Windows 10 merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh pengguna komputer dan laptop. Sistem operasi ini dirilis oleh Microsoft baru-baru ini pada 29 Juli 2015.

Meskipun sistem operasi ini masih baru karena sudah lama tidak dirilis, sistem operasi Windows 10 ini telah menarik minat pengguna komputer dan laptop untuk menggunakannya di komputer mereka.

Nah sobat pengguna laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi windows 10? Jika demikian, Anda tentu tidak akan kesulitan mengelolanya.

Karena sistem operasi ini sangat mudah digunakan, terutama bagi Anda yang baru memulai. Selain itu, Windows 10 juga memperkenalkan berbagai fitur kerennya sobat.

Microsoft secara resmi memperbarui Windows 10 Anniversary Edition pada 3 Agustus. Edisi ini juga keluar pada hari ulang tahunnya yang pertama.

Versi build ini memiliki banyak fitur baru, terutama dalam hal keamanan bagi pengguna online. Namun sayangnya update tersebut tidak ditujukan untuk semua pengguna Windows 10, dan beberapa dari mereka ingin menunggu untuk upgrade ke edisi khusus.

Spesifikasi minimum Windows 10

Sebelum beralih ke berbagai pembaruan dan dengan kinerja yang sangat baik, Anda akan melihat bahwa ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan diperiksa sebelum menggunakan versi terbaru.

Baca juga: Cara menghapus Windows.old.

Nah, pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan cara mudah untuk mengupdate Windows 10. Namun, ada beberapa pengguna yang tidak menerima update atau upgrade untuk Windows 10. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Fitur pembaruan otomatis dinonaktifkan
  • Anda tidak akan menggunakan perangkat lunak terbaru
  • Virus atau ancaman yang menghapus file yang diperbarui ke Windows 10
  • Spesifikasi komputer Anda tidak memenuhi ketentuan.

Jika komputer Anda memiliki spesifikasi minimum sebagai berikut:

  • Spesifikasi Minimum
  • OS Windows 7 SP1/8.1
  • 1GHz CPU
  • RAM 1 GB (32-bit) dan 2 GB (64-bit)
  • Ruang hard disk yang tersedia 16 GB
  • DirectX 9
  • Pengunduhan memerlukan akun online dan akun Microsoft.
Baca juga:   4 Cara Membeli UC PUBG Mobile dengan Pulsa All

Bagi Anda yang tidak bisa melakukan update Windows 10, tidak perlu khawatir dan khawatir. Karena dalam hal ini saya akan menjelaskan bagaimana cara upgrade ke windows 10 secara manual dan tentunya bisa anda coba secara gratis.

Dengan catatan: Sebelum memperbarui, Anda disarankan untuk mencadangkan semua data di komputer Anda untuk mencegah apa pun yang mungkin Anda perlukan.

Berikut 2 cara upgrade Windows 10 secara gratis:

Cara memperbarui Windows 10

unduh windows 10
  1. Pertama-tama, unduh Windows 10 Assistant terlebih dahulu. Mengatur sistem bit menggunakan komputer
  2. Setelah unduhan selesai, buka penginstal. Anda kemudian akan menemukan pertanyaan bersama dengan dua kemungkinan jawaban. Pilih opsi pertama “Upgrade your computer now”, lalu klik “Next” untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.
  3. Setelah Anda mengklik tombol Berikutnya, Windows 10 akan mulai mengunduh secara instan dan Anda hanya perlu menunggu sampai selesai.
  4. Setelah proses pengunduhan selesai, Anda akan melanjutkan ke langkah selanjutnya menginstal Windows 10 di komputer Anda dan mendapatkan izin untuk melakukannya. Silakan selesaikan instalasi seperti biasa.
  5. Setelah itu, Windows 10 versi terbaru diinstal di komputer Anda.

Cara memperbarui Windows 10 [Otomatis]

Langkah-langkah untuk memperbarui Windows 10 adalah sebagai berikut agar Anda dapat memperbarui Windows:

1. Buka pengaturan Pembaruan Windows.

Pertama-tama, klik menu start, lalu di kotak pencarian, ketikkan kata Windows Update, lalu buka programnya.

cara memperbarui windows 10

2. Klik tautan

Perhatikan link internal di sebelah kiri dan Anda akan menemukan pengaturan “Ubah Jam Aktivasi”, lalu klik link tersebut.

3. Ubah pengaturan

Ubah pengaturan ke gambar berikutnya, lalu klik OK. Selanjutnya, restart komputer Anda. Kemudian buka Pembaruan Windows lagi.

