Itu jatuh pada tahun 2022, apakah benar tahun ini akan menjadi tahun pemulihan untuk pasar cryptocurrency sebelum meningkat pada tahun 2024?

Cari tahu jawabannya di artikel keuangan saya berikutnya!

Cryptocurrency diperkirakan akan menjadi gelap pada tahun 2023

Diperkirakan pada tahun 2023 pasar cryptocurrency akan menurun. Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Tegu Kurniawan Harmanda mengatakan pasar cryptocurrency Indonesia sedang meredup bahkan secara global.

“2022 semakin redup, 2023 sangat redup, tapi ada momentum di 2024. pembagian atas dua bagian di bitcoin, maka trend atau pergerakan akan terjadi beberapa bulan setelahnya pembagian atas dua bagian,” kata Teguh kepada wartawan di kantor Bappebti, Kamis (1/5/2023).

Teguh juga mengatakan bahwa cryptocurrency pada tahun 2023 akan berada dalam kondisi yang sangat baik. musim dinginsehingga akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Ketentuan musim dingin dengan sendirinya berarti penurunan yang tajam per aset atau nilai. Dalam cryptocurrency, harga di pasar turun tajam dan untuk waktu yang lama.

Adapun penyebab massa musim dingin Hal ini disebabkan berbagai hal, seperti perekonomian global, banyaknya investor yang menarik investasinya, dan lain sebagainya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan harga cryptocurrency belum mencapai titik terendah.

Dengan demikian, aset kripto diprediksi masih akan mengalami koreksi di tahun 2023, meski penurunannya tidak akan setajam tahun 2022.

“Kami menduga di tahun 2023 aset kripto akan mengalami masa musim dingin luar biasa. Itu terlihat seperti itu musim dingin ini belum selesai.” kata plt. Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko pada Bappebti Outlook 2023 di kantor Bappebti, Rabu (1/4/2023).

Ketika datang ke musim dingin, apakah sudah mencapai titik terendah? Setelah Anda mencapai bagian bawah, Anda tidak bisa lagi turun. Sepertinya tidak jauh dari bawah,” dia melanjutkan.

Biaya transaksi cryptocurrency telah turun

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat biaya transaksi dengan aset cryptocurrency pada tahun 2022 di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

persegi Direktur Utama Bappepti Didid Noordiatmoko mengatakan, sejak Januari hingga November 2022, nilai transaksi mata uang kripto di Indonesia mencapai Rp296,66 triliun.

Nilai tersebut menurun sekitar 63% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 801,85 triliun.

“Kalau kita lihat, jumlah transaksi aset cryptocurrency turun drastis,” kata Didid dalam outlook Bappbebty 2023, Rabu (1/4/2023).

[Baca Juga: Kasus Meikarta Heboh Lagi, Pembeli Belum Terima Huniannya!]

Penurunan biaya transaksi itu sejalan dengan survei yang dilakukan lembaga Amerika Serikat (AS). Menurut Didid, survei tersebut mengatakan bahwa popularitas aset kripto telah menurun selama setahun terakhir.

“Yang sudah punya malah tidak mau lagi. Makanya, popularitasnya menurun,” katanya.

Kecepatan didid, fenomena ruang bawah tanah musim dingin akan berlanjut hingga tahun 2023.

“Artinya, tahun 2023 terlihat, meski tidak lebih buruk, tapi untuk rebound Ini belum selesai,” katanya.

Generasi Milenial Dominasi Investor Kripto, Bappebti Tingkatkan Literasi

Di tengah popularitas crypto yang menurun, jumlah investor di Indonesia terus bertambah.

Bappebty mencatat hingga November 2022, jumlah investor kripto di Indonesia telah mencapai 16,55 juta pelanggan terdaftar.

“Kalau dilihat dari pelanggan yang terdaftar, meningkat cukup pesat,” kata Didid.

Menurut Bappebti, investor di aset kripto didominasi oleh orang berusia 18 hingga 35 tahun atau generasi Milenial – sebanyak 48%.

Dalam hal ini, Didid percaya bahwa literasi diperlukan untuk memastikan bahwa generasi milenial yang berinvestasi dalam aset kripto tidak hanya kecanduan, tetapi juga berbasis pengetahuan.

