Mengembalikan sistem operasi windows 7 bisa menjadi solusi untuk berbagai macam error pada komputer anda. Walaupun Microsoft sudah merilis versi Win 10, namun masih banyak pengguna PC dan laptop yang lebih memilih Win 7. Mungkin Anda juga salah satunya.

Nah sekarang kita kembali ke pembahasan utama tentang cara restore Windows 7. Apa fungsinya? Fitur ini berguna untuk memperbaiki kesalahan sistem operasi karena file hilang atau rusak. Sehingga OS tidak dapat bekerja dengan sempurna dan sering crash.

Oleh karena itu, perlu dilakukan restore agar sistem dapat bekerja normal kembali. Untuk dapat mengembalikan sistem windows 7 anda, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Agar lebih jelas, simak panduan berikut tentang cara restore Windows 7 dengan mudah.

Cara mengembalikan Windows 7 menggunakan flash drive

Untuk tutorial ini, kita memerlukan CD instalasi atau boot disk. Disk boot atau disk pemulihan sistem adalah alat pemulihan media yang biasanya tersedia dalam bentuk CD atau DVD. Ini dapat digunakan untuk memulihkan Windows jika terjadi kerusakan sistem yang parah.

Dimana kita bisa mendapatkannya? Sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri, namun bagi yang ingin lebih praktis silahkan membelinya di toko yang menyediakan berbagai kebutuhan komputer. Untuk mempelajari cara menggunakannya, ikuti panduan selanjutnya.

Lihat juga: Cara menginstal ulang Windows 7.

1. Siapkan dan masukkan boot disk Anda

Pertama-tama siapkan CD instalasi Windows 7. Kemudian masukkan pada CD yang tersedia pada perangkat masing-masing.

Lihat juga: Cara membuat flash drive USB yang dapat di-boot.

2. Boot dari CD

Cara mengembalikan Windows 7

Agar komputer kita bisa booting dari CD, restart dulu. Saat teks muncul seperti pada gambar di atas, tekan tombol apa saja di keyboard Anda.

Baca juga:   2+ Cara Edit PDF di HP Android Online + Offline

Jika Anda menekannya terlambat, perangkat akan mem-boot sistem operasi dari hard drive internal dan Anda harus melakukan reboot dan melakukannya lagi. Ingat juga untuk menghapus semua flash drive yang mungkin terhubung ke perangkat.

3. Tunggu file diunduh

Cara mengembalikan Windows 7

Selanjutnya, PC akan mulai memuat file sistem operasi Windows 7 dari CD / DVD. Anda tidak perlu melakukan apa-apa, tunggu saja prosesnya selesai

4. Pilih bahasa dan tanggal

Cara mengembalikan Windows 7

Silakan instal sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. Anda dapat mengatur bahasa yang digunakan, format waktu untuk keyboard yang digunakan. Setelah itu, klik Next untuk melanjutkan.

5. Pulihkan Windows 7

Cara mengembalikan Windows 7

Kemudian akan muncul beberapa pilihan, anda bisa klik “Repair your computer”. Penting untuk tidak mengklik tombol “Instal Sekarang” karena ini akan menghapus semua data Anda.

6. Proses perbaikan

Cara mengembalikan Windows 7

Selanjutnya, perangkat akan mulai mencari lokasi di mana sistem operasi Windows 7 diinstal pada perangkat kita, tidak perlu menekan tombol apa pun, tunggu saja prosesnya.

7. Pilih disk instalasi Windows 7 Anda.

Cara mengembalikan Windows 7

Jika sudah selesai maka akan muncul hasil yang menunjukkan OS yang terinstal di PC atau laptop. Klik pada sistem operasi dan kemudian pilih “Berikutnya”.

8. Pilih Perbaikan Startup

Cara mengembalikan Windows 7

Selanjutnya akan ada beberapa tools yang bisa anda pilih. Klik Startup Repair untuk memulihkan Windows 7 ke perangkat Anda.

9. Proses diagnostik sistem

Cara mengembalikan Windows 7

Di sini, perangkat akan mulai memindai kesalahan pada sistem operasi Windows 7. Juga akan mencari solusi terbaik yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Kita hanya perlu menunggu sampai selesai.

