Menyetel ulang ponsel Samsung ke pengaturan pabrik adalah solusi ampuh untuk memperbaiki berbagai kesalahan pada ponsel cerdas. Misalnya saat ponsel android lemot atau bahkan sedang booting.

Oleh karena itu, setiap pengguna Samsung harus tahu cara melakukan reset pabrik. Namun mungkin ada sebagian dari kalian yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan factory reset. Sederhananya, ini adalah fungsi yang memungkinkan Anda mengembalikan smartphone ke keadaan baru lagi.

Karena saat kita mereset smartphone, semua bentuk pengaturan akan dikembalikan ke default yang sama seperti kondisi pabrik. Oleh karena itu, jika ada kesalahan yang disebabkan oleh bug pada sistem, dapat diperbaiki dengan reset pabrik.

Lihat juga: Cara mem-flash ponsel Android

Mempersiapkan sebelum reset pabrik

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa fungsi dari smartphone ini sangatlah penting. Namun bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya juga berhati-hati sebelum melakukan factory reset pada ponsel Samsung Anda. Ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelumnya:

1. Cadangkan file penting Anda

Melakukan factory reset berarti juga akan menghapus data di smartphone kita. Itu sebabnya Anda harus membuat cadangan file yang penting. Pindahkan data Anda ke laptop atau memori eksternal sebelum melakukan reset agar tetap aman.

2. Cadangan kontak

Kami tentu saja menyimpan banyak nomor teman, keluarga, kolega atau orang lain di kontak ponsel kami. Sekarang Anda juga harus membuat cadangan di tempat lain terlebih dahulu sebelum melakukan reset pabrik.

Karena jika sudah dihapus, maka kontak tersebut akan hilang dan tidak bisa dikembalikan.

3. Pastikan baterai terisi daya

Mengapa kita perlu memastikan baterai kita terisi penuh saat melakukan reset pabrik? Karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di smartphone. Oleh karena itu, prosesnya harus berjalan lancar dan tidak terganggu.

Baca juga:   30+ Aplikasi Edit Foto Android Terbaik 2022: Kekinian

Bayangkan dalam proses menghapus data, baterai ponsel Anda akan habis. Hal ini kemudian akan menyebabkan proses reset menjadi tidak ideal. Akibatnya, smartphone akan mengalami sistem crash dan akhirnya booting.

Nah, sebelum memulai proses hard reset ini, Anda disarankan untuk mengisi daya smartphone Anda hingga daya terisi minimal di atas 75%. Dengan begitu, proses reset akan aman dan tidak ada risiko terganggu di tengah jalan.

Kode reset rahasia

Kode Rahasia Reset Pabrik Samsung

Anda mungkin pernah mendengar tentang tampilan jam yang dapat digunakan untuk mengatur ulang pengaturan pada ponsel Samsung. Memang benar, kita bisa melakukan factory reset dengan kode rahasia tertentu. Saya ingin tahu? Berikut caranya:

  • Pertama, masukkan nomor di masing-masing ponsel cerdas Anda dengan cara yang sama seperti saat Anda akan menelepon.
  • Kemudian masukkan salah satu kode rahasia berikut:
  • Setel ulang ke pengaturan pabrik: *2767*3855#
  • Hard Reset pengaturan pabrik: ##7780##
  • Kemudian ikuti petunjuk yang muncul di layar.
  • Kemudian tunggu saja sampai akhir proses penghapusan data di smartphone.

Mungkin ada yang bertanya-tanya apa perbedaan antara reset pabrik dan hard reset? Untuk mengatur ulang pengaturan, kami akan mengembalikan pengaturan HP ke kondisi pabrik. Sedangkan hard reset akan menghapus semua data yang ada di memori internal berupa file atau aplikasi.

Cara Reset Pabrik HP Samsung

Umumnya, semua tipe ponsel Samsung menyediakan fitur factory reset ini di bagian pengaturan. Mungkin bagi yang belum tahu tempatnya. Untuk melakukannya, ikuti panduan berikut:

1. Buka pengaturan

Setel ulang Samsung melalui Pengaturan

Langkah pertama tentunya buka menu setting di masing-masing HP Samsung kamu. Kemudian gulir ke bawah dan cari opsi “Cadangkan dan Atur Ulang”.

