Tidak dapat disangkal bahwa langkah awal untuk bekerja di perusahaan impian adalah: Biografi \ Lanjutkan staf departemen personaliaPengembangan sumber daya manusia) perusahaan yang Anda tuju.

Dengan resume ini, HRD akan memilih Anda terlebih dahulu untuk memfasilitasi penilaian dan identifikasi kompetensi kandidat.

Ini juga menggambarkan profil Anda, serta ringkasan kehidupan dan pengalaman kerja Anda, yang digunakan sebagai referensi bagi perusahaan yang akan mewawancarai Anda.

Baca juga: 8 Cara Menjadi Calon Karyawan Yang Menarik

Oleh karena itu, banyak baru lulus alias lulusan perguruan tinggi baru yang berlomba-lomba membuat resume sekreatif dan sepanjang mungkin, dengan harapan HRD bisa melihatnya.

Namun, tahukah Anda, seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan seksama oleh perusahaan, bahkan ada yang tidak diminati oleh HRD karena kualitas resume yang kurang menarik.

Jadi bagaimana Anda menulis resume yang menarik bagi HRD? agar kesempatan bekerja di perusahaan impian anda semakin besar.

Cara yang benar untuk menulis resume

Baca resume Anda terlebih dahulu

Untuk kalian baru lulus Jika Anda tidak tahu cara menulis resume yang menarik, akan sangat membantu untuk memahami terlebih dahulu apa yang harus disertakan dalam resume Anda.

Secara umum, saat Anda membuat resume, konten di dalamnya terlihat seperti ini:

  • Identitas (nama lengkap, alamat, nomor telepon dan alamat) Surel alamat)
  • Pendidikan (pendidikan terakhir, spesialisasi dan nilai rata-rata)
  • Kepribadian (deskripsi singkat tentang karakter Anda)
  • Keterampilan (keterampilan yang Anda miliki)
  • Proyek dan pengalaman kerja (hal-hal yang telah Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang Anda terima)
  • persiapan/Pelatihan terakhir (pelatihan yang pernah diikuti dalam 2-3 tahun terakhir)
  • Informasi lain tentang diri Anda (hobi, referensi, atau informasi lain tentang diri Anda terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar)

Cobalah untuk menulis singkat dan jelas. Karena itu akan membuat resume Anda lebih mudah dibaca.


Buat desain yang sederhana namun menarik

Tips membuat resume yang menarik di mata HRD

Salah satu daya tarik resume di mata HRD adalah desainnya yang sederhana namun tetap memuat informasi penting.

Menurut Debra Whitman dari Penulisan KarirAda beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis resume, yaitu penggunaan huruf miring, beranisebaik kunci tutup yang digunakan untuk menyorot dan memilih font yang Anda gunakan.

Baca juga:   Cara Membuat QR Code dengan Word di Laptop PC

Jangan terlalu banyak menggunakan font basis seperti Times New Roman. Pilih font modern dan uji dengan mencetak di atas kertas sebelum pengiriman.

Debra juga menegaskan bahwa desain resume yang baik adalah yang menarik tapi masih terlihat secara sederhana.

Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan mulai dari coreldrophotoshop, bahkan aplikasi yang dirancang khusus untuk desain resume.

Namun sebelum memilih desain resume yang menarik, pastikan desainnya sederhana dan mudah dipahami oleh para profesional dari segala usia.

Yang terpenting, resume berisi semua informasi yang akan dibagikan dengan perusahaan tempat Anda melamar.


Sertakan detail pengalaman kerja

Tips membuat resume yang menarik di mata HRD

Dalam isi resume Anda, jelaskan pengalaman kerja Anda secara detail. Tuliskan tanggung jawab dan kompleksitas pekerjaan Anda di perusahaan sebelumnya atau terkait dengan pekerjaan yang Anda lamar.

Jadi HRD dapat dengan mudah mengukur kemampuan Anda untuk melihat apakah Anda benar-benar memenuhi syarat untuk posisi yang Anda lamar atau tidak.

