Tangkapan layar adalah hasil yang menangkap layar atau menyimpan hasil layar sebagai foto atau gambar. Jadi Anda bisa mengambil foto layar di ponsel android Anda hanya dengan menggunakan satu ponsel android, yaitu ponsel android itu sendiri.

Saya pikir memiliki tangkapan layar sangat penting, kita dapat menyimpan beberapa hasil data yang mungkin ingin kita simpan di ponsel android kita.

Nah, secara umum ada dua fitur yang membedakan ponsel Android di bidang screenshot, yaitu ada smartphone Android yang memiliki fungsi screenshot di default atau fungsi default. Dan beberapa tidak memiliki fitur screenshot secara default.

Untuk smartphone yang tidak memiliki fitur screenshot bawaan, Anda tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa mengambil screenshot di ponsel Android Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga. Adapun cara screenshot di hp android untuk semua tipe merk dan tipe hp android.

Cara Mengambil Screenshot Ponsel Android dengan Aplikasi

Jadi Anda dapat mengambil tangkapan layar di semua ponsel Android, tetapi kita perlu menginstal aplikasi untuk dapat mengambil tangkapan layar ponsel Android dengan mudah.

1. Tangkapan Layar Sentuh

Pada langkah pertama, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi screenshot android, untuk langkah demi langkah, Anda dapat mengikuti yang berikut ini.

  1. Download dulu aplikasinya, lalu buka aplikasinya.
  2. Kemudian klik “Mulai>” dan ikon tangkapan layar akan muncul.
  3. Untuk screenshot, Anda dapat mengklik ikon dan akan menyimpannya di galeri ponsel.

2. Tangkapan Layar Oke

Tangkapan Layar Oke

Aplikasi screenshot pertama yang kami gunakan adalah OK Screenshot. Dengan adanya aplikasi OK Screenshot, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil screenshot atau screenshot di ponsel Anda tanpa harus menekan kombinasi tombol fisik.

  1. Unduh dan instal aplikasi OK Screenshot.
  2. Kemudian buka aplikasi screenshot, lalu pilih mode screenshot yang akan Anda gunakan. Centang Power and Home >, lalu klik Finish.
  3. Sekarang untuk mengambil tangkapan layar, cukup tekan tombol daya dan beranda secara bersamaan dan tahan selama 3 detik.

Lihat juga: Cara mengedit tangkapan layar.

3. Tangkapan Layar Mudah

Tangkapan layar

Screenshot Easy adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot. Tidak seperti kebanyakan aplikasi tangkapan layar lainnya, aplikasi yang dibuat oleh Ice Clod Apps ini menawarkan berbagai metode tangkapan layar yang tepat untuk Anda.

  1. Langkah pertama: unduh dan instal aplikasi Screenshot Easy dari Play Store.
  2. Buka aplikasi Screenshot Easy, kemudian jika ponsel Anda di-root dan meminta akses root, izinkan. Tapi tenang saja karena Screenshot Easy bisa digunakan meski ponsel Anda belum di-root.
  3. Screenshot Easy nantinya akan menentukan metode screenshot mana yang digunakan secara default di ponsel Anda.
  4. Selain itu, di layar beranda, Anda akan disajikan beberapa opsi untuk mengambil tangkapan layar yang tersedia di aplikasi ini.
  5. Anda dapat memilih sesuai keinginan Anda, mulai dengan menggunakan ikon overlay, tombol goyang atau kamera (jika tersedia), atau menggunakan metode kombinasi tombol default.
  6. Misalnya kita memilih untuk menggunakan icon overlay, lalu kita klik Options. Mulai menangkap menggunakan fitur aplikasi ini.
  7. Kemudian nanti Anda akan menemukan tombol mengambang di layar ponsel Anda. Sekarang ini adalah tombol yang Anda gunakan untuk mengambil tangkapan layar.
Baca juga:   2 Cara Mengembalikan Data dari Ransomware Rumba + Menghapus

Dengan cara ini Anda tidak perlu lagi menekan tombol kombo jika ingin mengambil screenshot. Selain itu, Anda juga dapat mengedit tangkapan layar secara langsung sebelum menyimpan atau membagikannya.

