Banyak orang mempelajari cara mengambil foto 3×4 karena kegunaannya sangat banyak. Yang paling umum melibatkan kebutuhan foto paspor dalam dokumen untuk mengelola KTP, ijazah, sertifikat, buku nikah, daftar sekolah lengkap, dan banyak lagi.

Untuk mengambil foto 3×4 perlu melalui beberapa tahapan, yang pertama tentunya foto harus diambil dengan menggunakan kamera. Foto diambil dengan kamera beresolusi tinggi, sehingga ukurannya tidak sesuai dengan kebutuhan kita.

Lihat juga: ukuran foto.

Makanya harus melalui proses editing dulu, menggunakan aplikasi editing untuk mengambil foto ukuran 3×4. Nah pada kesempatan kali ini Technoinside akan membahas cara mengatur ukuran foto menjadi 3×4.

Ukuran foto 3×4 dalam piksel

ukuran foto 3x4

Seperti yang saya katakan tadi, untuk membuat foto 3×4, kita harus mengeditnya terlebih dahulu. Karena masalahnya satu resolusi untuk foto di aplikasi edit kebanyakan menggunakan satuan pixel.

Sedangkan ukuran foto 3×4 sendiri dihitung dalam centimeter. Keduanya memiliki satuan yang berbeda, selisih cm dan piksel juga sangat besar. Itu sebabnya kita harus mengetahui ukuran foto 3×4 dalam piksel terlebih dahulu.

Lihat juga: Cara mengubah ukuran foto di Paint.

Jika Anda memaksanya untuk mencetak dalam piksel, hasilnya akan tidak akurat. Gambar menjadi berombak dan buram karena perbedaan ukuran yang sangat besar. Tapi sekarang pertanyaannya, ukuran apa yang harus kita atur untuk membuat foto 3×4 piksel?

Ukuran foto 3×4 dihitung dalam cm sedangkan jika kita ubah menjadi piksel, ukuran yang paling sesuai adalah 354×472 piksel di 300dpi.

Ukuran ini sudah menjadi standar internasional, sehingga ukuran piksel ini digunakan tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia.

Jika Anda mengunjungi situs pihak ketiga yang terkait dengan fotografi, Anda akan menemukan ukurannya dalam piksel.

Lihat juga: ukuran foto R.

Perlu anda ketahui juga bahwa meskipun dihitung 3 cm x 4 cm, ukuran sebenarnya dari foto 3×4 ini sedikit diperkecil menjadi 2,8 cm x 3,8 cm, hal ini untuk memudahkan kita kemudian meng-crop foto tersebut.

Baca juga:   10 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris: Semua Merk Printer

Di bawah ini adalah ukuran foto 3×4 dalam piksel, milimeter, cm, dan inci:

Piksel 354×472 piksel
Milimeter 28mmx38mm
sentimeter 2,8 cm x 3,8 cm
inci 1,1″x1,5″

Jika Anda ingin mengatur ukuran foto menjadi 3×4 dalam piksel, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Berikut saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengatur ukuran foto 3×4 di Photoshop.

Cara mengatur ukuran foto menjadi 3×4 di Photoshop

Sebelum kita mulai mengatur ukuran foto, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan foto terlebih dahulu.

Disarankan untuk menggunakan foto dengan resolusi lebih tinggi agar gambar tidak pecah saat modifikasi selanjutnya.

Kemudian transfer foto tersebut ke laptop atau PC yang Anda gunakan untuk mengedit dengan Adobe Photoshop.

Untuk mempelajari cara mengubah ukuran foto 3×4, ikuti langkah-langkah ini. Dengan cara berikut.

1. Unduh dan instal Photoshop

Pertama-tama, Anda perlu mengunduh dan menginstal terlebih dahulu software Photoshop di laptop atau PC yang akan Anda gunakan untuk mengedit nanti.

Setelah instalasi berhasil, buka Photoshop di laptop/komputer Anda.

2. Buka foto yang ingin Anda edit.

cara membuat pas foto 3x4 di photoshop

Setelah Photoshop terbuka, klik menu File di pojok kiri atas, lalu pilih membuka Atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl + Osetelah itu buka foto yang sebelumnya sudah anda siapkan untuk di edit.

3. Mengedit foto

cara membuat pas foto 3x4 di photoshop 2

Setelah foto terbuka, langkah selanjutnya adalah klik Gambar > Ukuran gambar Atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+Alt+I.

Setelah itu hapus centang Kendala proporsi dan atur ukurannya dengan:

  • Lebar = 354px
  • Tinggi = 472px
cara membuat pas foto 3x4 di photoshop 3

Jika sudah, silakan klik BAGUS.

4. Simpan foto

Setelah selesai, langkah terakhir adalah mencetak foto, atau Anda dapat memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu. Triknya adalah Klik File > Simpan sebagai > Kemudian atur area penyimpanan dan gunakan format gambar JPG sehingga hasilnya lebih baik.

Baca juga:   4 Cara Menghapus Chromium Permanen di Laptop PC

Kesimpulan

Selain menggunakan cara yang sudah dijelaskan di atas yaitu menyesuaikan ukuran 3×4 dengan Photoshop, ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengubah ukuran foto 3×4. Ini hanyalah salah satu dari banyak cara untuk mengambil foto 3×4.

Jika Anda tidak memiliki aplikasi Photoshop, Anda dapat menggunakan aplikasi lain untuk menyesuaikan ukuran, seperti Paint atau daring. Silahkan cari artikelnya di teknoinside karena sudah jadi.

Ini adalah pengantar singkat tentang ukuran piksel foto 3×4 dan cara membuat foto 3×4 di Photoshop. Kami harap tutorial di atas bermanfaat dan membantu Anda membuat foto 3×4 yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika masih bingung dengan penjelasan di atas silahkan komentar di bawah, mohon maaf jika ada kata yang salah eja dan informasi yang kurang akurat.


https://storyforgeproductions.com