Kabar buruk datang dari saham-saham dengan kode emiten GOTO menguji ARB 9 hari berturut-turut.

Benarkah kondisi ini membuat IHSG tertekan? Temukan jawabannya di My Financial berikutnya!

Saham GOTO jatuh ke ARB

Setelah badai PHK, perusahaan teknologi terbesar di Indonesia PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. dengan kode emiten GOTO, kembali membawa kabar buruk.

Karena nilai saham mereka harus turun dan melanjutkan trend. kegagalan otomatis bawah (ARB) Kamis lalu (12/01/22), serta 3 hari sebelumnya.

Uniknya Kamis lalu adalah hari pertama pembukaan isolasi saham sebelum IPO. Saham GOTO jatuh 10 poin atau 6,62% ke level Rp 141 pada akhir perdagangan kemarin.

Level ini adalah yang terendah sejak debut GOTO pada IPO korektif. 58,28% dari harga IPO Rp 338 per saham.

Harga saham lesu, nilai kapitalisasi pasar turun

Efek Domino Dibalik Melemahnya Harga Saham GOTO Mempengaruhi Nilai kapitalisasi pasar perusahaan juga menurun.

Tentu kita tahu bahwa pada saat IPO pada 11 April 2022, kapitalisasi pasar GOTO mencapai Rp400,31 triliun. Namun, pada pelelangan pada Kamis, 1 Desember, hanya tersisa Rp 167 triliun.

[Baca Juga: Makin Bengkak! Apa Penyebab GoTo Terus Rugi?]

Alasan penurunan saham GOTO

Komentator pasar modal Hans Kwi mengatakan bahwa jatuhnya saham GOTO sebagai akibat dari pembukaan periode isolasi. Menurutnya, pelaku pasar bereaksi berlebihan.

“Memang biasanya pasar selalu bereaksi berlebihan terhadap suatu peristiwa. Jadi terlalu banyak bergerak ujar Hans saat melansir Finance.detik.com (12/01).

Namun, Hans menyatakan keyakinannya bahwa saham GOTO bisa naik.

Hal ini karena perusahaan memiliki potensi dan penguasaan pasar yang sangat besar. Baik dari sektor transportasi maupun berbasis sektor jasa on line Lain.

“Memang sejak awal perusahaan sudah menjelaskan bahwa saat ini dalam posisi rugi dan mungkin masih dalam posisi rugi ke depannya. Tetapi jika kita benar-benar sebuah perusahaan yang menunjukkan peningkatan, maka jika kita memperhatikan keuntungan marjinal, penurunannya akan mulai berkurang. Artinya, kontribusi margin perusahaan kemungkinan besar akan berubah ke arah yang positif di masa mendatang.” dia menambahkan.

Minat investor untuk membeli saham GOTO tetap kuat

Meski masalah saham GOTO terus bermunculan, minat investor untuk membeli saham perusahaan teknologi ini tetap tinggi.

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), volume transaksi per 1 Desember 2022 sebanyak 462 juta saham senilai Rp65,12 miliar.

Jika teman keuangan saya juga tertarik untuk membeli saham ini, Ayo, baca artikel berikut Ini Tempat Aman dan Resmi Beli Saham GoTo!

Benarkah IHSG dalam tekanan?

Melemahnya saham GOTO juga bukan kabar baik bagi IHSG. Pasalnya, indeks harga saham gabungan (IHSG) hingga LQ45 juga ikut terpengaruh.

Ini dinyatakan secara langsung Analis Teknis Pemecah Kanaka Hita, Andhika Chipta Labora.

Dimana saham GOTO memiliki bobot sekitar 6% dan masuk dalam 5 besar IHSG. GOTO bersebelahan dengan BBCA, BBRI, TLKM dan BMRI.

Selain IHSG, GOTO juga masuk dalam sejumlah indeks benchmark BEI lainnya seperti LQ45, IDX30 dan IDX LQ45. Pemimpin Rendah Karbon.

Seiring dengan pelemahan saham GOTO selama 9 hari berturut-turut, IHSG juga mengalami koreksi. Setidaknya JCI sudah diperbaiki 0,86%LQ45 -1,34%dan IDX30 -1,88% dalam periode yang sama.

Periksa kembali portofolio investasi Anda, ayo!

Saat ini, saham GOTO masih jauh dari sempurna. Padahal, untuk bisa menyentuh ARB harus mengalami pengurangan.

Apakah saat ini Anda salah satu yang mengoleksi stok ini? Ayo, coba perhatikan dan evaluasi kembali portofolio investasi Anda.

Jangan lupa menginap juga update dan mendengarkan pergerakan pasar setiap saat. Sehingga Anda bisa terus menghasilkan uang dan tidak menumpuk kerugian.

Untuk referensi panduan investasi, Anda bisa membaca buku elektronik bebas dari keuanganku Panduan pemula untuk berinvestasi saham.

Jika Anda menghendaki menukarkan lebih dalam tentang ulasan portofolio investasi, sobat keuangan bisa berdiskusi bersama perencana keuangan Omong-omong, keuangan saya klik spanduk di bawah ini untuk membuat janji, Ya!

Ini adalah informasi tentang saham GOTO yang didapat ARB. Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar, ya?

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber referensi:

  • Annisa Kurniasari Saumi. 02 Desember 2022 GOTO ARB Share 4 Sesi Tekan IHSG ke LQ45, Ini Rekomendasi Analis. Bisnis.com – https://bit.ly/3B58TAJ
  • Parluhutan Situmorang. 01 Desember 2022 Meski ARB ditutup, minat investor untuk membeli saham GOTO tetap tinggi. Investor.id – https://bit.ly/3Y1xnVw
  • Ahmad Dwi Africadi. 01 Desember 2022 Saham GoTo terhenti hari ini, bagaimana dengan besok? Detik.com – https://bit.ly/3uidPOV




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Sah! UU PPSK Atur Pengawasan Aset Kripto oleh OJK