“Oleh karena itu, literasi sangat dibutuhkan. Saya khawatir mereka hanya ikut-ikutan saja. Berkat ini masyarakat bisa lebih melek, tidak ikut-ikutan saja,” ujarnya di kantor Bappebti, Kamis (1/5/2023).

Dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat, Bappebti giat menjalin kerjasama, terutama dengan pelaku aset kripto seperti Aspakrindo.

Kemitraan ini bertujuan untuk mendorong literasi seputar aset kripto yang memiliki potensi pasar yang signifikan.

“Ini (potensi pasar yang cukup besar) juga menjadi masalah jika tidak dikelola dengan baik. Kemitraan dengan Aspakrindo ini akan membuat literasi menjadi lebih baik lagi,” jelasnya.

Selain menjalin kemitraan, Bappebti juga berencana menggelar bulan literasi aset kripto.

“Kami berencana Februari menjadi Bulan Literasi Crypto. Di seluruh Indonesia, kampanye literasi sedang berlangsung. Untuk melakukan ini, kami akan mengelolanya bersama-sama, ”kata Didid.

Selain literasi yang diberikan oleh Bappebti, Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya dari e-book Finansialku gratis berikut ini.

Spanduk Promosi eBuku

Pertukaran Cryptocurrency akan diluncurkan tahun ini

Pertukaran cryptocurrency Indonesia, yang dijadwalkan diluncurkan tahun lalu, dilaporkan akan segera hadir pada tahun 2023.

CoinTelegraph Dilaporkan bahwa peluncuran pertukaran crypto akan dilakukan segera sebelum pengalihan kekuatan pengaturan dari komoditas ke otoritas sekuritas, mengacu pada Kamis (05/01/2023).

Selama dua tahun ke depan, pengawasan terhadap cryptocurrency akan dialihkan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Bappebti) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Transisi ini diperkuat dengan hadirnya RUU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK).

[Baca Juga: Inflasi Indonesia 2022 Capai 5,51% Rekor Tertinggi dalam Sewindu]

Sementara itu, CoinTelegraph Dinyatakan pula Kepala Bappebti Didid Noordiatmoko mengatakan bursa efek harus dibentuk tahun ini.

Ini harus menjadi bagian dari reformasi keuangan yang lebih luas yang diluncurkan pada Desember 2022.

Dalam Outlook 2023 Virtual Bappebti, Didid menjelaskan kesulitan mencari pembandingan negara mana saja yang sudah memiliki bursa crypto yang bagus seperti Indonesia.

Hal ini cukup menyulitkan Bappebti. Alasannya, institusi harus bertanggung jawab langsung atas semua risiko trader dan klien.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Pengembangan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Tirta Karma Senjaya mengatakan, pihaknya sedang mendorong peluncuran crypto exchange.

“Kita dorongan untuk prosesnya,” kata Tirta.

Memaksimalkan keuntungan melalui Jual beli

Ini adalah informasi mengenai aset kripto yang diprediksi akan hilang pada tahun 2023 dan rencana peluncuran bursa aset kripto Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk melakukan berdagangkalian bisa baca informasi diatas dan tonton video selanjutnya!

Perlu informasi lebih lanjut tentang keuangan dan investasi? Aplikasi keuangan saya bisa menjadi solusinya!

Silakan bagikan artikel ini kepada orang-orang terdekat Anda yang ingin terjun ke dunia investasi dan trading. Semoga bermanfaat, ya!

Editor : Ratna S.Kh.

Sumber tautan:

  • Ihsan Permana SP. 05 Januari 2023 Investor kripto yang didominasi milenial, Geber literasi Bappebti. Sindonews.com – https://bit.ly/3WSReFi
  • Nova Putri Bestari. 05 Januari 2023 Siap-siap! Pertukaran crypto Indonesia diluncurkan tahun ini. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3XcguX0
  • Rulli R. Ramley. 05 Januari 2023 Popularitas cryptocurrency turun, biaya transaksinya di Indonesia turun 63 persen. Kompas.com – https://bit.ly/3ipc6ou
  • Aulia Damayanti. 05 Januari 2023 Pasar mata uang kripto di Republik Ingushetia diperkirakan akan “gelap” tahun ini. Detik.com – https://bit.ly/3ZcNgJh




https://storyforgeproductions.com

Baca juga:   Muncul Daftar Obat Sirup yang Dilarang, Kemenkes: Hoaks!