Cara mengambil tangkapan layar di ponsel Android

Untuk mengambil screenshot, seperti yang saya jelaskan, Anda dapat menggunakan fungsi default jika ada, dan jika tidak ada fungsi default screenshot, Anda dapat menggunakan metode dari poin kedua.

1. Tangkapan layar di ponsel Android Samsung

Tangkapan layar di ponsel Android Samsung

Cara screenshot paling mudah di hp android merk samsung tipe galaxy tanpa harus install aplikasi, tekan tombol Tombol daya dan “Rumah” (Daya + Rumah), secara bersamaan dan tahan selama 3 detik. Kemudian screenshot disimpan di lokasi sd card jika tidak ada folder utama di sd card. Lalu pergi ke folder kamera.

2. Tangkapan layar ponsel Android Oppo

Tangkapan layar ponsel Android Oppo

Sama seperti Samsung, yang tidak memerlukan aplikasi tambahan saat mengambil tangkapan layar, disarankan untuk memanfaatkan fitur ini karena cukup sederhana. Cara mengklik tombol Daya dan volume (-) turun lalu tekan bersamaan selama 3 detik hingga terdengar suara / capture, maka screenshot akan berhasil digunakan. Foldernya ada di kamera atau galeri.

3. Tangkapan layar di ponsel Android Vivo

Tangkapan layar di ponsel Android Vivo

Kemudian cara screenshot di hp vivo juga tidak kalah bedanya dengan cara screenshot di hp lain. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol fisik yang sangat mudah diakses dan karenanya lebih cepat digunakan.

Caranya tekan tombol Volume Down (-) + Power secara bersamaan hingga layar HP Vivo yang kamu gunakan mulai berkedip. Kemudian nanti screenshot tersebut akan tersimpan di galeri handphone kamu dan kamu bisa melihat hasilnya.

4. Tangkapan layar di ponsel Android Xiaomi

Tangkapan layar di ponsel Android Xiaomi

Untuk tipe handphone Xiaomi, umumnya ada dua cara untuk mengambil screenshot layar handphone. Cara pertama tidak jauh berbeda dengan handphone lainnya yaitu dengan cara menekan tombol volume bawah (-) + power secara bersamaan hingga layar handphone berkedip dan hasilnya tersimpan di galeri handphone anda.

Baca juga:   11 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis

Kemudian cara screenshot hp xiaomi kedua ini sangat berbeda dengan tipe hp lainnya yaitu tanpa menggunakan tombol fisik sama sekali. Caranya geser ke bawah dengan tiga jari pada layar ponsel, kemudian akan diambil screenshot dan disimpan ke galeri ponsel Anda.

5. Tangkapan layar di ponsel Android Asus

Tangkapan layar di ponsel Android Asus

Untuk HP merk Asus juga cara screenshotnya sama dengan HP pada umumnya. Yaitu dengan kombinasi tombol fisik pada ponsel Asus ini.

Caranya tekan tombol volume bawah (-) + power secara bersamaan hingga layar HP Asus yang kamu gunakan mulai berkedip. Kemudian nanti screenshot tersebut akan tersimpan di galeri handphone kamu dan kamu bisa melihat hasilnya.

Baca Juga: Aplikasi Screenshot untuk Laptop

Kesimpulan

Screenshot adalah fitur yang umumnya hampir tersedia di semua jenis smartphone Android dan iOS. Untuk mengambil screenshot, pada kebanyakan smartphone, tekan kombinasi tombol volume bawah (-) + power secara bersamaan hingga layar ponsel berkedip.

Namun untuk beberapa merk HP, ada cara lain, seperti swipe ke bawah dengan tiga jari di layar seperti di ponsel Xiaomi, dan dengan tombol volume bawah (-) + home di ponsel Samsung.

Pertanyaan dan jawaban

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan umum dari pembaca yang mungkin ingin Anda tanyakan juga.

Metode yang sering digunakan untuk screenshot?

Menggunakan kombinasi tombol volume bawah (-) + power

Apakah semua jenis handphone bisa menggunakan kombinasi tombol volume bawah (-) + power untuk screenshot?

Tentu saja tidak, tetapi sebagian besar ponsel dapat menggunakan metode ini.

Gampang sob, cara screenshot hp android kalo masih bingung atau mau ngomong apa. Silahkan tinggalkan komentar anda di kolom komentar, selamat mencoba kawan.


https://storyforgeproductions.com