Mouse Anda tiba-tiba tidak bisa bergerak? Apakah keyboard juga tidak berfungsi? Mungkin ini karena fakta bahwa driver tidak diperbarui. Nah, tahukah kamu kenapa driver itu sangat penting untuk sebuah komputer atau laptop? Silakan simak pembahasan berikut dari Technoinside.

Apa itu driver?

Sederhananya, driver adalah program atau perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan komponen perangkat keras ke sistem komputer. Sehingga dapat terjadi sinergi antara hardware dan software dan bekerja dengan baik.

Tanpa driver, jika kita menghubungkan perangkat keras seperti mouse, itu tidak akan berfungsi dengan baik. Karena walaupun dari segi hardware mouse sudah terhubung, namun belum terhubung dengan sistem komputer.

Oleh karena itu, meskipun Anda menggerakkan kursor, kursor tidak akan bereaksi dan akan diam. Hal yang sama berlaku untuk perangkat keras lain seperti keyboard, speaker, VGA, Wi-Fi, Bluetooth, dan sebagainya. Semua komponen ini memerlukan driver yang benar agar berfungsi dengan baik.

Baca juga : Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Update Driver Laptop/PC

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa sebaiknya kita rajin update driver ke versi terbaru? Tidak tahu bagaimana? Sangat sederhana, ada beberapa cara untuk memperbarui driver. Silakan lihat panduan berikut:

1. Periksa melalui Pengelola Perangkat

Cara update driver laptop

Cara pertama mungkin yang paling mudah. Jika memang ada driver di perangkat Anda yang bermasalah, maka Anda bisa langsung mengecek dan mengupdatenya di Device Manager. Berikut panduan lengkap yang bisa Anda ikuti:

  • Buka menu mulai, pilih Panel kendali.
  • Setelah itu anda klik menu tersebut Pengaturan perangkat.
  • Di sana Anda akan melihat daftar driver perangkat.
  • Pilih yang bermasalah.
  • Klik kanan driver dan pilih. Perbarui driver perangkat lunak Anda.
  • Harap tunggu sementara versi terbaru dicentang.
  • Ketika Anda menemukannya, segera perbarui.
Baca juga:   4 Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant di Android

2. Periksa situs web laptop Anda

Setiap merk laptop biasanya membutuhkan jenis driver yang berbeda. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih driver yang kompatibel dengan perangkat Anda masing-masing. Yang harus Anda lakukan adalah memeriksa situs web resmi.

Disana telah disediakan pilihan driver yang dapat anda download secara gratis. Selain itu, setiap kali update keluar, Anda juga bisa mengupdatenya melalui website. Silakan pilih situs sesuai dengan perangkat Anda:

3. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Cara memperbarui driver PC

Untuk memudahkan update driver, sebenarnya ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa kita gunakan. Misalnya, seperti Driver Booster, aplikasi ini akan memindai perangkat Anda secara otomatis. Kemudian periksa apakah driver yang diinstal dalam posisi yang diperbarui.

Jika ada yang belum update maka akan langsung dicarikan versi terbarunya. Dan Anda dapat memperbarui tanpa repot mencari driver yang tepat. Karena akan terkoreksi secara otomatis oleh Driver Booster ini.

Lihat juga: driver laptop

4. Perbarui melalui driver

Cara ini biasanya tidak bekerja untuk semua jenis driver. Karena hanya sedikit driver yang menyediakan aplikasi tertentu. Dengan aplikasi ini kita bisa mengatur driver salah satunya untuk update. Anda dapat memeriksa sebagai berikut:

  • Klik menu mulai, masukkan nama driver.
  • Jika aplikasi muncul, segera buka.
  • Kemudian lihat di menu peningkatan.
  • Sekarang tinggal perbarui drivernya.
  • Tunggu prosesnya selesai, mudah kan?

Mengapa Anda perlu memperbarui driver Anda?

Sampai di sini kita sudah mengetahui betapa pentingnya driver bagi sebuah komputer/laptop. Namun selain menginstall driver yang benar, kita juga harus mengupdatenya secara berkala. Untuk memastikan bahwa driver yang diinstal pada perangkat kami adalah versi terbaru dan terkini.

Mengapa demikian, Anda tidak dapat menginstal sekali dan tidak memperbarui? Ini seperti aplikasi yang juga diperbarui. Ketika versi terbaru keluar, kami juga harus memperbaruinya.

Baca juga:   6 Cara Mengatasi Aplikasi & Game Has Stopped Working

Sama halnya dengan driver, dimana fungsinya juga sangat penting bagi perangkat komputer. Tentu saja, berikut adalah beberapa alasan mengapa driver laptop harus diperbarui secara berkala ke versi terbaru:

  • Driver versi terbaru memiliki fitur yang lebih lengkap.
  • Koreksi kesalahan pada versi driver sebelumnya.
  • Sehingga kinerja dari perangkat hardware yang kita gunakan lebih optimal.
  • Masalah kompatibilitas yang sebelumnya tidak cocok dengan perangkat.

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Lambat

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai cara update driver komputer dan laptop. Sangat disarankan untuk memperbarui driver Anda secara teratur. Karena akan membuat kinerja perangkat Anda menjadi lebih baik dan optimal. Semoga tutorial diatas dapat membantu dan bermanfaat, selamat mencoba!


https://storyforgeproductions.com