Efek penurunan kinerja Pergi ke gudang membawa anak perusahaan Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler, menjadi sorotan. Benarkah anjloknya saham GoTo juga berimbas pada keuangan induk usaha Telkom?

mari kitasimak artikel Finansialku berikut untuk informasi lebih lanjut.

Telkom minus dampak penurunan imbal hasil saham GOTO

Anak perusahaan Telkom Indonesia (TLKM), komunikasi seluler PT Telekomunikasi (Telkomsel), tiba-tiba menjadi sorotan. Hal ini tidak terlepas dari penurunan harga saham perseroan. Lari raksasa yaitu PT Aplikasi Karya Anak Bangsa alias GOTO.

Telkomsel diketahui telah berinvestasi di GOTO. Namun belakangan saham GOTO menunjukkan kinerja yang negatif.

[Baca Juga: Butuh Dana Rp 3,8 Triliun, TLKM Akan Bangun Satelit HTS]

Akibatnya, pertumbuhan laba bersih PT Telkom Indonesia (TLKM) pada triwulan I tahun 2022 harus tertahan karena kerugian besar yang belum terealisasi (kehilangan yang belum direalisasi).

Pendapatan TLKM pada kuartal I 2022 sebesar Rp 35,2 triliun. Pendapatan TLKM tumbuh sebesar 3,7% dibandingkan tahun lalu. tahun demi tahun (YoY) dari Rp 33,94 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara kerugian yang belum direalisasit diuji oleh Telkom sebesar Rp 881 miliar.

[Baca juga: Di Sini Tempat Beli Saham GoTo yang Aman dan Resmi!]

Pelanggaran Dibalik Investasi GOTO Telkomsel

Namun, di balik investasi yang dilakukan Telkomsel, muncul keanehan. Demikian disampaikan mantan Direktur YLBHI Agustinus Edi Cristanto.

Dia menyoroti langkah yang diambil Telkomsel untuk mengalokasikan dana hingga Rp 6,3 triliun.

Pasalnya, ia melakukan perjanjian dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa pada 16 November 2020 sebagai penyertaan dalam bentuk obligasi konversi tanpa bunga.

[Baca Juga: Mantul! Bank Mandiri Jadi Bank dengan Aset Terbesar]

Biaya investasi 150 juta dollar AS (2,116 triliun rupee) untuk jangka waktu 3 tahun. Kesepakatan itu dibuat sebelum merger antara Gojek dan Tokopedia.

“Pada tanggal 18 Mei 2021, GOTO dan Telkomsel mengadakan perjanjian jual beli saham. US$150 juta (Rp2,116 triliun) dikonversi menjadi 29.708 saham. Opsi untuk membeli saham preferen adalah US$300 juta (Rs. 4.290) triliun terhadap 59.417 saham.” kata Agustinus, dilansir dari situs Suara.com (16/05).

Tak berhenti sampai di situ, Agustinus juga menegaskan pengamat menekankan besaran asimilasi investasi sebesar Rp 6,3 triliun. Pasalnya, saham GOTO kini turun lebih dari 50%.

Antara 11 April dan 13 Mei 2022, saham GOTO mencapai Rs 194 per saham. Dibandingkan dengan IPO, penurunannya adalah 42%.

“Jika penurunannya 50%, maka dibutuhkan setidaknya peningkatan 100% untuk kembali ke titik awal. Bisakah Anda menghitung berapa persentase yang Anda butuhkan untuk meningkatkan GOTO agar dapat kembali ke harga IPO?” kata Agustinus.

Tanggapan Telkom Terkait Anjloknya Saham GOTO

Di sisi lain, Telkom Indonesia menilai perkembangan harga saham saat ini adalah hal yang wajar. Termasuk saham GOTO yang saat ini sedang mengalami koreksi yang cukup signifikan.

Ini secara langsung dinyatakan Wakil Presiden Senior Komunikasi Perusahaan dan Hubungan Investor Telkom Ahmad Reza. Menurut dia, harga saham bisa terkoreksi cukup dalam, namun bisa juga melonjak cukup tinggi.

