Salah satu perangkat keras laptop yang menjalankan fungsi cukup penting adalah speaker laptop. Peran speaker laptop ini terkadang sangat dibutuhkan baik untuk kebutuhan kerja maupun sebagai alat hiburan untuk mendengarkan musik.

Namun, salah satu masalah paling umum yang dihadapi pengguna laptop adalah suara speaker laptop yang rusak. Suara speaker laptop rusak bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Lihat juga: Cara mengatasi masalah “Headset tidak terdeteksi”.

Penyebab speaker laptop rusak

Nah, berikut ini beberapa faktor penyebab suara speaker laptop menjadi pecah atau rusak. Hal ini juga perlu dihindari agar tidak terulang kembali.

1. Volumenya terlalu keras

Salah satu penyebab kerusakan speaker laptop yang ditandai dengan gangguan reproduksi suara adalah disebabkan oleh pengguna menggunakan volume yang berlebihan atau terlalu keras saat memutar musik. Karena itu, atur volume ke sedang.

2. Pasang dan cabut headphone Anda terlalu sering

Kemudian penyebab kerusakan speaker pada laptop yang kedua adalah kita sering mencabut jack audio pada headphone, yang dapat menyebabkan speaker mati karena jack audio yang pendek.

3. Speaker kotor

Alasan mengapa speaker laptop rusak atau mengeluarkan suara terputus-putus dapat disebabkan oleh banyak debu yang menempel pada speaker laptop. Oleh karena itu, jangan remehkan keberadaan debu atau kotoran pada speaker laptop karena dapat merusak speaker laptop.

Cara mengatasi suara speaker laptop rusak

Oleh karena itu, jika suara speaker laptop yang rusak hanya terdapat speaker kiri saja, maka speaker tersebut bisa kita matikan, begitu pula sebaliknya jika speaker kanan yang rusak hanya bisa kita matikan speaker kanannya saja.

Silakan baca langkah-langkah di bawah ini dengan seksama. Untuk mengatasi suara speaker laptop pecah atau berderak.

Baca juga:   Cara Monetisasi Menghasilkan Uang dari Snapchat

1. Buka mixer volume

Buka Pengaduk Volume

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuka volume mixer dengan cara klik kanan pada logo speaker yang terletak di taskbar windows lalu pilih opsi Buka Pengaduk Volume seperti pada gambar di atas.

2. Pilih Speaker/Headphone.

Pilih speaker/headphone

Kemudian, jika volume mixer berhasil dibuka, Anda dapat memilih opsi untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Speaker/Headphone seperti pada gambar di atas.

3. Hapus volume

Hapus volume

Langkah selanjutnya adalah Anda dapat masuk ke tab Tingkat lalu klik opsi Keseimbangan. Setelah itu, Anda dapat mematikan volume pada speaker yang rusak dengan memberikan nilai 0 ke salah satu speaker, aku untuk speaker kiri dan R untuk pembicara yang tepat. Jika Anda mengklik BAGUS.

Pada contoh di atas, Anda akan membisukan volume speaker kiri pada laptop yang Anda gunakan.

4. Proses selesai

Setelah Anda mematikan atau volume salah satu speaker rusak, suara laptop Anda sekarang akan kembali normal, meskipun suaranya tidak seperti dulu.

Tapi setidaknya Anda bisa mendengarkan musik tanpa mengganggu suara speaker.

Bagaimana cara menghilangkan speaker laptop yang berderak

Cara diatas adalah cara mengatasi suara krak-krik speaker saat ada masalah, jika masalah hanya dengan satu speaker saja. Tetapi jika ternyata semua speaker di laptop Anda rusak di kanan dan kiri, maka Anda harus menggantinya.

Namun sebelum itu, ada alternatif lain yang bisa Anda coba yaitu menggunakan speaker eksternal yang banyak dijual di toko aksesoris laptop dan komputer.

Karena banyak sekali speaker yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang murah hingga yang mahal, dari yang berkabel hingga yang nirkabel.

Sesuaikan saja dengan budget dan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya menggunakannya untuk mendengarkan musik, Anda bisa mencari speaker dengan harga murah.

Lihat juga: Cara memperbaiki audio/speaker laptop PC

Kesimpulan

Speaker laptop merupakan salah satu perangkat keras pada laptop yang memegang peranan sangat penting bagi sebagian pengguna, baik untuk keperluan hiburan maupun untuk membantu pengalaman pengguna. Sehingga jika terjadi kerusakan pada speaker laptop tentunya akan mengganggu penggunanya.

Baca juga:   Cara Install (Ulang) Windows 7 dengan Flashdisk & DVD

Pertanyaan dan jawaban

Di bawah ini kami telah mengumpulkan beberapa pertanyaan umum yang mungkin juga ingin Anda tanyakan.

Apa penyebab suara speaker laptop rusak?

Volume terlalu tinggi, jack audio pendek, speaker kotor

Bagaimana cara mencegah gangguan pada suara speaker laptop?

Gunakan volume sedang, jangan terlalu sering melepas headphone dari laptop, bersihkan speaker dari kotoran.

Tips memilih speaker eksternal?

Pilih speaker dengan suara yang bagus dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Demikian pembahasan singkat dari teknoinside tentang cara mengatasi speaker laptop rusak. Semoga pembahasan di atas dapat membantu dan membantu Anda mengatasi suara speaker laptop yang rusak baik di satu sisi maupun kedua sisinya.


https://storyforgeproductions.com