Jaringan 4G merupakan hasil pengembangan dari teknologi jaringan 3G dan 2G. Dalam penerapannya, ada dua jenis standar yang telah dikomersialkan dan digunakan di dunia dalam teknologi jaringan 4G ini.

Standar pertama adalah standar WiMax, dan yang kedua adalah standar Long Time Evolution atau yang sering disebut dengan LTE.

Indonesia sudah lama meluncurkan jaringan 4G LTE. Penyedia jaringan telekomunikasi yang mempelopori teknologi jaringan 4G LTE adalah PT Internux dengan brand name Bolt Super 4G LTE pada September 2013.

Meskipun jaringan 4G ini sudah berjalan cukup lama, namun terkadang masih sulit untuk menjangkau daerah yang jauh dari kota besar.

Hal ini tentunya akan menyebabkan jaringan 4G di daerah tersebut mengalami masalah dan menjadi tidak stabil. Tapi tenang saja karena ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Cara menstabilkan jaringan 4G

Jadi, berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menstabilkan jaringan 4G Anda sehingga Anda dapat menggunakannya untuk bermain game dan lainnya. Berikut cara menstabilkan jaringan 4G.

1. Pilih pengaturan jaringan

Hal ini dikarenakan smartphone Android memang memiliki beberapa pilihan jaringan prioritas, seperti 3G atau WCDMA, 4G LTE dan GSM.

Dan bagi anda yang ingin smartphone Android anda mendapatkan jaringan 4G yang stabil dan handal, anda perlu memilih jaringan 4G LTE prioritas.

Jika Anda bertanya tentang cara mengaturnya, mudah saja. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke “pengaturan atau pengaturan> lalu pilih SIM dan jaringan seluler> lalu pilih SIM lagi dan pilih prioritas 4G”.

2. Aktifkan mode pesawat

Caranya sangat sederhana yaitu mengaktifkan mode penerbangan atau flight mode di smartphone Anda.

Setelah mati, Anda harus menunggu beberapa saat dan kemudian menyalakannya kembali. Dan sekarang Anda dapat melihat perbedaannya ketika tidak diperbarui setelah diperbarui.

Baca juga:   8+ Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek WiFi

3. Nyalakan ulang atau mulai ulang Android

Bagi kamu yang sudah mencoba cara kedua tapi masih sama atau masih kurang lancar, kamu bisa menggunakan opsi ini.

Alternatif ini adalah me-restart smartphone Android Anda. Setelah restart atau restart smartphone, biasanya koneksi internet kembali normal dan lancar.

4. Aktifkan 4G LTE saja

Bagi anda yang sudah menerapkan ketiga cara diatas namun masih mengalami masalah dengan sinyal yang tidak lancar atau sinyal 4G tidak muncul sama sekali.

Kemudian Anda bisa menggunakan cara alternatif yang terakhir. Cara terakhir yang akan saya jelaskan untuk mengatasi jaringan yang buruk adalah dengan mengubah jaringan 3G menjadi 4G melalui dial.

Dan cara memanggilnya adalah dengan menekan ##4636## dan hubungkan. Setelah panggilan berhasil, Anda akan ditawari beberapa opsi untuk pengaturan jaringan.

Selanjutnya, Anda harus memilih kartu SIM yang benar-benar Anda sambungkan ke Internet. Bagi Anda yang telah menyelesaikan langkah-langkahnya, akan muncul layar seperti di bawah ini:

bagaimana memulai jaringan 4g

Pada contoh gambar di atas, Anda dapat melihat hasil yang mengatakan “TD – SCDMA, GSM atau WCDMA, 4G LTE” yang perlu Anda klik dan kemudian temukan yang mengatakan “4G LTE ONLY”.

Dan setelah itu, sinyal jaringan android Anda akan otomatis mencari jaringan yang Anda minta dan menunggu beberapa saat untuk memastikan Anda melihat hasilnya.

Namun jika anda sudah mengikuti semua cara diatas namun belum berhasil atau sinyal jaringan 4G masih buruk, maka sekarang anda perlu mencari tahu apa penyebab masalah jaringan anda.

Misalnya, dalam hal di mana Anda berada sekarang, perangkat Android yang Anda gunakan, dan kartu SIM yang Anda gunakan.

5. Penguat Stabilizer Tautan

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menstabilkan jaringan 4G di wilayah Anda. Karena aplikasi ini memiliki beberapa fungsi utama, di antaranya adalah fungsi stabilisasi sinyal.

