Tiga tahun telah berlalu sejak rilis pertama Windows 10, dan sekarang banyak orang sudah menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasi komputer mereka.

Saat pertama kali dirilis, Windows 10 mengalami beberapa masalah. Salah satunya adalah masalah Wifi tidak terhubung ke jaringan, masalah ini sudah ada sejak rilis pertama Windows 10.

Saat menggunakan Windows 10 untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi, terkadang masalah seperti Tidak dapat terhubung ke jaringan ini kadang juga Wi-Fi dengan akses terbatas.

Masalah ini adalah penyakit lama yang telah ada sejak pengembangan Windows 8. Meskipun perangkat lain dapat terhubung ke Wi-Fi, perangkat kami tidak dapat terhubung. Memang ada beberapa alasan mengapa laptop tidak terhubung ke wifi.

Terkadang ada juga insiden seperti deteksi Wi-Fi tetapi tidak dapat terhubung. Banyak masalah dengan wifi.

Selain masalah Wi-Fi, terkadang kita juga diminta untuk menghapus aplikasi klien VPN yang terinstal di Windows, meskipun kita tidak menginstal aplikasi ini atau aplikasi jaringan sejenis.

Menghadapi masalah ini, banyak orang melakukan instal ulang, dan ini dapat dilakukan setiap saat karena masalah sering terjadi.

Bagi anda yang mengalami masalah ini dan belum paham caranya baca artikel ini sampai habis.

Karena kali ini pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara mengatasi Wi-Fi tidak berfungsi di Windows 10.

Cara Memperbaiki Wi-Fi Tidak Dapat Terhubung ke Windows 10

Bagi Anda yang mengalami masalah seperti di atas, Anda bisa mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

Disini saya akan memberikan cara mengatasi Wi-Fi tidak bisa connect di windows 10. Disarankan untuk menggunakan cara ini secara konsisten, jika cara pertama tidak berhasil, gunakan cara kedua dan seterusnya.

1. Setel ulang jaringan WiFi

Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur reset pada Windows 10 versi terbaru. Pada Windows 10 versi terbaru, fitur reset default disediakan oleh Windows.

menggunakan reset jaringan langkah 1

Cara menggunakan fitur ini cukup sederhana: buka pengaturan Jaringan dan Internet -> reset jaringan -> lalu pilih Setel ulang sekarang.

gunakan langkah 2 reset jaringan

Lihat juga: Cara mengubah kata sandi WiFi.

2. Gunakan pemecah masalah

Perbaiki melalui pemecah masalah

Selanjutnya, Anda harus menggunakan fungsi pemecahan masalah. Fitur pemecahan masalah yang telah ada di Windows sejak Windows 7.

Baca juga:   3 Cara Menghilangkan Warna Tulisan Hasil Copy-Paste di Microsoft Word

Dengan menggunakan fitur ini maka secara otomatis akan memonitor dan memperbaiki masalah yang ada pada Windows.

Untuk menjalankan fitur ini, lakukan hal berikut: Klik kanan Ikon Wi-Fi diaktifkan Bilah Tugas -> lalu pilih Penyelesaian masalah.

3. Menggunakan cmd

Cara terakhir adalah dengan menggunakan command line, atau yang sering kita sebut dengan CMD.

Dengan bantuan CMD, kita dapat mengatasi masalah Wi-Fi yang tidak mau terhubung. Cara mengatasi masalah di atas menggunakan CMD adalah sebagai berikut.

1. Pertama ketik dulu di baris perintah seperti mengetik tim di Cortana CortanaKemudian Klik kanan prompt perintah dan pilih Jalankan sebagai administrator

menggunakan cmd langkah 1

2. Setelah masuk cmd, langkah selanjutnya adalah memasukkan perintah berikut: reg hapus HKCR\CLSID\{988248f3-a1ad-49bf-9170-676cbbc36ba3} /va /f lalu tekan Untuk masuk.

menggunakan cmd langkah 2

3. Setelah itu, masukkan juga perintah berikut: netcfg -v -u dni_dne kemudian Untuk masuk.

menggunakan cmd langkah 3

4. Setelah itu, restart PC Windows 10 Anda dan coba sambungkan kembali ke Wi-Fi yang tersedia.

4. Hapus perangkat jaringan

Pada perangkat Windows 10, sebelum WIFI dapat digunakan, Anda harus menginstalnya terlebih dahulu. Nama file yang harus Anda instal adalah drivernya.

Namun di Windows 10 terkadang kita menemui error dengan driver WIFI yang sudah terinstall dan tidak bisa digunakan. Kesalahan ini dapat disebabkan oleh banyak alasan, tetapi yang paling umum adalah ketidakmampuan untuk terhubung ke WIFI.

Sekarang, untuk memperbaiki masalah kesalahan ini, Anda dapat mencoba untuk menghapus driver perangkat jaringan (adaptor) yang diinstal sebelumnya. Berikut caranya:

1. Pertama, klik kanan logo Windows, lalu pilih Pengaturan perangkat.

cara menghapus perangkat jaringan wifi 1

2. Kemudian setelah itu, cari driver WIFI yang terinstall di laptop anda. Namanya biasanya beda, ini dia nama wireless LANnya.

cara menghapus perangkat jaringan wifi 2

3. Setelah itu, klik kanan pada driver dan pilih Menghapus.

cara menghapus perangkat jaringan wifi 3

Setelah penghapusan berhasil, restart komputer atau laptop Anda.

