Saat berkomunikasi menggunakan aplikasi WhatsApp, tentunya akan lebih sedikit jika tidak bisa mengirim multimedia seperti gambar. Entah itu hanya sekedar candaan atau hal yang sangat penting untuk support chat whatsapp.

Apalagi sekarang sudah banyak gambar lucu menarik yang bisa kamu kirimkan ke teman-teman kamu melalui WhatsApp sebagai bahan obrolan. Biasanya ketika seseorang mengirimkan gambar kepada kita, kita hanya perlu mengklik gambar tersebut dan itu akan terbuka secara otomatis.

Namun terkadang ada kendala terkait gambar yaitu WhatsApp kita tidak bisa mengirim foto atau gambar dari orang lain. Masalah ini biasanya ditandai dengan gambar hitam, meskipun diklik, tidak muncul, dan sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini Teknoinside akan membahas bagaimana cara mengalahkan WhatsApp yang tidak bisa menerima gambar. Namun sebelum kita beralih ke pembahasan, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa hal ini bisa terjadi.

Karena WA tidak dapat menerima gambar

Ada beberapa alasan atau alasan kenapa WA kita tidak bisa menerima gambar. Berikut beberapa alasannya, berikut penjelasan singkatnya:

  • Koneksi lambat: Jika WhatsApp hanya digunakan untuk komunikasi, tidak membutuhkan kuota internet yang cepat dan baik. Namun lain halnya jika digunakan untuk mengirim gambar. Karena saat gambar datang, proses download akan dilakukan terlebih dahulu, dan ini membutuhkan koneksi internet yang lebih lancar dan stabil.
  • Kesalahan pengaturan tanggal: Kesalahan pengaturan tanggal dapat terjadi. Konsekuensi dari tanggal yang salah adalah koneksi Internet mungkin terputus dan bahkan mungkin tidak berfungsi dengan baik.
  • Penyimpanan penuh: Penyimpanan penuh juga bisa menjadi alasan mengapa Anda tidak dapat menerima gambar. Karena semua gambar di WhatsApp, setiap kali kita mengunduhnya, akan berakhir di memori internal ponsel kita. Dan jika storage sudah penuh, maka gambar tidak bisa lagi masuk ke storage.
  • Pengaturan hanya baca Whatsapp: Untuk beberapa sistem, terutama sistem terbaru, ada pengaturan khusus di mana aplikasi dapat diinstal. Hanya untuk membaca atau Baca tulis. Masalahnya terkadang pengaturan WhatsApp “Read Only” dapat mengganggu fungsi penerimaan gambar.
  • Kesalahan Aplikasi Whatsapp: Anda mungkin tidak dapat menerima gambar karena bug di aplikasi WhatsApp. Mungkin juga ada pelanggaran lain seperti kesalahan WhatsApp saat mengirim pesan.
Baca juga:   8+ Cara Cek NIK KTP Online: Aplikasi, Web WA 2022

Sekarang Anda tahu beberapa hal yang mungkin menjadi alasan WhatsApp tidak dapat menerima pesan gambar. Selanjutnya, kita lanjutkan untuk membahas cara mengatasi masalah tersebut agar WhatsApp Anda dapat kembali menerima gambar seperti semula.

Cara mengatasi WA tidak dapat gambar

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak dapat menerima gambar. Tentunya cara ini terkait dengan alasan kenapa masalah WA tidak bisa mendapatkan gambar di atas. Langsung saja, berikut beberapa caranya:

Pengaturan tanggal dan waktu

pengaturan waktu otomatis

Biasanya, pengaturan tanggal dan waktu pada HP secara otomatis sesuai dengan wilayah di jaringan. Misalnya, jika Anda tinggal di Jakarta, waktu dan tanggal akan otomatis diatur ke waktu Jakarta.

Namun, seperti yang saya katakan, terkadang pengaturan tanggal dan waktu dapat berubah sewaktu-waktu. Hal ini dapat terjadi karena kartu SIM Anda terputus atau ponsel Anda sering mati secara tiba-tiba.

Koreksi:

  1. membuka Pengaturan / Pengaturan di HPmu.
  2. Geser ke bawah dan temukan menunya tanggal dan waktubiasanya di menu Pengaturan tambahan.
  3. Setelah itu klik opsi Gunakan waktu yang disediakan oleh jaringan 2 kali untuk mereset (menonaktifkan dan mengaktifkan kembali) pengaturan ini.

Jika cara di atas sudah Anda lakukan tetapi tidak berhasil, coba lakukan secara manual, baik itu untuk mengatur tanggal, bulan, tahun, dan juga jam. Agar lebih akurat, ambil ponsel lain yang secara otomatis menyesuaikan waktunya dan mengaturnya agar sesuai dengan waktu itu.

Selain mengatasi WA tidak bisa ambil foto, reset tanggal dan waktu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah tanggal tidak akurat WhatsApp.

Pastikan koneksi internet stabil

pastikan koneksi internet anda stabil

Hanya sedikit kuota yang dibutuhkan untuk berkomunikasi melalui aplikasi WhatsApp, sehingga banyak orang yang menggunakan aplikasi ini karena lebih hemat.

Namun lain halnya, ketika Anda mengirim dan menerima foto, konsumsi internet semakin besar, apalagi jika ukuran dan jumlah gambarnya banyak. Oleh karena itu, koneksi internet Anda harus stabil saat digunakan untuk menerima dan mengirim gambar.