Baca juga:   5+ Cara Update Windows 10 Terbaru 2022: Lengkap

Dan secara otomatis menyambung kembali (reconnect) jika koneksi internet tiba-tiba terputus. Selain itu, terdapat juga fitur Force Connect yang dapat Anda gunakan untuk menjaga koneksi jaringan 4G Anda tetap lancar meskipun jaringan sedang sibuk atau tidak.

6. Penguat kecepatan sinyal jaringan

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

Penguat Kecepatan Sinyal Jaringan adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MCstealth Apps. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik yang akan membantu Anda menstabilkan sinyal jaringan 4G di rumah Anda.

Beberapa fitur menarik dari aplikasi ini adalah dapat meningkatkan penerimaan sinyal, meningkatkan kecepatan internet, mengaktifkan koneksi data, meningkatkan penerimaan sinyal saat panggilan, dan banyak lagi.

7. Perlindungan sinyal gratis

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

Signal Guard Pro adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang Kevin-Zhang. Aplikasi ini dapat meningkatkan sinyal jaringan 4G Anda dan memberi Anda peringatan jika sinyal lemah di wilayah Anda.

Aplikasi ini juga dapat meningkatkan penangkapan sinyal Anda, sehingga koneksi jaringan 4G Anda akan lebih stabil dan tidak terputus. Dengan demikian, Anda akan lebih nyaman berselancar di Internet dengan koneksi yang cepat dan stabil.

8. Buka sinyal

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

Dengan penguatan jaringan 4G tentunya tidak lepas dari sinyal. Oleh karena itu, aplikasi penguat sinyal seperti Open Signal wajib dimiliki oleh smartphone Anda.

Karena aplikasi ini akan memperkuat sinyal lemah yang datang ke ponsel android Anda. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mendeteksi sinyal WiFi yang ada jika koneksi internet ponsel Android Anda sangat lemah.

9. Tweaker HSPA+ (penguat 3G)

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

HSPA+ Tweaker (3G Booster) adalah aplikasi yang dibuat oleh pengembang Brothers Rovers yang dapat digunakan untuk meningkatkan jaringan di ponsel Android Anda.

Jadi Anda tidak perlu khawatir akan lag saat bermain game online, video atau panggilan suara, streaming YouTube, pemutaran media sosial, dll.

Baca juga:   8+ Game Horror Offline & Online Android: Terbaik 2022

10. Penguat dan pengoptimal internet

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

Internet Booster & Optimizer adalah aplikasi yang dapat Anda pilih untuk meningkatkan jaringan 4G di ponsel Android Anda.

Hal ini dikarenakan aplikasi yang dibuat oleh Boosting Tools memiliki fungsi MTU (Maximum Transfer Unit) melalui jalur TCP/IP sehingga Anda dapat menjelajah internet dengan koneksi yang cepat dan stabil.

Selain itu, aplikasi ini juga akan meningkatkan kecepatan internet di ponsel android Anda secara otomatis.

11. Alat Ping Pro

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

Ping Tools Pro adalah aplikasi yang harus Anda coba untuk membantu menstabilkan jaringan 4G di ponsel cerdas Anda.

Karena aplikasi besutan StreamSoft ini memiliki beberapa fitur unggulan yaitu kemampuan untuk melihat status koneksi jaringan, melihat alamat IP router WiFi, dan berbagai informasi tentang ISP.

Namun, versi aplikasi profesional ini berharga Rs 19.000 jika Anda mengunduhnya dari Play Store.

12. Percepat VPN

9 Cara Menstabilkan Jaringan 4g

Selain dapat digunakan sebagai virtual private network atau VPN, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menstabilkan jaringan 4G di HP Android yang Anda gunakan.

Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah jika koneksi Wi-Fi yang Anda gunakan terlalu lambat, aplikasi ini akan otomatis beralih ke koneksi 3G atau 4G. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi khawatir dengan masalah jaringan atau sinyal buruk.

Ini adalah ikhtisar singkat kami tentang cara menstabilkan jaringan 4G Anda sehingga Anda dapat bermain game atau streaming video online dengan cepat, lancar, dan stabil tanpa masalah. Semoga pembahasan di atas bermanfaat dan membantu Anda menstabilkan jaringan 4G di smartphone Anda.


https://storyforgeproductions.com