Baca juga: 5 Tips Menghindari Kegagalan Bisnis

Semakin lengkap informasi yang ditentukan, semakin besar kemungkinan akan diminati. wawancara perusahaan.


Masukkan kontak referensi

Tips membuat resume yang menarik di mata HRD

Informasi selanjutnya yang akan diberikan adalah bidang kontak dari tautan. Tujuan dari kontak referensi ini adalah untuk memberikan informasi penting dari pihak ketiga terkait dengan kompetensi pekerjaan yang akan diberikan kepada Anda oleh perusahaan.

Namun, sebelum memasukkan informasi direktori, pastikan Anda meminta izin kepada orang yang nomornya tercantum sebagai nomor direktori, ya!


Tunjukkan pengetahuan Anda tentang bahasa asing

tips menulis resume

Jika Anda berbicara bahasa asing, cobalah menulis resume dalam bahasa Inggris.

Seringkali resume dalam bahasa asing menjadi daya tarik utama setiap perusahaan. Apalagi jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan multinasional.

Namun, perhatikan penggunaan tata bahasa asing yang benar dan formal, hindari penggunaan kata-kata slangdan terus menulis dengan secara sederhana namun tetap dapat dipahami oleh pembaca.


Tambahkan informasi media sosial

media sosial - 6 cara meningkatkan keuangan dengan media sosial, pernahkah Anda memikirkannya?  - kiat pemasaran digital untuk membangun resume

Cobalah memasukkan media sosial ke dalam resume Anda, seperti akun Instagram, Facebook, atau LinkedIn.

Cobalah untuk membuat halaman media sosial Anda lebih menarik. Karena dengan cara ini HRD akan bisa lebih mengevaluasi kepribadian Anda.

Baca juga: 4 saham media sosial yang mendatangkan banyak uang

Namun, sekali lagi, pastikan Anda tidak pernah memposting sesuatu yang melanggar hukum atau UU SARA. Ini hanya akan memperburuk pengalaman Anda.

Baca juga:   Capai 1,2 triliun! Berikut 4 Idol Kpop Terkaya

Tambahkan keterampilan interpersonal yang Anda miliki

Pada dasarnya, kemampuan baik ini adalah keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Ini biasanya ditunjukkan di kolom persyaratan pekerjaan, dan Anda memasukkannya ke dalam resume Anda.

Sedangkan, keterampilan lunak itu adalah kepribadian, kualitas pribadi dan keterampilan komunikasi yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan dalam pekerjaan.

bagus keterampilan lunak Apa yang Anda miliki menunjukkan bagaimana Anda berinteraksi dengan lingkungan di sekitar Anda.

Beberapa contoh soft skill adalah berpikir kritis, kepemimpinan, kerja tim, negosiasi, dan lain-lain.

Baca juga: Agar Karir Anda Lebih Cepat, Ini 7 Soft Skill yang Perlu Anda Miliki

Menyebutkan Hard Skill di resume memang suatu keharusan. Namun, tidak ada salahnya untuk selektif memasukkan soft skill yang Anda miliki.


Buat resume online

Kecanggihan teknologi tentu membuat hampir semua pekerjaan dan kebutuhan masyarakat semakin mudah dipenuhi.

Di era digital seperti ini, Anda bisa dengan mudah dan praktis membuat resume online.

Ada banyak portal online yang memudahkan Anda membuat resume yang bagus, baik yang berbayar maupun gratis. D

Kanvas

Canva menjadi andalan bagi yang belum paham desain. Dengan Canva, Anda dapat membuat berbagai konten digital seperti poster, kartu nama, spanduk, resume, dan lainnya.

Berikut cara mudah membuat resume dengan Canva:

  1. Buka halaman Canva di https://www.canva.com/
  2. Jika belum memiliki akun Canva, Anda dapat memilih menu sign up. Namun, jika Anda sudah memiliki akun, pilih menu login.

