Tidak dapat menyimpan atau menyimpan dokumen di Microsoft Word adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan dan menjengkelkan.

Apalagi jika dokumen yang Anda ketik berisi dokumen penting seperti tugas, disertasi atau karya ilmiah. Tentu akan semakin parah.

Nah untuk anda yang ingin menerapkan cara mengatasi Word tidak bisa menyimpan file, simak beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah Microsoft Word tidak bisa menyimpan.

Namun sebelum itu, pertama-tama kita perlu mengetahui apa yang menyebabkan Microsoft Word tidak dapat menyimpan masalah.

Lihat juga: Cara membuka dokumen Word yang terkunci.

Penyebab Tidak dapat menyimpan dokumen

Sebenarnya masalah tidak bisa menyimpan dokumen di Microsoft Word itu banyak penyebabnya.

Namun secara umum, masalah ini sering terjadi karena pengguna tidak memiliki hak administrator untuk menyimpan dokumen Word.

Hanya jika Anda tidak memiliki hak admin hanya untuk membaca secara sederhana. Di mana dokumen hanya-baca, mereka tidak dapat disalin atau sebaliknya. Oleh karena itu, kita harus mempublikasikan dokumen tersebut.

Cara mengatasi tidak dapat menyimpan dokumen di Word

cara mengatasi tidak bisa menyimpan dokumen di microsoft word

Di bawah ini adalah beberapa solusi yang dapat Anda coba jika Anda kesulitan menyimpan dokumen di Microsoft Word.

Namun sebelum itu, sebagai catatan tambahan, pastikan Anda mencadangkan semua yang Anda ketikkan terlebih dahulu.

Untuk mencegah risiko kehilangan dokumen, dengan menyorot semua teks atau CTRL+A lalu salin dan tempel ke aplikasi pengetikan seperti Wordpad.

Tentu, hasilnya akan sedikit lebih berantakan, tetapi itu lebih baik daripada kehilangan surat Anda.

1. Ubah pengaturan izin disk

ubah pengaturan izin pada drive

Seperti yang ditulis Teknoinside sebelumnya, salah satu masalah dengan Microsoft Word yang tidak dapat menyimpan dokumen terkait dengan hak administrator.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengubah hak akses administrator menjadi penuh.

Caranya klik kanan Drive untuk menyimpan hasil dokumen. > untuk memilih Properti > pergi ke tab Keamanan > klik Sunting > memberi Kontrol penuh per pengguna yang saat ini menggunakan Windows > Terapkan. Simpan file.

Baca juga:   4 Cara Memperbaiki Baterai Laptop Silang Merah (Terbukti)

2. Simpan dokumen ke drive lain

simpan dokumen ke drive lain

Bahkan, akses administrator hanya meluas ke drive yang hanya berisi file sistem. Oleh karena itu, coba simpan ke Disk non-sistem lain (Bukan C), misalnya Disk D: atau Disk E:.

Karena dua drive tidak memerlukan akses administrator, Anda dapat menyimpan dokumen Word.

Selain itu, Anda juga dapat menyimpannya ke memori flash atau hard drive eksternal.

3. Simpan dokumen ke penyimpanan cloud.

simpan kata online

Selain menyimpan di perangkat keras atau di hard drive, Anda juga dapat mencoba menyimpan dokumen menggunakan penyimpanan cloud atau menyimpannya secara online.

Keuntungan menggunakan penyimpanan cloud adalah data Anda akan terlindungi dari serangan virus dan dapat diakses di mana saja selama terhubung ke Internet.

Selain hemat di cloud storage, Anda juga bisa menggunakan Office Word Online yang sudah rilis dan sudah lama Anda gunakan.

Cara menggunakannya juga cukup sederhana, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama buka https://office.live.com/start/word.aspx atau buka langsung. Kemudian masuk dengan akun Microsoft Anda. Jika Anda belum memilikinya, daftar terlebih dahulu.
  2. Jika sudah berhasil login, silahkan pilih Dokumen kosong baru. Jika sudah terbuka, salin teks apa pun yang tidak dapat Anda simpan sebelumnya dan tempelkan ke Office Word Online.
  3. Meskipun Office Word Online memiliki fitur penyimpanan otomatis, untuk tujuan keamanan, jika Anda sudah selesai dengan dokumen Anda, klik File > Simpan Sebagai > Simpan ke Satu Disk > Simpan.
  4. Selesai, rekaman Anda sekarang disimpan dengan aman secara online. Jangan lupa untuk memperbaiki semua yang tertulis untuk berjaga-jaga jika ada kesalahan atau kekurangan dalam surat Anda.

4. Simpan ke disk melalui Office Word Online

simpan disk melalui kata online

Terkadang kita terlalu malas untuk menghubungkan komputer atau laptop yang kita gunakan ke internet. Entah karena kurangnya akses internet atau koneksi internet yang lambat dan tidak stabil.

Oleh karena itu, kami khawatir dokumen yang kami simpan secara online tidak dapat dibuka pada saat-saat penting. Oleh karena itu, Anda dapat menyimpan ke drive laptop atau komputer melalui Office Word Online.