Reza menambahkan, naik turunnya harga saham bisa keuntungan dalam bentuk uang dan modal hilang.

“Dinamika harga saham merupakan hal yang lumrah. Sebagai contoh, tahun lalu kami mencatat laba yang belum direalisasi atas investasi GoTo sebesar Rp 2,5 triliun. Tapi sekarang mungkin ada kerugian yang belum direalisasi.” kata Reza sambil lari dari pad republika.co.id (16/05).

Apa rekomendasi Anda untuk saham Telkom (TLKM)?

Lalu bagaimana kinerja saham Telkom Indonesia dalam menyikapi penurunan harga saham GOTO? Di bawah ini adalah beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan.

Pendapatan Bersih #1 Telkom Indonesia Naik Sedikit

Seperti disebutkan sebelumnya, TLKM menghasilkan pendapatan sebesar Rp 35,2 triliun pada kuartal pertama tahun 2022. Pendapatan TLKM tumbuh sebesar 3,7% YoY. tahun demi tahun (y/y) dari Rs 33,94 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Namun, laba bersih mereka naik 1,73% menjadi Rs 6,1 triliun.

[Baca Juga: TOK! Ekspor CPO Resmi Dilarang Pemerintah, Ini Alasannya]

#2 Kerugian yang Belum Direalisasi

Kemudian untuk kerugian yang belum direalisasi (kehilangan yang belum direalisasi), diuji oleh Telkom Indonesia (TLKM), yaitu Rp 893 miliar.

Namun, diketahui dari laporan keuangan bahwa perubahan nilai wajar penyertaan Telkom pada saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berkontribusi terhadap kerugian yang belum direalisasi pada Rs 881 miliar pada Maret 2022.

Berdasarkan informasi dari Jasa Utama Capital Sekuritas, analis Cheryl Tanuwijaya mengatakan jika kerugian ini terus berlanjut bahkan bertambah, aset Telkom bisa tergerus.

Apalagi, lanjutnya, pada 2022 tidak akan ada perubahan signifikan dari sisi prospek TLKM, khususnya anak perusahaannya. Ini karena ada masalah dalam hal menaikkan suku bunga.

“Kemungkinan tidak akan ada perubahan signifikan pada anak perusahaan TLKM karena masalah kenaikan suku bunga, yang belum diketahui seberapa besar bebannya ke depan,” kata Cheryl memulai dari website. kontan.co.id (16/05).

Dilihat dari berita di atas, apakah Anda tertarik untuk membeli saham TLKM? Bagi Anda yang masih baru, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari berinvestasi saham untuk pemula.

Anda bisa mendapatkan informasi ini melalui buku Elektronik keuangan saya”Panduan pemula untuk berinvestasi di saham“Jadi ayolah. ayo download e-booknyadi sini GRATIS!

Spanduk Promosi E-book Petunjuk Cara Dapat Menguntungkan Saham - PC
E-Book Banner Promosi Panduan Cara Mendapatkan Keuntungan dari Saham - HP
Spanduk Promosi E-book Petunjuk Cara Dapat Menguntungkan Saham - PC

Demikian informasi mengenai penurunan kinerja saham GOTO yang berdampak pada Telkom Indonesia (TLKM). Jadi apa pendapat Anda tentang informasi ini? Jangan takut untuk menulis di komentar!

Redaktur: Ratna S.Kh.

Sumber tautan:

  • M Nurhadi. 16 Mei 2022 Telkom “dikurangi” triliunan investasi di GOTO, pakar: ini 42% lebih sedikit dibandingkan dengan IPO. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3lf9MOG
  • Ichsan Emrald Alamsia. 16 Mei 2022 Soal anjloknya saham GOTO, demikian komentar Telkom Group. Bisnis.com – https://bit.ly/38qTEHq
  • Julian Khem. 17 Mei 2022 Rugi Investasi di GOTO, Ini Rekomendasi Saham Telkom (TLKM). Kontan.co.id – https://bit.ly/3yIUfPg




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Uji Coba KRIS, Berikut Iuran BPJS Kesehatan Terbaru 2022!