10. Proses pemulihan sistem

Cara mengembalikan Windows 7

Ketika kesalahan ditemukan, sistem akan secara otomatis memperbaiki masalah di OS. Tunggu saja sampai selesai dan jangan klik apapun, waktunya bisa berbeda-beda.

Baca juga:   10 Aplikasi Kamera Android Terbaik dan Bagus 2022 (Lengkap)

11. Perbaikan sistem selesai

Cara mengembalikan Windows 7

Sejauh ini, sistem operasi telah dipulihkan. Klik Finish, lalu pilih Restart agar komputer me-restart sistem sebelum dapat digunakan secara normal lagi.

Lihat juga: Cara memulihkan Windows 10

Cara mengembalikan Windows 7 dengan mengunduh

Selain cara yang dijelaskan di atas, sebenarnya sistem Windows sendiri sudah memiliki alat penyembuhan sendiri. Tip ini lebih praktis dan sederhana dari yang sebelumnya. Berikut adalah tutorial bagi mereka yang tidak tahu cara menggunakan Windows 7 State Recovery.

1. Mulai ulang perangkat Anda

Langkah pertama adalah restart komputer atau laptop anda terlebih dahulu. Klik menu Start, lalu pilih opsi Restart.

2. Masukkan opsi unduhan tambahan

Saat komputer Anda melakukan booting, sebelum logo Windows 7 muncul, klik tombol tersebut F8. Hal ini dilakukan agar perangkat masuk ke menu Advanced Boot Options.

3. Pilih “Perbaiki komputer Anda”.

Cara mengembalikan Windows 7

Setelah berhasil masuk, gunakan tombol panah untuk bergerak ke atas dan ke bawah. Pilih opsi “Perbaiki komputer Anda”, lalu tekan tombol “Enter”.

4. Ikuti proses perbaikan

Selanjutnya, kita akan masuk ke opsi pemulihan sistem. Akan ada beberapa alat yang bisa Anda gunakan. Silakan pilih Startup Repair untuk memperbaiki sistem Anda dari kerusakan serius.

Cara Memperbaiki Windows 7 Menggunakan CMD

Langkah lain yang bisa diterapkan adalah kita juga bisa memperbaiki Windows 7 menggunakan cmd dimana kita memasukkan perintah tertentu. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang cara memperbaiki Windows 7 menggunakan cmd atau command prompt.

1. Buka baris perintah

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Langkah pertama buka cmd di pencarian, lalu masukkan perintah Promopt. Maka akan muncul hasilnya, klik kanan > run as administrator.

Lihat juga: Cara memulihkan Windows 10.

2. Jalankan perintah pindai

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Saat cmd terbuka anda bisa langsung mengetik sfc/scannow lalu tekan Enter untuk melanjutkan.

Baca juga:   3 Cara Cek Kecepatan Internet dengan CMD di PC Laptop

3. Tunggu proses scan

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Kemudian akan memproses scan pada laptop atau PC, proses dimulai dari 0% sampai 100%. Durasi proses bervariasi untuk setiap perangkat, harap tunggu hingga selesai.

4. Periksa hasil pemindaian

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Ketika hasilnya muncul, jika ada masalah, maka akan muncul hasil error atau apa masalahnya. Lalu jika tidak, maka tidak masalah.

5. Proses perbaikan

Pada titik ini, kita sudah mengetahui hasil pemindaian, kemudian kita dapat menerapkan perintah berikut secara berurutan lalu tekan Enter untuk setiap perintah.

bootsect.exe/nt60c:

bootsect.exe/nt60 semua

bootrec.exe/fixmbr

bootrec.exe/fixboot

bootrec.exe /rebuildbcd

bootsect /nt60 all /force /mbr

Berikut beberapa cara restore windows 7 di pc dan laptop. Cara yang telah dijelaskan diatas dapat menjadi solusi untuk memperbaiki corrupt atau error yang terjadi pada sistem operasi. Bagi yang memiliki pertanyaan seputar artikel di atas, silahkan tinggalkan komentar.


https://storyforgeproductions.com