Menginstal aplikasi WhatsApp tidaklah sulit. Kita hanya perlu membuka Google Playstore, lalu cari aplikasi Whatsapp dan klik tombol “Install”, selesai.

Biasanya memang seperti itu, namun ternyata ada juga yang mengalami kendala saat menginstall aplikasi WhatsApp ini. Misalnya ketidakmampuan mengunduh aplikasi WhatsApp melalui Playstore atau masalah lain yang menghalangi kita untuk menginstal WhatsApp.

Ada beberapa alasan yang dapat mencegah Anda menginstal WhatsApp, termasuk ruang penyimpanan yang tidak mencukupi, ketidakcocokan WhatsApp dengan ponsel Android Anda, dan unduhan atau unduhan yang tidak merespons.

Masalah ini tentu membingungkan bagi orang yang ingin menginstal WhatsApp, terutama yang sangat membutuhkan aplikasi Chat WhatsApp ini untuk kebutuhan sehari-hari dan tidak dapat dipisahkan.

Ada banyak alasan lain yang dapat mencegah Anda mengunduh WhatsApp melalui Playstore. Namun biasanya hal tersebut bukan karena masalah pada aplikasi WhatsApp, melainkan dari Playstore.

Cara mengatasi whatsapp tidak bisa di download

Seperti yang saya katakan, ada berbagai alasan mengapa WhatsApp tidak dapat diunduh. Ini mungkin terkait dengan HP, koneksi internet, ruang penyimpanan, masalah dengan aplikasi Playstore, dan lainnya.

Namun, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan beberapa cara untuk mengatasi ketidakmampuan mengunduh wa, yang akan dijelaskan Technoinside di bawah ini. Langsung saja, berikut cara mengatasi WhatsApp tidak bisa diunduh.

1. Pastikan koneksi internet Anda lancar

periksa koneksi internet

Saat Anda mencari dan mengunduh aplikasi di Play Store, tentunya Anda membutuhkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Hal ini diperlukan agar proses download yang sedang berjalan tidak hang atau terhenti saat proses download.

Masalah serupa sering ditemui oleh pengguna Android, termasuk saat mengunduh aplikasi WhatsApp di Playstore atau mungkin saat memperbarui WhatsApp. Padahal ukuran aplikasi WhatsApp terbilang kecil dibandingkan dengan aplikasi chatting lainnya.

Saran saya: gunakan koneksi internet dengan kecepatan minimal 1 Mbps, tapi harus stabil. Stabilitas artinya koneksi tidak turun atau berfluktuasi secara tiba-tiba, apalagi putus.

Jadi silahkan coba gunakan ISP yang sudah terbukti memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil di rumah anda. Atau Anda juga dapat menggunakan koneksi WIFI untuk unduhan yang lebih stabil dan lebih cepat.

Baca juga:   12+ Aplikasi Streaming Lagu Android Terbaik 2022

2. Penyimpanan perangkat yang tersedia

periksa memori internal

Saat Anda mengunduh dan memasang aplikasi, Playstore menyimpannya ke penyimpanan perangkat Anda atau penyimpanan internal. Ukuran Whatsapp kecil, hanya 20 hingga 30 MB di Playstore.

Meski berukuran kecil, jika memori internal tidak penuh, WhatsApp tidak bisa diinstal. Jadi, saat penyimpanan internal Anda penuh dan aplikasi sedang dimuat, itu bukan proses pengunduhan, tetapi pesan “tidak cukup ruang di perangkat”.

Untuk itulah anda harus menghapus beberapa file yang tidak penting di memori internal handphone anda, caranya adalah :

Membuka Manajer file di ponsel Anda > Silakan cari data yang tidak penting > Lalu Menghapus data atau file.

Misalnya data seperti foto atau video tidak penting atau hasilnya kurang bagus. Atau, Anda juga bisa memindahkan foto atau video ke penyimpanan lain jika dirasa masih membutuhkannya. Anda dapat memindahkannya ke memori eksternal, flash drive, komputer, dll.

Anda juga dapat menghapus aplikasi dan game yang jarang digunakan. Gim ini biasanya berukuran cukup besar sehingga ada cukup ruang di ponsel Anda saat Anda menghapusnya.

Jika Anda memiliki cukup ruang kosong di ponsel Anda, coba unduh ulang aplikasi WhatsApp yang gagal sebelumnya. Maka pesan sebelumnya tentang kekurangan ruang akan hilang, kecuali data yang Anda hapus terlalu kecil dan masih tidak cukup ruang.

3. Hapus data Play Store

hapus data playstore

Bug yang terjadi pada aplikasi Playstore jarang diketahui. Namun, salah satu cara paling ampuh untuk mengatasi error Playstore adalah dengan menghapus data atau clear data Playstore.

Tujuan dari pembersihan data ini adalah untuk mereset playstore agar jika terjadi error maka error tersebut juga akan terhapus. Dengan demikian, diharapkan masalah tidak bisa mendownload aplikasi seperti WhatsApp bisa teratasi.

Cara menghapus datanya sangat sederhana, yaitu:

Memasuki Lokasi > pilih menu meminta > cari dan pilih aplikasi Toko mainan > dan silahkan klik Hapus data.

Jika demikian, coba unduh aplikasi WhatsApp lagi. Atau bisa menggunakan cara lain seperti ini:

Memilih Menghapus atau Copot pemasangan pembaruan di dalam Lokasi > meminta > Toko mainan.