4. Klik Periksa Pembaruan.

Kemudian klik Periksa Pembaruan dan tunggu sementara Windows menemukan pembaruan untuk komputer Anda.

Baca juga:   6 Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis: Cara Daftar Lengkap

5. Restart PC/laptop Anda.

Setelah selesai, Anda dapat me-restart komputer Anda. Kemudian silahkan restart komputer anda. Kemudian akan muncul notifikasi update versi Windows lagi.

Cara memperbarui Windows 10 secara manual

Cara lain untuk memperbarui Windows 10 adalah dengan mengunduhnya secara manual. Berbeda dengan cara pertama dimana update bisa dilakukan secara otomatis, cara kedua ini manual, Anda perlu mendownload file Windows 10 terlebih dahulu.

Langkah-langkah untuk memperbarui Windows 10 secara manual adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi halaman Windows

Untuk langkah pertama, buka halaman web riwayat pembaruan Windows 10 atau klik tautan berikut untuk mengaksesnya.

Tujuan dari mengunjungi website ini adalah untuk mengetahui versi windows yang kita gunakan saat ini, anda dapat melihat seperti di bawah ini, versi windows 10 saya adalah windows 10 versi 1703.

cara menginstal pembaruan windows 10 secara manual

Atau Anda dapat mengetahui versi Windows Anda dengan masuk ke “Pengaturan-> Sistem-> Tentang”, dan perhatikan bahwa di bagian bawah akan ada spesifikasi Windows, ada versi dan versi, harap diingat bahwa keduanya milik saya di sini, Windows 10 versi 1703.

2. Buka halaman katalog pembaruan.

Nah langkah ketiga adalah mendapatkan file update kita melalui website resmi yang disediakan oleh microsoft untuk para penggunanya.Jika anda ingin mengupdate device anda secara manual, silahkan masuk ke halaman web Microsoft Update Catalog.

3. Temukan versi Windows yang tepat

Kemudian, jika Anda sudah berada di halaman Katalog Pembaruan Microsoft, ketik edisi dan versi Windows Anda ke dalam kotak pencarian di sebelah kanan.

Karena pada contoh saya ini adalah Windows 10 versi 1703, kita klik search, gambar di bawah ini lebih jelas terlihat.

cara menginstal pembaruan windows 10 secara manual

4. Unduh Windows 10

Akan banyak edisi dan versi history update windows yang anda gunakan sekarang, sesuaikan dan pilih file yang ingin anda gunakan untuk update sistem operasi windows 10 secara manual, jangan lupa perhatikan base yang anda gunakan, apakah itu adalah 32-bit atau 64-bit, jika sudah ditemukan, klik “Unduh” di sebelahnya.

cara menginstal dan mengunduh pembaruan windows 10 secara manual

Kemudian jendela pop-up akan muncul di halaman detail file, yang akan Anda unduh dan instal. Klik pada teks biru seperti yang saya lingkari di bawah ini.

cara menginstal dan mengunduh pembaruan windows 10 secara manual

Jika Anda mengklik teks, file akan diunduh secara otomatis.

Baca juga:   4 Cara Mengunci File di Komputer & Laptop: Agar Aman

5. Instal Windows

Setelah itu, Anda hanya perlu menginstalnya seperti instalasi aplikasi pada umumnya jika file berekstensi .msu, tetapi bagaimana jika file berekstensi .CAB dan tidak dapat diinstal seperti biasa?

Silahkan teman-teman buka Prompt Perintah (CMD) dan “Run as administrator”, lalu masukkan perintah berikut DISM /Online /Add-Package /Packagepath: tentukan path ke file .CAB, misalnya DISM /Online /Add-Package /Packagepath:C:\Download\windows10- update-manual .kab.

Kemudian Enter, tunggu proses instalasi update.

Proses update Windows 10 secara manual di perangkat kami selesai dengan mudah.

Lihat juga: Cara menginstal Windows 10.

Kesimpulan

Windows 10 adalah versi terbaru dari Windows yang memiliki tampilan dan nuansa yang lebih ramping dari pendahulunya. Versi Windows ini diperbarui sesekali sehingga Anda dapat menikmati fitur-fiturnya, Anda perlu memperbarui Windows 10.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat memperbarui Windows 10 ke versi yang lebih baru dengan dukungan fitur dan perbaikan bug sehingga tidak mengganggu Anda.

Itu saja yang bisa saya katakan tentang ini tentang cara memperbarui Windows 10 ke versi terbaru. Semoga cara yang saya rekomendasikan di atas bisa bermanfaat.

Dan jika Anda memiliki pertanyaan tentang diskusi ini, silakan posting di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com