Jasa Marga menerbitkan saham pengendali Jalan layang MBZ di PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META). Padahal, biayanya cukup fantastis.

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat artikel keuangan saya di bawah ini.

Akuisisi jalan tol layang MBZ oleh META dari Jasa Marga

PT Nusantara Infrastruktur Tbk. (META) resmi mengakuisisi 40% saham PT Jasamarga Jalanlayang Tsikampek (JJC).

Prosesi upacara Transaksi tersebut diselesaikan pada Rabu (21/12/22) di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta.

JJC sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR), yang merupakan pengelola seksi Tol Layang Jakarta-Chikampek atau dikenal juga dengan Tol Mohamed bin Zayed (MBZ).

Flyover MBZ dengan panjang 38 km telah beroperasi sejak tahun 2019 dengan hak konsesi selama 45 tahun, sejak tahun 2017 hingga tahun 2062.

META sendiri melakukan akuisisi melalui anak usahanya PT Margautama Nusantara (MUN).

Biaya perolehan jalan tol layang MBZ

Akuisisi jalan tol layang oleh MBZ tentu sangat penting. Teman keuangan saya Bisa tebak berapa jumlah pembeliannya??

Diketahui apakah META akan membeli 2,26 juta saham yang nilainya setara dengan 40% saham JJC senilai Rp 4,38 triliun.

MUN dan JSMR dilaporkan menandatangani perjanjian jual beli saham atau Perjanjian Penjualan (SPA) 10 Oktober 2022 kemudian.

Mengutip detikfinance, CEO Nusantara Infrastructure Ramdani Basri mengatakan langkah yang mereka lakukan merupakan hasil kerjasama antara BUMN dan swasta.

Tujuannya untuk membangun infrastruktur yang berkelanjutan. Aksi korporasi tersebut diselesaikan dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut tata kelola perusahaan yang baik (GKG).

Akuisisi tol layang MBZ dapat menciptakan iklim investasi yang baik. Di mana sektor swasta dapat terlibat. Sebelumnya, BUMN mendominasi.

Sebelumnya META sempat meragukan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sehubungan dengan kemampuannya untuk membeli jembatan layang MBZ.

Pasalnya, kesepakatan untuk membeli 40% saham tersebut sangat fantastis, worth it. 4,38 triliun rupiah Indonesia.

[Baca Juga: Jasa Marga Tawarkan 9 Ruas Tol Ini untuk Para Investor]

Penggunaan Dana Akuisisi oleh Jasa Marga

Mengutip laman Kontan, Direktur Utama JSMR Subakti Syukur menjelaskan META telah membeli tol layang MBZ tersebut.

Padahal, jika pelepasan properti Jasa Marga di JJC merupakan kelanjutan dari program tersebut daur ulang aset yang merupakan bagian dari strategi perusahaan.

Langkah tersebut dinilai penting untuk mencapai keseimbangan antara pertumbuhan dan kelangsungan usaha, serta untuk merampingkan portofolio bisnis Jasa Marga.

“Konsesi Jalan Tol MBZ sendiri telah memberikan kontribusi yang baik, terutama bagi pembangunan jalan tol lainnya di Indonesia.” kata Subakti.

Selain itu, kata Subakti, adanya tol layang MBZ yang terintegrasi dengan tol Jakarta-Chikampek juga memberikan keuntungan. Salah satu diantara mereka memastikan optimalisasi distribusi volume lalu lintas.

Tujuan pembangunan jalan tol

Berbicara mengenai peningkatan portofolio bisnis Yasa Marga, pihaknya mengatakan masih banyak proyek jalan tol yang akan dibangun. Dengan demikian, saham jalan tol overhead MBZ diterbitkan.

Terkait perolehan META Rp 4,38 triliun, direncanakan akan dilanjutkan pengerjaan 5 ruas tol. Sebut saja Yogya Solo, Yogya Bawe, Probolinggo-Banyuwangi, akses Patimban dan Gedebage-Tasikmalaya-Chilakap.

Hasil transaksi ini, kepemilikan Jasa Marga di JJC menjadi 40%. Untuk MUN, dia menguasai 40% dan PT Ranggi Sugiron Perkasa memiliki 20%.

Selain itu, Jasa Marga juga akan membuka peluang kerja sama. daur ulang aset yang lainnya, setelah jembatan layang.

Sedangkan di sisi lain, Jasa Marga bersiap Penawaran umum perdana (IPO) saham anak usaha barunya, yaitu PT Jasamarga Tol Transjawa. Namun, masih dalam proses.

Ambil kesempatan untuk mendapatkan uang!

Sobat finansial, ini informasi tentang jalan tol layang MBZ yang merupakan akuisisi resmi META. Jika Anda tertarik memanfaatkan momen ini untuk menghasilkan uang dengan berinvestasi saham, Ayolah, untuk membaca e-book Keuangan saya di bawah ini untuk referensi.

E-book BEBASPetunjuk praktis untuk mendapatkan keuntungan dari saham

Banner Advertising E-Book Panduan Praktis Menguntungkan Saham - PC

Juga, jika Anda ingin membahas keuangan dan investasi lebih lanjut, jangan ragu untuk berkonsultasi perencana keuangan keuangan saya Ya.

Hubungi melalui aplikasi keuangan saya atau buat janji melalui whatsapp di 0813-1646-8488.

Apa pendapat Anda tentang informasi ini? Tulis di kolom komentar di bawah ya? Jangan lupa untuk berbagi artikel dengan teman dan kerabat lainnya juga. Terima kasih.

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber tautan:

  • Anisa Indraini. 21 Desember 2022 Beli 40% Saham Jalan Tol Elevated MBZ, META: Suka Mengusulkan seorang gadis cantik. keuangan anak – http://bit.ly/3WugXDC
  • Ridwan Nanda Mulyana. 21 Desember 2022 Hukum! Emiten Grup Salim ini resmi Akuisisi tol layang MBZ dari Jasa Marga. Tunai – https://bit.ly/3WCP5gA
  • Rinaldi Mohammad Azka. 21 Desember 2022 Dengan Rp 4,38 triliun dari Grup Salim, Jasa Marga (JSMR) percepat pembangunan 5 ruas tol. BISNIS.COM – http://bit.ly/3WjKLmo




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Harga Beras RI Tertinggi se-ASEAN, Benarkah?