Baca juga:   6 Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci: Terbukti 2022

Cara ini lebih efisien dari cara sebelumnya, jadi bisa dicoba jika tidak berhasil. Mungkin bisa membantu saat whatsapp kadaluarsa dan ingin update.

4. Atur ulang tanggal HP

pengaturan tanggal otomatis

Mungkin Anda tidak pernah menyangka bahwa tanggal dan waktu di ponsel ini sangat mempengaruhi aplikasi. Faktanya, kesalahan tanggal dan waktu di ponsel bisa memengaruhi aplikasi seperti WhatsApp.

Contoh masalah yang bisa terjadi akibat ketidakcocokan tanggal dan waktu adalah WhatsApp tidak bisa menerima gambar. Selain WhatsApp, Playstore juga bisa terkena dampaknya karena hal ini.

Tanggal dan waktu yang salah dapat menyebabkan masalah koneksi, yang kemudian memperlambat respons pengunduhan aplikasi, atau bahkan menyebabkan kesalahan saat mengunduh aplikasi.

Cara mengatasi masalah ketidakcocokan tanggal dan waktu sangat sederhana, berikut caranya:

Memasuki Pengaturan / Pengaturan > pilih menu tanggal dan waktu > klik Atur Otomatis 2x.

Untuk beberapa tipe dan merk handphone mungkin memiliki settingan yang berbeda, namun pada intinya seperti settingan tanggal dan jam secara otomatis sesuai dengan jaringan yang anda gunakan. Jika berbeda, maka Anda bisa menemukannya sendiri, tidak sulit.

5. Memperbaiki kode kesalahan unduhan

perbaiki kode kesalahan unduhan

Saat kita mendownload aplikasi WhatsApp di Playstore, namun ternyata ada error atau masalah tertentu, biasanya saat ini muncul pesan yang ditandai dengan kode error tertentu.

Ada beberapa kode error yang biasanya muncul saat Anda tidak bisa mendownload aplikasi WhatsApp dari Play Store.

Baca juga : Cara Nonton WhatsApp Offline.

Seperti di situs resmi WhatsApp, kode tersebut antara lain: 413, 481, 491, 492, 505, 907, 910, 921, 927, 941 dan DF-DLA-15. Jika Anda menemukan kode-kode ini, Anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Memasuki Pengaturan / Pengaturan > pilih menu Memeriksa > Google > dan pilih Hapus akun > setelah itu silahkan Masuk kembali.

Selain kode di atas, masih ada kode lain seperti 1010, 9191 dan 498. Kode ini bisa kamu pecahkan dengan cara nomor 2 atau nomor 3 yang sudah saya jelaskan di atas. Dan kode terakhir yang biasanya muncul saat download WhatsApp gagal adalah kode 490.

Cara mengatasi masalah ini dengan kode:

Memasuki Pengaturan / Pengaturan > pilih menu meminta > pilih Toko mainan > penggunaan data > tolong Aktifkan penggunaan data latar belakang.

Baca juga:   10+ Cara Mengatasi WiFi Tidak Konek di Windows 10

6. Unduh APK WhatsApp dari situs web resmi.

unduh whatsapp di situs web resmi

Gagal setelah menerapkan cara mengatasi ketidakmampuan download whatsapp di atas? Jadi cara selanjutnya ini bisa anda gunakan dengan mendownload whatsapp langsung dari situs resminya.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki masalah lain yang tidak Anda ketahui, atau mungkin Android Anda tidak cocok di Play Market, Anda dapat menggunakan cara alternatif dengan mengunduh aplikasi WhatsApp langsung dari situs web resmi WhatsApp.

Cara ini direkomendasikan oleh banyak situs gadget terverifikasi, selain itu situs resmi juga merekomendasikan untuk mengunduhnya dari situs resmi, karena aplikasinya aman dan sama seperti di Playstore.

Cara ini sangat sederhana, yang harus Anda lakukan adalah pergi ke halaman unduhan WhatsApp untuk ponsel android Anda. Jika sudah terdownload, kalian tinggal install aplikasinya seperti biasa.

Catatan. Jika ada pesan kesalahan, Anda harus mengaktifkan opsi terlebih dahulu Sumber daya tidak diketahui agar bisa install aplikasi bukan dari play store, caranya masuk Pengaturan > Keamanan > centang sumber tidak diketahui.

7. Gunakan toko aplikasi lain

bermain toko alternatif

Langkah terakhir yang bisa Anda coba adalah mengunduh WhatsApp dari toko aplikasi alternatif lain, Playstore. Sebenarnya ada banyak toko aplikasi di luar sana, tetapi pastikan juga toko aplikasi tersebut benar-benar aman.

Berikut adalah contoh toko aplikasi:

Aplikasi yang tersedia tidak mengandung virus atau elemen mod whatsapp yang dimodifikasi menyerupai whatsapp asli dimana targetnya berbahaya. Jadi pastikan itu bebas dari virus.

Kesimpulan

Keenam metode di atas adalah cara yang paling direkomendasikan untuk memperbaiki masalah WhatsApp tidak memuat.

Sudah banyak orang yang berhasil mengatasi masalah ini dengan menggunakan cara di atas. Jika anda tertarik menyimak cara download status wa, anda bisa membaca artikelnya.

Jadi, panduan ini adalah tentang cara mengatasi tidak bisa mengunduh WhatsApp di Playstore. Saya harap tutorial di atas akan membantu Anda memecahkan masalah yang ada. Jika masih bingung dengan penjelasan dan panduan di atas, silahkan berkomentar di bawah.


https://storyforgeproductions.com