Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Instagram telah menjadi salah satu jejaring sosial paling populer di dunia. Oleh karena itu, foto atau video yang kita bagikan di Instagram haruslah foto atau video terbaik, termasuk ukurannya.

Ukuran Instagram ini berbeda, ukuran story Instagram berbeda dengan ukuran foto di feed Instagram. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan ukuran foto yang akan Anda unggah ke IG.

Ukuran foto dan video Instagram

Jadi buat kamu yang belum tahu ukuran foto atau video apa yang cocok untuk postingan Instagram, mulai dari ukuran foto profil, feed Instagram, Instagram Stories atau IGTV, pastikan untuk menyimak artikel di bawah ini.

Ukuran umpan Instagram

Ukuran dan resolusi foto di feed Instagram

Biasanya, secara default, ukuran foto di umpan Instagram dibagi menjadi tiga jenis: lanskap, persegi, dan potret. Untuk jenis fotografi lanskap ini, ukuran maksimumnya adalah 1080 x 608 piksel atau rasio aspek 1,91:1.

Kemudian untuk jenis foto dengan model persegi atau persegi, ukuran feed Instagram yang direkomendasikan adalah 1080 x 1080 piksel atau memiliki rasio 1:1. Sedangkan untuk ukuran feed Instagram tipe portrait, ukuran yang disarankan adalah 1080 x 1350 piksel atau memiliki rasio aspek 4:5.

Sekarang ukuran foto feed Instagram adalah ukuran foto yang disarankan ketika Anda ingin mengunggahnya ke Instagram. Jika sebuah foto telah diunggah, Instagram akan secara otomatis mengubahnya menjadi ukuran yang lebih kecil.

Misalnya, kami memuat feed Instagram dengan model Kotak pada resolusi foto 1080 x 1080 piksel. Nantinya, Instagram akan mengonversi foto tersebut menjadi 600 x 600 ketika foto tersebut berhasil diunggah ke Instagram.

Baca Juga: Cara Mengunduh Cerita Instagram

Ukuran dan resolusi video umpan Instagram

Ukuran dan resolusi video umpan Instagram

Selanjutnya, kita akan membahas ukuran dan resolusi video untuk feed Instagram Anda. Hal ini perlu kita perhatikan agar video yang kita unggah ke feed instagram kita tidak terputus saat di posting.

Baca juga:   Ukuran Kertas A4 dalam MM, CM, Inchi, Pixel [Lengkap]

Saat ini, pengguna Instagram dapat mengunggah dua jenis rasio video ke Instagram. yaitu rasio 4:5 dengan rekomendasi resolusi video 1080 x 1350 piksel dan rasio 1,91:1 dengan rekomendasi resolusi video 1080 x 608 piksel.

Ukuran dan resolusi cerita Instagram

Ukuran dan resolusi cerita Instagram

Instagram Stories dapat menampilkan foto atau video dalam rasio aspek dari 1,91:1 hingga 9:16. Namun, untuk ukuran rasio Instagram Stories, rasio 4:5 dan 9:16 sangat disarankan.

Untuk rasio aspek 1,91:1, resolusi video yang disarankan adalah 1080 x 680 piksel. Sedangkan untuk aspek rasio 9:16, resolusi video yang disarankan adalah 1080 x 1920 piksel dalam potret, bukan lanskap.

Ukuran dan resolusi IGTV

IGTV adalah salah satu fitur Instagram yang memungkinkan pengguna mengunggah video yang lebih panjang daripada feed dan story Instagram.

Di IGTV, ini memungkinkan kita untuk menonton video dalam orientasi potret atau lanskap. Dalam orientasi lanskap, video IGTV memiliki rasio aspek maksimum 16:9 dan rasio minimum 5:4.

Kemudian untuk aspek rasio di IGTV dengan orientasi potret, rasio maksimalnya adalah 9:16 dan rasio minimumnya adalah 4:5.

Resolusi yang disarankan untuk video IGTV adalah 1920 x 1080 piksel untuk orientasi lanskap dengan rasio aspek 16:9. Untuk video IGTV potret dengan rasio aspek 9:16, resolusi video yang disarankan adalah 1080 x 1920.

Ukuran dan resolusi langsung Instagram

Fitur Live Instagram merupakan fitur yang memungkinkan pengguna melakukan streaming atau live streaming ke followersnya. Untuk format video Live Instagram, ini adalah potret.

Dengan rasio yang direkomendasikan 9:16. Maka resolusi yang disarankan saat bekerja dengan Live Instagram adalah 1080 x 1920 piksel.

Ukuran dan resolusi foto profil Instagram

Untuk membuat profil Instagram Anda lebih keren, lebih dari sekadar umpan, cerita, dan video Instagram dihitung. Namun ukuran foto profil Instagram Anda juga perlu diperhatikan agar lebih menarik.

Baca juga:   4 Cara Menonaktifkan Notifikasi Live Video Instagram

Karena memang foto profil Instagram itu seperti kepribadian, sehingga orang lain mengenali wajah Anda. Sekarang, sejauh rasio ukuran berjalan, foto profil Instagram adalah rasio 1:1 dengan resolusi minimum yang disarankan 160 x 160 piksel.

Namun jika Anda ingin foto profil Instagram Anda lebih jelas, Anda bisa mengatur resolusi foto profil menjadi 180 x 180 piksel.

Lihat juga: Cara mengunduh foto dari Instagram di laptop

Kesimpulan

Instagram merupakan salah satu jejaring sosial yang digandrungi banyak orang, mulai dari anak muda hingga pebisnis, sebagai sarana mempromosikan produk yang mereka buat.

Banyak konten yang dibagikan di Instagram, mulai dari foto, video, story hingga IGTV menjadi lebih beragam dan kreatif. Oleh karena itu, agar postingan Instagram semakin keren, kita perlu memperhatikan ukuran foto atau video Instagram.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang mungkin ingin Anda tanyakan juga.

Berapa ukuran foto di feed Instagram?

resolusi lanskap 1080 x 608 piksel perbandingan 1.91: 1.
Resolusi Persegi 1080 x 1080 piksel perbandingan 1:1.
Resolusi Potret 1080 x 1350 piksel perbandingan 4:5.

Berapa ukuran streaming video di Instagram?

resolusi lanskap 1080 x 608 piksel perbandingan 1.91: 1
Resolusi potret 1080 x 1350 piksel perbandingan 4:5.

Berapa ukuran cerita Instagram?

Untuk video dengan rasio aspek 1,91:1, resolusi video yang disarankan adalah 1080 x 608 piksel. Untuk video dengan rasio aspek 9:16, resolusi video yang disarankan adalah 1080 x 1920 piksel dengan orientasi potret.

Demikian pembahasan singkat dari teknoinside tentang beberapa ukuran foto dan video Instagram yang perlu Anda ketahui untuk memulai postingan Instagram Anda dengan stream foto atau video, story bahkan IGTV agar lebih menarik. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dan dapat menambah pemahaman Anda.

Baca juga:   5 Cara Menggabungkan Foto Online di HP Android & PC


https://storyforgeproductions.com