Windows adalah sistem operasi yang paling populer dan banyak digunakan di dunia. Ini karena fitur-fiturnya sangat bagus dan mudah digunakan.

Semua itu setara dengan harga lisensi OS ini yang mencapai ratusan bahkan jutaan rupiah. Harga ini tentu saja akan cukup menyulitkan pengguna komputer murah. Dan solusi yang sering digali dari masalah ini adalah penggunaan OS Windows bajakan.

Baca juga: Bahaya Software Bajakan.

Risiko Menggunakan Windows Bajakan

Namun tahukah anda bahwa saat ini banyak sekali komputer atau perangkat desktop dengan sistem operasi windows namun tanpa lisensi resmi atau serial number dari microsoft, atau dengan kata lain biasa kita sebut bajakan, saat ini banyak dijumpai komputer atau perangkat, desktop yang menggunakan sistem operasi Microsoft Windows bajakan.

Di Indonesia, komputer atau perangkat desktop yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows bajakan sangat mudah ditemukan, mulai dari komputer di warnet, komputer pribadi, komputer perusahaan besar, bahkan beberapa sekolah yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows bajakan.

Sistem operasi Windows di Indonesia bisa didapatkan secara gratis, ada juga Windows bajakan. Windows versi bajakan sangat mudah didapatkan, dan ada banyak situs yang menyediakan link download gratis untuk Windows versi bajakan. Mungkin ini karena harga lisensi atau serial number untuk sistem operasi Microsoft Windows yang terlalu tinggi untuk orang Indonesia, tetapi mereka ingin menggunakan sistem operasi Microsoft Windows.

Sebenarnya hal ini juga dapat disebabkan oleh banyaknya service center komputer atau perangkat desktop lain yang menyediakan jasa instalasi sistem operasi Microsoft Windows, namun sistem operasi Windows yang mereka gunakan adalah sistem operasi Microsoft Windows bajakan yang dapat mudah didapat di Internet karena operasi pembajakan sistem Microsoft Windows sangat marak di situs download di Internet.

Baca juga:   6+ Cara Membuat Linktree Instagram, WA, Shopee, Line

Bahaya Menggunakan Windows Bajakan

Penggunaan Windows bajakan sudah lama tidak menjadi rahasia dan bahkan sudah menyebar kemana-mana. Itu karena “solusi” masuk akal bagi orang yang tidak mampu atau tidak ingin membeli lisensi asli.

Tapi nama bajakan pasti ilegal, dan ilegalitas tentu memiliki risiko. Jika Anda salah satu pengguna windows bajakan, maka Anda harus mewaspadai beberapa bahaya yang mungkin menghantui berikut ini.

1. Melanggar hukum

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Disadari atau tidak, penggunaan software bajakan juga melanggar hukum. Dan tentu saja, jika menyangkut hukum, Anda sudah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.

Namun, karena banyaknya pengguna bajak laut, masalah seperti itu sangat sulit untuk dipecahkan. Seperti kata pepatah, satu kematian membangkitkan seribu.

2. Risiko terkena serangan perangkat lunak ilegal

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Sebagaimana dijelaskan di atas, penggunaan program ilegal tentu bertentangan dengan hukum. Dan terkadang ada juga penggerebekan terhadap program ilegal yang dijalankan oleh pihak berwenang.

Meski kemungkinannya kecil, namun jika berhadapan dengan hukum akan merepotkan. Jangan berhemat membeli yang asli, bisnis Anda akan kemana-mana.

3. Muncul notifikasi yang mengganggu

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Untuk komputer atau laptop yang terdeteksi menggunakan lisensi bajakan, biasanya akan muncul notifikasi khusus. Perlu diketahui bahwa Anda harus segera mengaktifkan sistem Windows yang Anda gunakan.

Notifikasi ini akan muncul terus menerus dan dapat mengganggu penggunaan PC. Apakah Anda yakin tidak ingin kenyamanan Anda terganggu oleh pemberitahuan ini? Jadi jangan gunakan bajak laut!

4. Komputer berhenti bekerja

risiko menggunakan OS Windows bajakan

OS ini mirip dengan kehidupan PC dan laptop. Jika sistem operasi tidak berfungsi dengan baik karena dibajak, tentu perangkat juga akan rusak.

Bahkan dalam beberapa kasus, laptop diblokir dan tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menghindari penggunaan lisensi ilegal.

Baca juga:   Pengertian, Fungsi dan Jenis-Jenis Hosting

5. Ada fitur yang tidak digunakan

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Windows bajakan memiliki banyak kekurangan dibandingkan dengan versi aslinya. Salah satunya adalah hadirnya fitur yang tidak akan bekerja pada OS bajakan.

Hal ini tentunya akan mengurangi kinerja dari perangkat itu sendiri. Jika memungkinkan, fitur yang tidak berfungsi itu penting dan sangat dibutuhkan.

6. Keamanan Tanpa Jaminan

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, Microsoft selalu memberikan pembaruan kepada pengguna Windows. Salah satunya adalah peningkatan dari segi sistem keamanan agar lebih aman.

Namun pengguna OS bajakan dipastikan tidak akan menerima update tersebut. Jadi OS mereka akan memiliki keamanan yang lemah dan mudah diretas.

Lihat juga: Unduh Windows Asli secara gratis.

7. Risiko menginstal malware

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Yang namanya software ilegal, tentunya keamanannya tidak terjamin. Kami tidak tahu apakah pembajak menginstal malware.

Dan jika ini benar, ada banyak bahaya besar di depan kita. Mungkin ada virus/malware yang dapat mencuri data atau secara langsung merusak perangkat komputer.

8. Privasi dipertaruhkan

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Kita tentu memiliki data-data penting yang tersimpan di komputer atau laptop. Dan penggunaan OS bajakan bisa menjadi celah bagi penjahat siber untuk mencuri data.

Jika digunakan untuk kejahatan, maka akibatnya akan lebih buruk. Jangan sampai Anda menjadi korban karena tidak mau mengeluarkan uang untuk membeli lisensi aslinya.

9. Peretas bersembunyi

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Jika program ilegal yang kami gunakan mengandung virus atau malware, itu dapat dieksploitasi oleh penyerang.

Peretas dengan tujuan berbeda dapat membahayakan perangkat kita. Inilah pentingnya menggunakan perangkat lunak berlisensi asli untuk memastikan keamanan program.

10. Kecemasan dan kegelisahan

risiko menggunakan OS Windows bajakan

Barang bajakan membawa sejuta risiko dan bahaya. Jika kita menyadari hal ini, pasti kita akan was-was dan tidak tenang?

Baca juga:   7+ Cara Mengalihkan Panggilan Telepon di HP (Terbukti)

Saya khawatir ada virus berbahaya di dalamnya, belum lagi OS-nya yang kadang buggy, sehingga tidak berfungsi normal. Tentu saja, tidak ada yang membutuhkannya.

Kesimpulan

Jendela bajakan sangat banyak digunakan di Indonesia, banyak orang yang tidak sadar akan bahaya menggunakan jendela bajakan. Jika Anda memiliki lebih banyak uang, Anda harus membeli versi asli Windows agar lebih aman dan nyaman.

Jadi sedikit bahaya oh resiko yang mungkin timbul saat menggunakan windows bajakan. Memang, perangkat lunak ilegal dapat menyebabkan gangguan atau bahkan kerusakan permanen pada perangkat kita.

Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan sistem operasi berlisensi asli untuk memastikan keamanannya. Jangan pelit mengeluarkan uang agar tidak perlu khawatir dan tentunya aman.


https://storyforgeproductions.com