Baca juga:   4+ Cara Mengirim VIdeo Panjang di WhatsApp: Story, Pesan

Jadi silahkan coba gunakan jaringan internet 4G, internet 4G sudah cukup untuk menstabilkan kecepatan internet anda. Tetapi jika Anda mengupgrade ke 4G menjadi lebih lambat, Anda dapat mencoba mengupgrade ke HSPA.

Kosongkan memori internal

bersihkan memori internal

Seperti yang saya katakan sebelumnya, file dan dokumen, foto, video dari WhatsApp disimpan di memori internal ponsel kita. lebih tepatnya disimpan di memori internal folder WhatsApp.

Untuk melihat gambar yang dikirim ke WhatsApp melalui chat, WhatsApp harus terlebih dahulu menyimpan gambar tersebut ke penyimpanan internal. Oleh karena itu, jika memori internal penuh maka akan mengakibatkan ketidakmampuan untuk menerima gambar atau foto yang dikirimkan kepada kita.

Cara mengosongkan memori internal sangat sederhana. Silahkan cari foto, video atau file yang mungkin tidak penting. Anda bisa menghapus file-file tidak penting tersebut atau memindahkannya ke media lain seperti laptop atau memori eksternal.

Anda dapat menghapus gambar dan video di folder WhatsApp jika menurut Anda terlalu banyak dan banyak foto yang tidak penting.

Baca Juga: Whatsapp Tidak Bisa Diload

Pengaturan izin aplikasi Whatsapp

pengaturan izin whatsapp

Untuk versi Android 5.0 / Lollipop ke atas, ada pengaturan izin per aplikasi di mana akses ke sistem tertentu menjadi terbatas jika pengguna belum memberikan izin. Sama dengan whatsapp.

WhatsApp memerlukan akses ke penyimpanan internal untuk melihat gambar. Nah, jika akses ini belum diberikan, akan terjadi gangguan saat menerima file media seperti gambar, video dan file lainnya.

Berikut cara memperbaikinya:

Memasuki Pengaturan / Pengaturan > buka menu Penyataan >Pencarian aplikasi ada apa dan buka, setelah itu cari opsi Izin Aplikasi > tolong Kutu semua izin yang diperlukan, termasuk izin penyimpanan dan sebagainya.

Hapus cache whatsapp

bersihkan cache whatsapp

Sebagian besar gambar atau bahkan semua gambar di WhatsApp akan disimpan dalam cache. Cache ini berfungsi untuk mempercepat proses download saat membuka WhatsApp agar tidak lemot.

Baca juga:   5 Cara Membuat Folder Baru di Laptop (Windows 7/8/10)

Namun, cache ini juga dapat menyebabkan masalah di WhatsApp, salah satunya adalah mengubah gambar menjadi kesalahan. Misalnya, ketika Anda mengklik “Unduh” gambar di WhatsApp, tidak ada respons atau gambar hanya berubah menjadi hitam.

Cara mengatasi:

Pergi ke Pengaturan / Pengaturan > Penyataan > ada apa > pilih Hapus cache/hapus cache.

Instal ulang Whatsapp

instal ulang whatsapp

WhatsApp terkadang menemukan bug yang menyebabkan masalah pada beberapa fitur, seperti ketidakmampuan untuk mengunggah foto ke WhatsApp, dll. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda dapat menginstal ulang WhatsApp untuk memperbaikinya.

Dengan metode instal ulang ini, semua data yang bermasalah akan terhapus dan diganti dengan data baru yang masih benar, dengan WhatsApp kembali normal.

Seperti halnya pembaruan, WhatsApp versi lama terkadang tidak sinkron dengan versi baru. Inilah sebabnya mengapa sangat disarankan untuk memperbarui WhatsApp segera setelah versi terbaru tersedia.

Tunggu hingga WhatsApp kembali normal.

WhatsApp tentunya memiliki server sendiri, dan terkadang server WhatsApp ini down walaupun tidak sering. Pelanggaran ini dapat menyebabkan fitur WhatsApp tidak berfungsi dengan baik.

Misalnya jika ada gangguan, kita tidak bisa mengirim pesan, menerima gambar, dan sebagainya. Karena ada kerusuhan serupa di masa lalu di mana setiap pengguna tidak dapat mengirimkan gambar.

Gunakan VA MOD

gunakan mod whatsapp

Langkah terakhir bisa menggunakan whatsapp mod jika whatsapp masih bermasalah. Kemungkinan kerusakan pada WhatsApp di ponsel Android Anda. Untuk melakukan ini, Anda dapat menginstal bisnis WhatsApp atau mengunduh mod wa.

Kesimpulan

Whatsapp yang tidak bisa menerima gambar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti internet lambat, salah tanggal, memori penuh dan lain-lain. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan mencoba beberapa metode di atas.

Lihat juga: Cara membuat stiker untuk whatsapp.

Berikut cara mengatasi whatsapp tidak bisa menerima gambar, anda bisa menggunakan atau mencoba menerapkan cara diatas jika whatsapp anda tidak bisa menerima gambar dari orang lain.

Kamu mengerti? jika masih bingung dengan tutorial atau langkah-langkah di atas, silahkan komentar di bawah, terima kasih.


https://storyforgeproductions.com