Baca juga:   8 Cara Memutuskan Koneksi Wifi Orang Lain di HP Android 2022

Cara ini juga cukup sederhana, buka saja dokumen yang Anda buat tadi di Office Word Online > klik File > klik Simpan Sebagai > klik Unduh salinan > Simpan ke drive yang benar.

Dengan menggunakan metode ini, dokumen Anda nantinya akan disimpan ke drive pilihan Anda.

Ini adalah trik yang cukup baru, namun cara ini cukup efektif untuk mengatasi masalah tidak bisa menyimpan Microsoft Word dalam keadaan darurat.

Lihat juga: Cara mengatur penyimpanan otomatis di Word.

5. Jalankan pemindaian virus

Memindai virus

Anda harus menyadari bahwa virus juga dapat menginfeksi file Microsoft Word. Bahkan tidak jarang banyak virus yang dapat menyebabkan kerusakan pada file dokumen Microsoft Word.

Karena dokumen rusak, file tidak dapat disimpan karena rusak.

Solusinya Anda bisa menyimpan atau menyimpan ulang ke penyimpanan cloud melalui Office Word Online, yang Teknoinside laporkan sebelumnya.

Kemudian jalankan scan virus secara menyeluruh di laptop atau komputer Anda agar komputer atau laptop Anda terlindungi dari segala macam virus yang dapat merusak file, termasuk dokumen Word.

Tetapi ada risiko bahwa semua file yang telah terinfeksi virus dapat dihapus. Jadi pikirkan lagi sebelum melakukan pemindaian ini.

6. Pastikan ruang penyimpanan tidak penuh

penyimpanan tidak penuh

Meskipun masalah ini agak sepele, itu bisa terjadi. Khususnya bagi pengguna laptop masal baru.

Karena saat ini banyak orang yang menggunakan SSD, yang sayangnya memiliki kapasitas yang relatif kecil.

Banyak orang menggunakan SSD ini karena memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan harddisk. Jadi pastikan drive atau penyimpanan yang Anda gunakan memiliki kapasitas kosong.

7. Instal ulang Microsoft Word

instal ulang microsoft word

Jika anda sudah mengikuti semua cara diatas namun tidak melakukan apa-apa, maka anda bisa menggunakan cara yang terakhir ini yaitu dengan cara install ulang microsoft word yang anda gunakan.

Install ulang ini bertujuan untuk mengembalikan jika Microsoft Word rusak, seperti terkena virus. Kalo instal ulang coba cek lagi, biasanya udah oke lagi.

Baca juga:   6 Cara Mengatasi Keyboard HP Android Hilang Tidak Muncul

8. Gunakan MS Word alternatif

alternatif untuk Microsoft Word

Mengetahui langkah-langkah di atas, jika ini masih tidak berhasil, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Word alternatif. Contoh seperti WPS, Libre Office suatu hari nanti akan membantu pemecahan masalah.

Baca Juga : Aplikasi Kata Alternatif.

Cara menyimpan Word secara otomatis

Nah, agar kamu tidak kehilangan data atau dokumen yang bisa ditulisi karena Microsoft Word tiba-tiba tutup, berikut ini cara melakukan penyimpanan otomatis di Microsoft Word:

1. Buka MS Word

1. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop yang Anda gunakan, lalu buat dokumen baru.

2. Simpan dokumen

Kemudian simpan dan beri nama dokumen terlebih dahulu.

3. Buka opsi

cara setting autosave atau autosave di microsoft word

Jika sudah disimpan, maka masuk ke menu File > lalu tekan Pilihan.

4. Setel simpan otomatis

cara setting autosave atau autosave di microsoft word

Sebuah jendela atau dialog akan muncul berikutnya. Opsi Kata. Klik menu Menyimpan yang ada di panel kiri.

Kemudian, di bagian “Simpan Dokumen” (Simpan informasi AutoRecover setiap), masukkan rentang waktu yang diinginkan, misalnya 3 menit.

Dan terakhir klik BAGUS.

Catatan: Perlu diperhatikan bahwa langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memasukkan teks adalah memberi nama file dan menyimpan dokumen terlebih dahulu agar fitur autosave dapat berfungsi atau berfungsi.

Kesimpulan

Setting simpan otomatis di microsoft word sangat bermanfaat terutama bagi anda yang menggunakan komputer dimana mematikan lampu komputer juga mematikannya.

Nah, mungkin saat ini Anda sedang mengerjakan sebuah dokumen penting, jika lampu padam dan dokumen tersebut tidak tersimpan, tentunya data yang Anda rekam akan hilang.

Demikian informasi yang dapat Teknoinside berikan mengenai penyebab dan 7 cara mengatasi ketidakmampuan menyimpan dokumen dengan mudah di Microsoft Word.

Kini Anda tidak perlu panik lagi jika mengalami masalah dengan tidak mudahnya menyimpan dokumen di Microsoft Word sehingga teks yang Anda ketik aman. Mungkin bisa membantu.


https://storyforgeproductions.com