Buat resume online

3. Untuk mulai mengembangkan resume Anda, Anda dapat memilih menu “Resume”.

4. Pilih desain yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

Buat resume online

5. Setelah itu, isi semua data diri yang diperlukan, mulai dari nama, profil pribadi, pendidikan, pengalaman kerja, dan sebagainya.

CV yang menarik

6. Pastikan untuk mengupload foto terbaik Anda dengan memilih menu upload kemudian upload file media.

CV yang menarik

7. Setelah foto berhasil diunggah dan data diri Anda terisi, Anda dapat mengunggah resume Anda dengan jenis file yang diinginkan (PDF, JPEG, PNG) di kolom “Jenis file”, lalu klik “Unggah”.

ringkasan

8. Resume Anda secara otomatis disimpan ke komputer Anda.


Buat resume

Kamu juga bisa membuat resume online melalui BikinCV, hanya saja platform ini merupakan platform berbayar dengan harga mulai dari 20rb.

Baca juga:   5 Hal Produktif yang Bisa Dilakukan dengan Uang Rp 100.000

Salah satu keunggulan platform berbayar adalah desain resume yang lebih eksklusif dan non-komersial.

Cara menulis resume di BikinCV:

  1. Buka https://www.bikincv.com/, masuk dan pilih “Buat Lanjutkan”.

Buat resume

2. Isi data diri Anda sesuai dengan kolom yang tersedia. Anda juga dapat menambah atau menghapus kolom sesuai kebutuhan.

Buat resume

3. Pada kolom data pribadi, pastikan untuk mengisi bagian “Tentang saya” dengan kalimat-kalimat yang menarik dan mampu menggambarkan Anda dan kemampuan Anda.

lanjutkan online

4. Setelah mengisi informasi pribadi dan pengalaman kerja secara lengkap, Anda akan diarahkan ke halaman aplikasi resume. Di halaman ini, Anda dapat memilih desain sesuai selera Anda, dan Anda juga dapat melihat biaya setiap resume. Untuk memilih resume yang diinginkan, cukup klik pada gambar resume.

5. Pada halaman terakhir, Anda hanya perlu membayar sesuai harga yang tertera untuk dapat mengunggah resume Anda,


pembuat resume

Platform utama untuk membuat resume online berikutnya adalah CV Maker.

Berikut caranya:

  1. Buka https://www.cvmaker.co.id/, klik “Buat Resume”.

pembuat resume

2. Isi data diri Anda sesuai dengan kolom yang tersedia. Pastikan untuk mengisi data yang valid dan lengkap.

pembuat resume

3. Setelah data dasar pribadi lengkap, Anda dapat mengklik “informasi lebih lanjut” untuk menambahkan data pendidikan formal. Jika Anda tidak membutuhkannya, Anda dapat mengklik “langkah selanjutnya” secara langsung.

Pembuat Resume Online

4. Pada kolom profil, Anda dapat mengisi kolom deskripsi dengan penjelasan singkat tentang siapa Anda dan apa kelebihan Anda, termasuk pengalaman kerja atau organisasi.

5. Setelah itu, Anda dapat mengisi semua informasi yang diperlukan di kolom yang tersedia seperti kolom pengalaman kerja, referensi, dan pengalaman. Jika dirasa sudah lengkap, pastikan untuk mengeceknya kembali agar tidak ketinggalan informasi apapun. Setelah itu pilih “Langkah Selanjutnya”

6. Pada halaman ini, Anda dapat memilih template desain sesuai selera Anda. Klik pada bagian desain yang Anda inginkan.

7. Setelah memilih desain yang diinginkan, klik “Upload Resume”. Senang! Resume Anda siap dikirim ke HRD.

Buat resume online


Nah, ini dia 7 tips yang bisa kamu jadikan referensi saat menulis bio kamu.

Saya harap resume Anda akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan di perusahaan impian Anda! Tetap semangat dan semoga sukses.


https://storyforgeproductions.com