2. Lakukan reset pabrik

Setel ulang Samsung melalui Pengaturan

Setelah itu, Anda akan menemukan opsi Factory Data Reset atau Factory Reset. Silakan klik pada opsi jika Anda yakin. Saat konfirmasi muncul, Anda cukup memilih OK.

Baca juga:   6+ Cara Cek Nomor XL Sendiri lewat Dial, SMS, Apk (Terbaru 2022)

3. Tunggu proses uninstall

Terakhir, kita tinggal menunggu proses reset smartphone. Biarkan saja dan jangan tekan apapun sampai selesai. Biasanya, HP melakukan boot/restart secara otomatis setelah selesai. Dan ini tandanya factory reset berhasil dilakukan.

Catatan. Untuk beberapa model Samsung, lokasi menu reset mungkin sedikit berbeda. Coba cari di bagian pengaturan sistem untuk menemukan opsi ini. Tindakan lebih lanjut serupa dengan yang dijelaskan di atas.

Cara mereset semua jenis ponsel Samsung

Smartphone Android, seperti Samsung, biasanya dilengkapi dengan mode pemulihan. Ini adalah fitur bawaan yang digunakan untuk memperbaiki bug di sistem Android.

Nah mode ini juga memiliki fitur factory reset yang bisa kamu gunakan. Mungkin sebagian dari kalian ada yang belum tahu cara masuk recovery mode di hp samsung. Silakan ikuti panduan berikut:

1. Matikan ponsel cerdas Anda

Sebelum Anda dapat masuk ke mode pemulihan, ponsel Samsung Anda harus dimatikan. Matikan terlebih dahulu dan pastikan benar-benar mati.

2. Masuk ke Mode Pemulihan Samsung

Kemudian tekan tombol Power + Home + Volume Up secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik. Setelah ponsel Anda sedikit bergetar dan logo Samsung muncul di atasnya, lepaskan ketiga tombol tersebut.

3. Berhasil masuk ke mode pemulihan

Jika semuanya dilakukan dengan benar sesuai dengan panduan di atas, maka Anda seharusnya sekarang telah berhasil masuk ke mode pemulihan. Dalam mode ini, layar sentuh tidak akan berfungsi.

Anda dapat menggunakan tombol volume untuk bergerak ke atas dan ke bawah. Sementara itu, Anda dapat menggunakan tombol Home atau tombol Power (bagi yang ponselnya tidak lagi menggunakan tombol Home) untuk memilih menu-menu tertentu.

4. Pilih Wipe Data/Factory Reset.

Atur Ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Di menu awal dalam mode pemulihan, Anda akan melihat opsi Wipe Data/Factory Reset. Gunakan tombol Volume untuk menavigasi ke opsi, lalu pilih menggunakan tombol Daya atau tombol Rumah.

Baca juga:   4 Cara Mematikan Pemberitahuan Instagram di HP

5. Konfirmasi

Atur Ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Anda kemudian akan diminta untuk mengonfirmasi sebelum melanjutkan proses reset ponsel Samsung. Cukup pilih opsi Ya untuk memulai.

6. Proses reset pabrik

Atur Ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Sekarang ponsel Samsung Anda akan memulai proses penghapusan semua file di sistem. Tunggu saja prosesnya sampai selesai dan jangan tekan tombol apapun.

7. Memuat

Atur Ulang Pengaturan Samsung melalui Mode Pemulihan

Setelah proses penghapusan file selesai, Anda akan kembali ke menu mode pemulihan asli. Disini kita cukup me-reboot smartphone dengan memilih opsi Reboot System Now. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai dan smartphone masuk ke layar beranda.

8. Penyetelan ulang pabrik berhasil diselesaikan

Sejauh ini proses factory reset telah berhasil diselesaikan dan semua data di smartphone telah terhapus seluruhnya. Silakan periksa apakah ada kesalahan lagi yang terjadi pada ponsel Anda.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang cara reset semua jenis hp samsung. Langkah ini biasa digunakan sebagai upaya terakhir yang paling efektif untuk mengatasi kesalahan HP atau boot loop. Bagi yang belum ahli, coba minta bantuan teman yang lebih tahu.


https://storyforgeproductions.com