.

cara restore windows 10 dengan system restore 4

5. Lalu tekan tertutup dan pilih Lanjut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

cara restore windows 10 dengan system restore 5

6. Pada proses ini, Anda akan melihat jadwal restore point yang Anda buat tadi. Jika Anda belum pernah melakukan ini, Anda dapat melakukannya dengan satu klik. Membuat yang ada di langkah kedua. Jika sudah, silakan klik menyelesaikan untuk memulai proses pemulihan Windows 10.

cara restore windows 10 dengan system restore 6

Komputer kemudian akan restart dan proses pemulihan akan dimulai. Durasi proses ini bergantung pada jumlah perubahan sistem yang direncanakan selama pemulihan sistem sebelumnya.

Baca juga:   5 Cara Mengubah Video MKV ke MP4 Online & Offline

Cara Memperbaiki Windows 10 Menggunakan Perbaikan Otomatis

Yang terakhir adalah menggunakan fitur Perbaikan Otomatis yang juga disediakan Windows untuk mengatasi masalah booting otomatis. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan cara ini untuk memperbaiki Windows yang bermasalah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan masuk ke menu Pengaturan.

cara memperbaiki windows 10 dengan perbaikan otomatis

2. Kemudian pilih Pembaruan dan Keamanan.

cara memperbaiki windows 10 menggunakan perbaikan otomatis 2

3. Setelah itu, buka tab Pemulihan dan pilih Muat Ulang Sekarang Dalam bab Peluncuran lanjutan.

cara memperbaiki windows 10 menggunakan perbaikan otomatis 3

4. Setelah itu, komputer akan boot dan Anda akan disajikan beberapa opsi, pilih Penyelesaian masalah.

5. Lalu Pengaturan lanjutan.

6. Di bagian “Opsi lanjutan”, pilih Mulai perbaikan untuk perbaikan jendela.

7. Klik nama akun Windows Anda.

8. Anda akan diminta untuk memasukkan nama dan kata sandi akun Windows Anda (jika ada). Lalu klik Melanjutkan atau Memasuki.

9. Harap tunggu hingga proses pemulihan selesai. Proses ini akan memakan waktu, jadi bersabarlah.

10. Selesai, sekarang komputer anda sudah kembali normal.

Itulah beberapa langkah mengembalikan sistem operasi Windows 10 di PC dan laptop. Jika perangkat komputer Anda tidak bisa booting atau berjalan lambat, Anda bisa mencoba panduan di atas. Bagi yang punya kritik, saran atau pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com