WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang saat ini sangat populer dan banyak digunakan. WhatsApp menyediakan penggunanya dengan banyak fitur.

Beberapa fitur yang tersedia di WhatsApp antara lain mengirim pesan teks, mengirim pesan suara, melakukan panggilan melalui aplikasi WhatsApp, baik itu panggilan suara atau video, mengirim foto dan video, mengirim dokumen, dan banyak lagi.

Baca juga: Cara Mengganti Font WhatsApp.

Pengguna WhatsApp tentunya akan sangat senang dengan banyaknya fitur dan banyak orang yang merekomendasikan untuk menggunakan WhatsApp. Namun terkadang ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan, seperti tidak bisa melakukan video call.

Cara mengatasi whatsapp tidak bisa video call

WhatsApp tidak dapat melakukan panggilan video karena beberapa alasan. Nah, dalam hal ini, Teknoinside akan memberikan beberapa cara untuk kamu melakukan video call WhatsApp.

Cara mengatasi WhatsApp tidak bisa melakukan panggilan video:

1. Izinkan akses WhatsApp ke kamera

cara mengatasi whatsapp tidak bisa vc

Pertama, Anda harus memastikan bahwa whatsapp diizinkan untuk mengakses kamera di ponsel Anda. Karena tanpa menggunakan kamera, video call WhatsApp tidak bisa dilakukan.

Metodenya adalah sebagai berikut:

  1. membuka pengaturan di Android, lalu masuk ke menu Penyataan.
  2. Pencarian Aplikasi ada apajika sudah ketemu silahkan buka.
  3. Kemudian pergi ke bagian Izin.
  4. Setelah itu klik Izinkan Kamera.

2. Izinkan akses WhatsApp ke mikrofon

cara mengatasi whatsapp tidak bisa vc 2

Maka Anda harus memastikan WhatsApp diizinkan untuk mengakses mikrofon di ponsel Anda. Karena jika tidak, maka tidak akan ada suara selama video call.

Cara untuk mengizinkan WhatsApp mengakses mikrofon Anda:

  1. membuka pengaturan di HP, lalu pilih Penyataan.
  2. Temukan dan buka aplikasi ada apa.
  3. di Izinmohon izin untuk Mikropon.

3. Hapus cache whatsapp

cara mengatasi whatsapp tidak bisa vc 3

Menghapus cache WhatsApp di ponsel Anda juga dapat membantu Anda mengatasi WhatsApp yang tidak dapat melakukan panggilan video. Untuk menghapus cache WhatsApp di Android, ikuti langkah-langkah ini:

  1. masuk Setelan > Aplikasi.
  2. Kemudian temukan aplikasinya ada apa.
  3. Setelah itu klik penyimpanan.
  4. Memilih Hapus cache.
  5. Setelah itu, Berhenti paksa Ada apa.
  6. Dan restart aplikasi whatsapp.
Baca juga:   10 Aplikasi Download Video Youtube di HP: Terbaik 2022

4. Pastikan nomor tidak diblokir

cara mengatasi whatsapp tidak bisa vc 4

Kemudian Anda juga harus memastikan nomor Anda tidak diblokir oleh orang yang ingin Anda lakukan video call. Untuk mengetahui apakah suatu kontak sedang diblokir, Anda dapat melihat beberapa ciri-ciri seperti:

  • Anda tidak dapat melihat status online atau offline kontak.
  • Profil Whatsapp kosong.
  • Saat mengirim pesan, kontak akan mencentang kotak dan menahannya.
  • Semua panggilan ke kontak ini tidak akan tersambung.

Lihat juga: Cara menggunakan WhatsApp Web.

5. Pastikan ponsel Anda sudah mendukung video call.

Pertama, pastikan smartphone Anda sudah memiliki fitur video call. Fitur video call ini sudah tersedia di smartphone Android dengan sistem Android mulai dari versi 4.1. Jadi pastikan versi Android Anda 4.1 atau lebih tinggi.

Anda perlu memastikan bahwa orang yang Anda telepon juga telah menggunakan fitur panggilan video di WhatsApp mereka.

Karena jika orang yang Anda panggil di WhatsApp belum menggunakan fitur video call, maka akan sia-sia karena dia tidak bisa menjawab panggilan kita.

6. Perbarui WhatsApp ke versi terbaru

2. Anda harus selalu memperbarui versi WhatsApp Anda, karena mungkin saja versi WhatsApp Anda bukan versi terbaru dan tidak memiliki fitur panggilan video.

Memperbarui WhatsApp sangat mudah. Silahkan buka Google Play store, lalu cari aplikasi WhatsApp dan setelah itu pilih Pembaruan.

7. Gunakan koneksi internet yang lancar

Anda juga perlu memastikan bahwa koneksi internet yang Anda gunakan stabil dan tidak terputus. Kualitas koneksi internet akan mempengaruhi kejernihan gambar dan suara saat kita melakukan panggilan suara atau video call.

Jadi silahkan gunakan koneksi internet yang stabil, atau anda bisa menggunakan koneksi WIFI jika koneksi di tempat anda kurang bagus.

Baca juga:   6 Cara Unbind Akun PUBG Mobile Terhubung ke Facebook 2022

8. Instal ulang WhatsApp

Jika setelah menggunakan keempat langkah di atas tetapi tidak berhasil. Anda kemudian dapat menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Anda harus mencadangkan obrolan dan media Anda sebelum menginstal ulang agar obrolan dan media penting Anda tidak hilang.

cara mengatasi whatsapp tidak bisa melakukan panggilan video

Untuk membuat cadangan, klik Menu (tiga titik) > Pengaturan > Obrolan > Cadangan obrolan. Setelah itu, Anda dapat memulai proses menginstal ulang WhatsApp.

Kesimpulan

WhatsApp tidak bisa melakukan video call karena beberapa alasan seperti tidak adanya izin, WhatsApp tidak update, HP tidak support video call, dll.

Demikian tutorial dan tips yang bisa Teknoinside berikan kepada anda tentang cara mengatasi whatsapp tidak bisa melakukan video call/video call (vc).

Semoga apa yang telah kami bagikan dapat bermanfaat dan membantu Anda memperbaiki WhatsApp Anda yang tidak bisa digunakan untuk video call. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan posting di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com