Setelah reboot, Windows akan secara otomatis menemukan dan menginstal driver baru menggantikan yang sebelumnya dihapus. Kemudian Anda tinggal mencoba menghubungkannya ke WIFI Anda.

Baca juga:   10 Paket Internet Luar Negeri 3 (Tri) dan Cara Aktivasinya

5. Instal ulang driver WIFI.

Instalasi driver WIFI ini biasanya dilakukan secara manual yaitu melalui website resmi pabrikan komputer atau laptop yang anda gunakan, atau bisa juga menggunakan DVD khusus.

Nah, untuk mengatasi masalah dengan Wi-Fi yang tidak berfungsi, Anda dapat mencoba menginstal ulang driver Wi-Fi di laptop Anda, dengan ini masalah biasanya hilang.

Lihat juga: Cara menginstal driver.

Selain menginstal ulang driver, Anda juga dapat mencoba menggunakan metode pembaruan driver yang lebih efisien.

  • Pertama buka Panel kendali.
  • Klik menu Pengaturan perangkat.
  • Dalam bab Adaptor jaringanklik kanan driver nirkabel dan pilih Menghapus.
  • Setelah itu, restart laptop dan PC Anda, dan ikuti kembali langkah-langkah di atas, lalu instal kembali.

Metode untuk memperbarui driver ini biasanya berbeda tergantung pada driver yang Anda gunakan. Soalnya, cari dulu DVD driver perangkat WIFI lalu install seperti biasa.

Jika tidak ada, Anda dapat menemukannya di situs resmi perangkat WIFI yang Anda gunakan.

6. Ubah saluran WIFI

Saluran atau saluran di WIFI awalnya disetel secara default, tetapi Anda tidak bisa meninggalkan pengaturan ini begitu saja.

Jika WIFI Anda tidak dapat terhubung, coba setel ulang saluran WIFI Anda.

Cara ini terkadang efektif untuk mengatasi WIFI yang tidak bisa terkoneksi. Bagaimana? Gampang, berikut langkah-langkahnya.

1. Pertama, klik kanan ikon Windows dan pilih Pengaturan perangkat.

cara mengganti saluran wifi 1

2. Setelah itu, cari driver WIFI yang terpasang di laptop Anda. Klik kanan driver dan pilih Karakteristik.

cara mengganti saluran wifi 2

3. Setelah itu, klik tab Canggih setelah itu ubah nilainya Modus 802.11n menjadi orang cacat.

cara mengganti saluran wifi 3

4. Terakhir, restart komputer atau laptop Anda dan coba sambungkan kembali ke WIFI.

7. Coba atur ulang WIFI

Windows 10 tidak dapat terhubung ke WIFI, bukan hanya masalah dengan laptop atau Windows Anda, itu bisa menjadi router WIFI Anda.

Karena terkadang router WIFI ini mungkin memiliki masalah yang tidak dapat disambungkan oleh perangkat portabel. Terkadang Anda mungkin lupa mengatur router Anda sehingga beberapa perangkat tidak dapat terhubung.

Baca juga:   4 Cara Mengaktifkan Live Streaming Mobile Legends

Jadi, coba mulai ulang router WIFI Anda dan coba sambungkan Windows 10 ke WIFI lagi. Cara mengatur ulang atau mengatur ulang pengaturan router Wi-Fi Anda sangat sederhana.

Namun, tampilan pengaturan router Wi-Fi biasanya berbeda tergantung pada merek dan jenis yang digunakan. kamu baru saja melakukannya pengaturan ulang router.

Saat Anda mereset router ini, semua pengaturan yang ada akan secara otomatis kembali ke pengaturan awal atau pengaturan default pabrik. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengingat pengaturan awal router Wi-Fi Anda.

8. Coba atur ulang Windows 10

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi Windows 10 tidak dapat terhubung ke Wi-Fi adalah dengan mereset Windows 10.

Dengan melakukan reset ini, semua pengaturan akan secara otomatis kembali ke nilai default, serta semua aplikasi dan driver yang diinstal sebelumnya.

Reset Windows 10 tidak sulit, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi reset.

9. Instal ulang Windows 10

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah Windows 10 tidak bisa terhubung ke jaringan Wi-Fi adalah dengan menginstal ulang Windows 10.

Anda bisa menggunakan cara ini jika sudah menggunakan berbagai cara di atas namun tetap tidak berhasil.

Berbeda dengan metode sebelumnya, yang hanya mengembalikan pengaturan asli, instal ulang ini menggantikan sistem sebelumnya dengan sistem baru.

Cara ini sangat efektif terutama jika Anda juga sedang mengupgrade Windows 10 Anda ke versi yang lebih baru (upgrade).

10. Perbaikan di pusat layanan

Jika masalahnya terkait dengan perangkat keras, sebaiknya pergi ke tempat atau layanan perbaikan laptop dan komputer yang terpercaya, karena jika perangkat keras mungkin perlu diganti atau diperbaiki.

Kesimpulan

Berikut cara mengatasi Wi-Fi tidak dapat terhubung ke Windows 10. Jika Anda telah mengikuti ketiga metode di atas tetapi tidak berhasil, Anda mungkin perlu menginstal ulang sistem operasi komputer Anda.

Cukup sekian pembahasan kali ini, dan semoga pertanyaan terkait yang bermanfaat bisa disampaikan di kolom komentar.


https://storyforgeproductions.com