Banyak yang langsung menyarankan untuk menginstal ulang sistem operasi. Mungkin ini akan menyelesaikan masalah, tapi mungkin itu bukan solusi terbaik yang bisa dilakukan. Padahal segala bentuk error di windows 10 bisa kita atasi tanpa install ulang. Yang perlu kita lakukan adalah mereset Windows 10 yang kita gunakan.

Mungkin banyak yang belum tahu kalau sistem operasi ini memiliki fitur formatting yang sering kita jumpai di smartphone. Jadi sistem akan direset lagi untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh virus atau file yang hilang.

Menangkan 10 fungsi reset

Mungkin masih banyak lagi yang bertanya-tanya apa saja manfaat factory reset pada komputer. Fungsi yang satu ini memiliki banyak fungsi, terutama untuk mengatasi berbagai masalah pada sistem operasi.

1. Perbaiki kesalahan OS

Nama sistem pasti mengalami beberapa masalah. Jika error yang terjadi pada OS tergolong alarm, maka harus segera diperbaiki. Salah satu caranya adalah dengan melakukan factory reset.

Lihat juga: Cara memperbarui Windows 10.

2. Mengatasi komputer lemot/lag

Memang sangat mengganggu jika perangkat yang kita gunakan lemot. Ketika digunakan untuk menjalankan sebuah perintah, maka akan memakan waktu lama untuk memprosesnya. Jadi mungkin reset sistem bisa menjadi solusinya.

3. Pembersihan virus

Virus dan malware masih menjadi salah satu ancaman paling berbahaya bagi PC dan laptop. Jika sudah terinfeksi malware, terkadang antivirus tidak selalu bisa memprosesnya.

Salah satu tip yang paling umum digunakan adalah menghapus semua file di hard drive dengan reset ini, termasuk virus dan malware.

Jika virus menyerang komputer, kita harus membersihkannya terlebih dahulu. Anda dapat menerapkan cara menghapus virus di PC.

4. Kembalikan kondisi PC

Cara termudah untuk mengembalikan komputer Anda ke keadaan default adalah dengan melakukan reset pabrik. Namun, tentu saja catatan aplikasi dan beberapa file di dalamnya juga akan dihapus.

Jika Anda hanya ingin memulihkan Windows, Anda dapat mengajukan permohonan untuk memulihkan Windows 10.

Cara mengatur ulang Windows 10

Tips ini juga terbilang lebih praktis dan lebih mudah daripada menginstal ulang. Kita hanya perlu mengikuti beberapa langkah demi langkah prosedur yang telah disediakan. Silakan merujuk ke panduan berikut.

Baca juga:   8+ Cara Membuat Akun SSH Gratis: Terbaru 2023

1. Buka Pengaturan/Pengaturan

Cara mengatur ulang Windows 10

Pertama-tama kita perlu membuka pengaturan pada PC/Laptop Windows 10. Anda bisa klik Start, lalu pilih menu Settings. Atau, jika ingin lebih mudah, tekan tombol Windows + I.

Cara mengatur ulang Windows 10

Setelah pembukaan berhasil, akan ada banyak menu yang bisa kita temukan. Klik Perbarui & Keamanan, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Klik Opsi Pemulihan.

Cara mengatur ulang Windows 10

Bagian ini akan memiliki beberapa opsi untuk pertanyaan keamanan dan pembaruan sistem. Sekarang, untuk mereset Windows 10, Anda memilih opsi pemulihan. Kemudian, dari menu Atur ulang PC ini, klik Mulai.

4. Setel ulang komputer Anda

Cara mengatur ulang Windows 10

Setelah itu, jendela pop-up akan muncul dengan dua opsi. Opsi pertama adalah me-restart PC, menghapus aplikasi dan pengaturan tetapi tanpa menghapus file pribadi kita.

Sedangkan jika memilih opsi kedua, komputer akan mereset semua data yang ada di perangkat. Ini berarti bahwa aplikasi, pengaturan, dan file yang disimpan di dalamnya akan dihapus.

Cara mengatur ulang Windows 10

Jadi mana yang harus dipilih? Dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu. Jika Anda memiliki banyak data penting, pilih opsi pertama. Namun jika sebelumnya Anda sudah melakukan backup, Anda bisa memilih opsi kedua.

5. Konfirmasi ulang

Cara mengatur ulang Windows 10

Sebelum proses dimulai, perangkat akan terlebih dahulu meminta konfirmasi. Jika Anda yakin, klik saja tombol “Berikutnya”.

6. Peringatan setel ulang PC

Cara mengatur ulang Windows 10

Selanjutnya, pemberitahuan peringatan terakhir akan muncul. Di sana Anda akan melihat apa yang akan dihapus dari perangkat kami. Dimulai dengan aplikasi, pengaturan PC akan kembali ke default dan beberapa hal lainnya. Saat Anda siap, klik Reset.

7. Tunggu proses factory reset

Cara mengatur ulang Windows 10

Sekarang di sini perangkat akan segera memulai proses reset. Kita hanya perlu menunggu prosesnya selesai. Durasi yang dibutuhkan bervariasi dari 30 menit atau lebih.

Baca juga:   Cara Menghapus Log dan Pencarian Facebook di HP & PC

8. Reset berhasil

Setelah reset berhasil maka secara otomatis akan restart sehingga hasil reset sesuai dengan yang diharapkan, setelah direstart sudah bisa digunakan seperti semula. Tentunya dengan pengaturan dan hal lain yang sudah diatur ulang.

Cara mereset Windows 10 menggunakan CMD

Langkah-langkah di atas cukup ampuh untuk memperbaiki Windows 10 yang bermasalah pada Windows, berikut cara reset Windows 10 menggunakan cmd.

1. Buka prompt perintah

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Langkah pertama cari cmd, lalu klik kanan dan pilih “Run as administrator”. Berguna untuk menjalankan cmd dengan hak admin.

2. Jalankan perintah pindai

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Saat terbuka, Anda harus masuk sfc/scannow lalu enter untuk melanjutkan. Ini berguna untuk memindai jendela.

3. Tunggu proses scan

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Proses kemudian akan memindai jendela dengan hati-hati, memberi tahu Anda jika ada kerusakan. Untuk durasi pemindaian yang bervariasi, pastikan Anda masih menunggu proses pemulihan.

4. Periksa hasil pemindaian

Perbaiki Windows 10 dengan CMD

Jika ada masalah, pemberitahuan dengan detail akan muncul dan berhasil diperbaiki.

Kesimpulan

Berikut cara reset Windows 10 di PC dan laptop. Dengan melakukan reset, Anda akan dapat mengatasi berbagai macam error yang terjadi pada sistem operasi Win 10.

Semoga tips diatas bisa menjadi solusi tanpa harus install ulang. Jika ada yang punya kritik, saran, atau pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com